Hubungan Asupan Cairan, Aktivitas Fisik, dan Status Gizi dengan Status Hidrasi Anak Laki-laki 10-12 Tahun

Muhammad Nuzul Azhim Ash Siddiq, Muhammad Faisal, Chaidir Masyhuri Majiding, Fahrul Rozi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran umum asupan cairan, aktivitas fisik, dan status gizi serta hubungannya dengan status hidrasi pada anak laki-laki usia 10-12 tahun. Penelitian ini merupakan suatu penelitian deskriptif analitik dengan desain cross sectional. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah sebanyak 42 anak laki-laki usia sekolah 10-12 tahun yang diambil secara purposive sampling. Penetapan status hidrasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Periksa Urin Sendiri (PURI) yang membandingkan warna urin anak dengan parameter PURI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata asupan cairan harian anak yaitu 1791,5 ml per hari yang bersumber dari air minum, air dari makanan, dan air metabolik. Status gizi anak pada penelitian ini sebagian besar (88,1%) dikategorikan baik dan aktivitas fisik sebagian besar anak dikategorikan sangat ringan (35,7%) dan ringan (31,0%). Sekitar 47,6% anak masih memiliki tingkat kecukupan cairan dalam kategori yang kurang dan status hidrasi sekitar 64% anak kurang terhidrasi dan 7% anak mengalami kekurangan cairan. Hasil uji statistik spreaman menunjukkan bawah terdapat hubungan yang signifikan dari tingkat kecukupan cairan anak dan status hidrasi pada anak (p<0,037).

Keywords


Asupan Cairan; Aktivitas Fisik; Status Gizi; Status Hidrasi

Full Text:

PDF

References


Adams, J. D., Arnaoutis, G., Johnson, E. C., Jansen, L. T., Bougatsas, D., Capitan-Jimenez, C., Mauromoustakos, A., Panagiotakos, D. B., Perrier, E. T., Guelinckx, I., & Kavouras, S. A. (2021). Combining urine color and void number to assess hydration in adults and children. European Journal of Clinical Nutrition, 75(8), 1262–1266. https://doi.org/10.1038/s41430-020-00834-w

Cheuvront, S. N., & Kenefick, R. W. (2016). Am I Drinking Enough? Yes, No, and Maybe. Journal of the American College of Nutrition, 35(2), 185–192. https://doi.org/10.1080/07315724.2015.1067872

De Jong, E., Visscher, T. L. S., Hirasing, R. A., Heymans, M. W., Seidell, J. C., & Renders, C. M. (2013). Association between TV viewing, computer use and overweight, determinants and competing activities of screen time in 4- to 13-year-old children. International Journal of Obesity, 37(1), 47–53. https://doi.org/10.1038/ijo.2011.244

Drewnowski, A., Rehm, C. D., & Constant, F. (2013). Water and beverage consumption among adults in the United States: Cross-sectional study using data from NHANES 2005-2010. BMC Public Health, 13(1), 1–9. https://doi.org/10.1186/1471-2458-13-1068

Kavouras, S. A., Bougatsas, D., Johnson, E. C., Arnaoutis, G., Tsipouridi, S., & Panagiotakos, D. B. (2017). Water intake and urinary hydration biomarkers in children. European Journal of Clinical Nutrition, 71(4), 530–535. https://doi.org/10.1038/ejcn.2016.218

Kusumawardani, S., & Larasati, A. (2020). Analisis Konsumsi Air Putih Terhadap Konsentrasi. Jurnal Holistika, 4(2), 91. https://doi.org/10.24853/holistika.4.2.91-95

Liska, D., Mah, E., Brisbois, T., Barrios, P. L., Baker, L. B., & Spriet, L. L. (2019). Narrative review of hydration and selected health outcomes in the general population. Nutrients, 11(1), 1–29. https://doi.org/10.3390/nu11010070

Merita, M., Aisah, A., & Aulia, S. (2018). Status Gizi Dan Aktivitas Fisik Dengan Status Hidrasi Pada Remaja Di Sma Negeri 5 Kota Jambi. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 9(3), 207–215. https://doi.org/10.26553/jikm.v9i3.313

Michels, N., Van den Bussche, K., Vande Walle, J., & De Henauw, S. (2017). Belgian primary school children’s hydration status at school and its personal determinants. European Journal of Nutrition, 56(2), 793–805. https://doi.org/10.1007/s00394-015-1126-4

Perales-García, A., Ortega, R. M., Urrialde, R., & López-Sobaler, A. M. (2018). Physical activity and sedentary behavior impacts on dietary water intake and hydration status in Spanish schoolchildren: A cross-sectional study. PLoS ONE, 13(12), 1–15. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0208748

Schwartz, A. E., Leardo, M., Aneja, S., & Elbel, B. (2016). Effect of a school-based water intervention on child body mass index and obesity. JAMA Pediatrics, 170(3), 220–226. https://doi.org/10.1001/jamapediatrics.2015.3778

Sudrajat, A., Mexitalia, M., & Rosidi, A. (2019). Status hidrasi, tingkat kebugaran jasmani dan daya konsentrasi anak sekolah dasar. Jurnal Gizi Indonesia (The Indonesian Journal of Nutrition), 7(2), 109–113. https://doi.org/10.14710/jgi.7.2.109-113

Suh, H. G., & Kavouras, S. A. (2019). Water intake and hydration state in children. European Journal of Nutrition, 58(2), 475–496. https://doi.org/10.1007/s00394-018-1869-9

WHO. (2020). WHO Guidelines on physical activity and sedentary behaviour. In Routledge Handbook of Youth Sport.




DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jgkp.v4i1.20007

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muhammad Nuzul Azhim Ash Siddiq, Muhammad Faisal, Chaidir Masyhuri Majiding, Fahrul Rozi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

---------------------------------------------------------------------------------------
Jurnal Gizi Kerja dan Produktivitas
Published by Department of Nutrition, Faculty of Medicine, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Address: Jl. Raya Jakarta Km 4 Pakupatan Kota Serang Provinsi Banten
WA : +62 85253587076
Email: jurnal.ilmugizi[at]untirta.ac.id
 

 

View My Stats