Perilaku Konsumsi Buah dan Sayur Pada Remaja

Mariatul Qibtiyah, Catur Rosidati, Mukhlidah Hanun Siregar

Abstract


Buah-buahan dan sayuran mengandung banyak vitamin, mineral dan sumber serat. Konsumsi  buah dan sayur penting sekali untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan pada masa remaja. Selain itu, konsumsi buah dan sayur memberikan keuntungan bagi kesehatan remaja pada masa yang akan datang seperti halnya mengontrol berat badan atau kegemukan, serta  mencegah resiko dari berbagai penyakit seperti kardiovaskuler, kanker dan lain sebagainya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang melandasi terbentuknya perilaku konsumsi buah dan sayur pada remaja berdasarkan theory of planned behavior. Adapun variabel yang diteliti antara lain sikap, norma subjektif, dan kontrol perilaku yang dipersepsikan terhadap niat untuk berperilaku. Pengambilan data primer dilakukan dengan wawancara mendalam dan food frequency questionaire. Hasil penelitian menunjukan empat dari enam remaja kurang konsumsi buah dan sayur atau tidak sesuai anjuran harian. Selain itu, berdasarkan frekuensi makan rata-rata konsumsi buah pada informan yaitu satu porsi per hari dan rata-rata konsumsi sayur yaitu satu setengah porsi per hari, dengan frekuensi satu kali per hari konsumsi buah, dan satu kali per hari konsumsi sayur. Secara keseluruhan remaja memiliki niat untuk mengonsumsi buah dan sayur sesuai kebutuhan harian dengan dipengaruhi oleh sikap yang positif terhadap konsumsi buah dan sayur, dengan norma subjektif dari hal dan orang-orang yang mendukung terhadap perilaku konsumsinya, dan kontrol perilaku untuk menampilkan perilaku konsumsi buah dan sayur.

Keywords


Perilaku konsumsi buah dan sayur; teori perilaku terencana; remaja.

Full Text:

PDF

References


Agung, Gusti AA et al. (2016). Pangan, Gizi, dan Kesehatan Masyarakat. Denpasar Bali : UNMAS PRESS

Ajzen, Icek. (2005). Attitudes, Personality and Behavior (Second Edition). New York : McGraw

Almatsier, Sunita et al, (2013). Gizi Seimbang Dalam Daur Kehidupan. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Almatsier, Sunita. (2004). Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Arfan et al. (2020). Faktor-faktor yang berhubungan dengan Konsumsi Buah dan Sayur pada Remaja SMP di Kota Pontianak (Studi Kasus pada SMP Muhammadiyah 1 dan SMP Muhammadiyah 2 Kota Pontianak. Jurnal Mahasiswa dan Penelitian Kesehatan. 7, (1), 23-33.

Beal, Ty et al. (2019). Global Patterns of Adolescent Fruit, Vegetable, Carbonated Soft Drink, and Fast-Food Consumption: A Meta-Analysis of Global School-Based Student Health Surveys. Journal Food and Nutrition SAGE. 40, (4), 444-459.

Dawud, Sukiny. (2018). Menjadi Remaja Putri Superkeren. Jakarta : Bhuana Ilmu Populer

Kemenkes RI. (2007). Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Tahun 2007. Jakarta : Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Departemen Kesehatan RI

Kemenkes RI. (2013). Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Tahun 2013. Jakarta : Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Departemen Kesehatan RI

Kemenkes RI. (2014). Buku Studi Diet Total : Survei Konsumsi Makanan Individu Indonesia 2014. Jakarta : Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan

Kemenkes RI. (2014). Pedoman Gizi Seimbang. Jakarta : Kementrian Kesehatan

Kemenkes RI. (2019). Remaja Sehat Penuh Gizi. Jakarta : Kementrian Kesehatan

Klama, J. (2013). "Predicting Fruit and Vegetable Intake with the Theory of Planned Behavior : A Literature Review". Thesis The Florida State University. Diterbitkan.

Lange, Samantha et al. (2021). Percentage of Adolescents Meetin Federal Fruit and Vegetable Intake Recommendation – Youth Risk Behavior Surveillance System, United States, 2017. Centers for Disease Control and Prevention (CDC). 70, (3), 69-74.

Menozzi et al. (2015). "Explaining Vegetable Consumption among Young Adults : An Application of the Theory of Planned Behaviour". Journal Nutrients, 7, 7633–7650.

Muna, Nadya Itsnal & Mardiana. (2019). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Konsumsi Buah dan Sayur Pada Remaja. Sport and Nutrition Journal. 1, (1), 1-11.

Newby. (2018). Food and Nutrition : What Everyone Need To Know. New York: Oxford University Press.

Novianti et al. (2020). Eating Behavior of Indonesian Adolescents: a Systematic Review of the Literature. Journal Public Health Nutrition. 24, (S2), S84-S97.

Salwa, Marium et al. (2021). Fruit and Vegetable Consumption among School-going Adolescents: Findings from the Baseline Survey of an Intervention Program in a Semi Urban Area of Dhaka, Bangladesh. Journal Pone. 16, (6), 1-13.

Sato, Yoshiko et al. (2020). Psychosocial Determinants of Fruit and Vegetable Intake in Japanese Adolescents: A School-Based Study in Japan. International Journal of Environmental Research and Public Health. 17, (5550), 1-11.

Sharlin, J., & Edelstein, S. (2011). Essentials of Life Cycle Nutrition. Canada : Jones & Bartlett Learning.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&G. Bandung : ALFABETA

Supartini, Yupi. (2004). Buku Ajar Konsep Dasar Keperawatan Anak. Jakarta : EGC

Wirenviona, Rima & Dalem, AA Istri. (2020). Edukasi Kesehatan Reproduksi Remaja. Jawa Timur : Airlangga University Press

World Health Organization. (2003). Fruit and Vegetable Promotion Initiative. Geneva : Switzerland

World Health Organization. (2004). Fruit and vegetables for health : Report of a Joint FAO. WHO Workshop : Kobe, Japan




DOI: http://dx.doi.org/10.52742/jgkp.v2i2.12760

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 mariatul qibtiyah, Catur Rosidati, Mukhlidah Hanun Siregar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

---------------------------------------------------------------------------------------
Jurnal Gizi Kerja dan Produktivitas
Published by Department of Nutrition, Faculty of Medicine, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Address: Jl. Raya Jakarta Km 4 Pakupatan Kota Serang Provinsi Banten
WA : +62 85253587076
Email: jurnal.ilmugizi[at]untirta.ac.id
 

 

View My Stats