Efektivitas Audio Visual Dan Modul Terhadap Pengetahuan Remaja Putri Tentang Anemia: Literatur Review

Sesca Diana Solang, Herlin Agustina Tupan, Kusmiyati Kusmiyati

Abstract


Anemia merupakan suatu kondisi tubuh dimana kadar hemoglobin (Hb) dalam darah lebih rendah dari normal. Kekurangan besi pada remaja dapat mengakibatkan pucat, mudah capek, pusing dan nantinya akan berdampak menurunnya prestasi belajar, perkembangan motorik, dan tingkat kebugaran menurun. Remaja putri menderita anemia apabila hemoglobin (Hb) dalam darah kurang dari 12 g/dL. Anemia disebabkan kehilangan darah pada saat menstruasi, disertai kurangnya asupan zat besi. Tujuan penelitian ini mengetahui efektivitas audio visual dan modul terhadap pengetahuan remaja putri tentang anemia. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian literature review yaitu suatu penelitian berupa tinjauan literature menggunakan hasil penelitian terdahulu maupun buku teks atau jurnal penelitian untuk memperoleh data yang sesuai dengan topik. Peneliti melakukan pencarian jurnal berbasis nasional dan internasional pada tiga database yaitu ResearchGate, Pubmed, dan Google Scholar dengan menggunakan kata kunci dengan ketentuan jurnal yang dicari yaitu sejak tahun 2015-2020 dan peneliti mendapatkan 8 literatur yang digunakan untuk literatur review. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh audio visual dan modul terhadap pengetahuan remaja putri tentang anemia sesudah di berikan intervensi berdasarkan hasil dan pembahasan dari masing-masing literature review. Remaja putri disarankan dapat menjadikan audio visual dan modul sebagai salah satu alternative dalam belajar karena dapat menambah wawasan untuk mengatasi anemia

Keywords


Audio visual; Modul; Pengetahuan; Remaja putri; Anemia

Full Text:

PDF

References


Cahyono, S. B. (2015). Peningkatan pengetahuan siswi tentang anemia setelah mendapatkan pendidikan gizi dengan media video animasi. [Skripsi]. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Darihastining, S., Aini, S. N., Maisaroh, S., & Mayasari, D. (2020). Penggunaan Media Audio Visual Berbasis Kearifan Budaya Lokal pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.923

Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara. (2018). Profil Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara. Manado.

Fadhilah, A. N., Simanjuntak, B. Y., & Haya, M. (2022). Kajian Literatur: Studi Intervensi Media Edukasi Visual dan Audiovisual terhadap Peningkatan Pengetahuan Remaja tentang Anemia di Negara Berkembang. Amerta Nutrition, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.20473/amnt.v6i1.2022.91-99

Fitriani, S. D., Umamah, R., Rosmana, D., Rahmat, M., & Mulyo, G. P. E. (2019). Penyuluhan Anemia Gizi dengan Media Motion Video terhadap Pengetahuan dan Sikap Remaja Putri. JURNAL RISET KESEHATAN POLTEKKES DEPKES BANDUNG, 11(1), Article 1. https://doi.org/10.34011/juriskesbdg.v11i1.686

Fuaidah, A. (2019). Efektivitas pemberian penyuluhan dengan metode Audio visual tentang pengetahuan pencegahan anemia pada remaja putri di SMPN 2 Ungaran Kab. Semarang [Skripsi]. Universitas Ngudi Waluyo.

Glagoleva, O. N., Turchaninov, D. V., & Vilms, E. A. (2015). The Effectiveness Of Educational Programs For The Improvement Of Population Dietary Patterns And Prevention Of Anemias. Gigiena I Sanitariia, 94(7), 77–80.

Haryono, D. (2015). Pengaruh Pendidikan Anemia Gizi Audio Visual dan Leaflet terhadap Tingkat Pengetahuan dan Perilaku Mengkonsumsi Tablet Fe Serta Kadar Hemoglobin pada Remaja Putri [Thesis]. Universitas Sebelas Maret.

Jatmika, S. E. D., Maulana, M., Kuntoro, & Martini, S. (2019). Buku Ajar Pengembangan Media Promosi Kesehatan. K-Media.

Kemenkes RI. (2018). Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas). Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI.

Kumari, A., Kumari, A., Mathur, K., Sakshi, P., Sinha, S., & Sharan, A. (2018). Effect of Anemia on Audiovisual Reaction Time in Adolescent Female of 17–19 Years. International Journal of Physiology, 6(1), 1. https://doi.org/10.5958/2320-608X.2018.00001.X

Saban, S., Suryaningsih, E. K., & Utami, F. S. (2017). Efektifitas media video dan leaflet terhadap pengetahuan tentang Anemia siswi SMAN 2 Ngaglik Sleman [S1_sarjana, Universitas ’Aisyiyah Yogyakarta]. http://lib.unisayogya.ac.id

Shabiralyani, G., Hasan, K. S., Hamad, N., & Iqbal, N. (2015). Impact of Visual Aids in Enhancing the Learning Process Case Research: District Dera Ghazi Khan. Journal of Education and Practice, 6(19), 226–233.

Sianipar, S. S., Suryagustina, S., & Paska, M. (2023). Effect Of Health Education Using Media Audio Visual On Knowledge About Anemia In Adolescent Women In High School. Jambura Journal of Health Sciences and Research, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.35971/jjhsr.v5i1.17029

Syakir, S. (2018). Pengaruh intervensi penyuluhan gizi dengan media animasi terhadap perubahan pengetahuan dan sikap tentang anemia pada remaja putri. ARGIPA (Arsip Gizi dan Pangan), 3(1), Article 1. https://doi.org/10.22236/argipa.v3i1.2446




DOI: http://dx.doi.org/10.52742/jgkp.v4i1.20457

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sesca Diana Solang, Herlin Agustina Tupan, Kusmiyati Kusmiyati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

---------------------------------------------------------------------------------------
Jurnal Gizi Kerja dan Produktivitas
Published by Department of Nutrition, Faculty of Medicine, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Address: Jl. Raya Jakarta Km 4 Pakupatan Kota Serang Provinsi Banten
WA : +62 85253587076
Email: jurnal.ilmugizi[at]untirta.ac.id
 

 

View My Stats