Pengaruh Video Gizi terhadap Pengetahuan dan Sikap tentang Gizi Seimbang pada Siswa SMAN 4 Kota Serang

Rifa Febriyani, Mukhlidah Hanun Siregar, Bohari Bohari

Abstract


Pemberian edukasi gizi seimbang merupakan salah satu upaya untuk mengatasi timbulnya masalah gizi pada remaja. Keberhasilan edukasi tidak terlepas dari media yang digunakan. Video dipilih sebagai media edukasi karena dapat memberikan informasi yang lebih jelas, dapat diulang, dan cocok untuk semua kelompok usia dari anak-anak hingga dewasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh video gizi terhada pengetahuan dan sikap tentang gizi seimbang pada siswa SMAN 4 Kota Serang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuasi eksperimen desain dengan pendekatan one group pretest-posttest design. Sampel merupakan siswa kelas X sebanyak 54 responden di SMAN 4 Kota Serang yang diambil secara random sampling. Pemberian edukasi dilaksanakan dalam satu kali pertemuan dengan dua kali pemutaran video berdurasi 11 menit. Instrumen penelitian ini adalah kuesioner pretest dan posttest. Uji yang digunakan adalah uji Wilcoxon dengan tingkat signifikan ɑ=0,05. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan pengetahuan dan sikap sebelum dan setelah diberikan edukasi dengan media video. Pengetahuan responden mengalami peningkatan sebesar 27,8%, sementara sikap positif terhadap gizi meningkat sebesar 57,4%. Hasil uji bivariat pengaruh video gizi terhadap pengetahuan dan sikap tentang gizi seimbang siswa SMAN 4 Kota Serang dengan niai p-value masing-masing 0,000 dan 0,000 (<0,05). Terdapat pengaruh pemberian edukasi gizi dengan media video terhadap pengetahuan dan sikap siswa SMAN 4 Kota Serang.

Keywords


Edukasi gizi; gizi seimbang; pengetahuan; sikap; video

Full Text:

PDF

References


Agustin, F., Fayasari, A., & Dewi, G. K. (2018). Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Gizi Seimbang terhadap Status Gizi Lebih pada Pegawai Rumah Sakit Penyakit Infeksi Sulianti Saroso Jakarta Utara. Ilmu Gizi Indonesia, 1(2), 93–103. https://doi.org/10.35842/ilgi.v1i2.19

Aisah, S., Ismail, S., & Margawati, A. (2021). Edukasi Kesehatan dengan Media Video Animasi: Scoping Review. Jurnal Perawat Indonesia, 5(1), 641–655. https://doi.org/10.32584/jpi.v5i1.926

Arista, C. N., Gifari, N., Nuzrina, R., Sitoayu, L., & Purwara, L. (2021). Perilaku Makan, Kebiasaan Sarapan, Pengetahuan Gizi dan Status Gizi Pada Remaja SMA di Jakarta. Jurnal Pangan Kesehatan Dan Gizi (JAKAGI), 2(1).

Azwar, S. (2022). Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya (3rd ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fadhillah Ardie, H., & Sunarti, S. (2019). Pengaruh Media Video terhadap Pengetahuan dan Sikap tentang Gizi Seimbang pada Siswa Kelas V di SDN 016 Samarinda Seberang. Borneo Student Research, 1(1), 284–290.

Hasdianah. (2014). Gizi Pemanfaatan Gizi, Diet, dan Obesitas. Yogyakarta: Nuha Medika.

Kementerian Kesehatan RI. (2018). Laporan Provinsi Banten RISKESDAS 2018. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.

Lingga, N. L. (2015). Pengaruh Pemberian Media Animasi terhadap Perubahan Pengetahuan dan Sikap Gizi Seimbang pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri Tanjung Duren Utara 01 Pagi Jakarta Barat. [Skripsi] Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan, Universitas Esa Unggul: Jakarta.

Maharibe, C. C., Kawengian, S. E. S., & Bolang, A. S. L. (2014). Hubungan Pengetahuan Gizi Seimbang dengan Praktik Gizi Seimbang Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Angkatan 2013 Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi. Jurnal E-Biomedik, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.35790/ebm.2.1.2014.3711

Mahmud, M. R., Ambarwati, R., Mintarsih, S. N., Prihatin, S., & Jaelani, M. (2017). Efektitas Edukasi dengan Media Audiovisual terhadap Pengetahuan dan Sikap tentang Gizi Seimbang. Jurnal Riset Gizi, 5(1), 21–25. https://doi.org/https://doi.org/10.31983/jrg.v5i1.4323

Mayang Sari, E., & Rafiony, A. (2020). Pengetahuan tentang Pedoman Gizi Seimbang dan Pola Makan Siswa SMAN 1 Pontianak. Pontianak Nutrition Journal (PNJ), 3(1), 1–5. https://doi.org/10.30602/pnj.v3i1.623

Nurmalasari, A. D. (2016). Pengembangan Media Video Pembelajaran sebagai Sumber Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Gizi Materi Pokok Zat Gizi Sumber Tenaga di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Purworejo. [Skripsi] Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta.

Pantaleon, M. G. (2019). Hubungan Pengetahuan Gizi dan Kebiasaan Makan dengan Status Gizi Remaja Putri di SMA Negeri II Kota Kupang. CHMK Health Journal, 3(3), 69–76.

Puspita, E. T. (2021). Pengaruh Edukasi Gizi Seimbang Menggunakan Media Video terhadap Pengetahuan dan Sikap Remaja Putri di Masa Pademi COVID-19 di SMP Negeri 10 Kota Bengkulu Tahun 2021. [Skripsi] Program Gizi dan Dietetika, Poltekkes Kemenkes Bengkulu: Bengkulu.

Rahmatunisa, A. (2020). Pengaruh Edukasi Gizi berbasis Edutainment terhadap Peningkatan Pengetahuan, Sikap, dan Praktik tentang Pemilihan Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) di SD Negeri 19 Kota Bengkulu. [Skripsi] Program Gizi dan Dietetika, Poltekkes Kemenkes Bengkulu: Bengkulu.

Sumiyati, & Dian Irianti. (2021). Obesitas terhadap Harga Diri Remaja. Jurnal Sains Kebidanan, 3(2), 80–85.

Suryanto, H., & Supaati. (2021). Pengaruh Edukasi Gizi terhadap Pengetahuan Gizi Seimbang pada Anak Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Wijayakusuma National Conference, 2(1), 133–138.

Sutrio, S., & Yunianto, A. E. (2021). Pengaruh Edukasi Gizi melalui Media Video Piring Makanku terhadap Pengetahuan dan Sikap Siswa. Jurnal Gizi Prima (Prime Nutrition Journal), 6(1), 1–6. https://doi.org/10.32807/jgp.v6i1.240

Tepriandy, S., & Rochadi, R. K. (2021). Hubungan Pengetahuan dan Sikap dengan Status Gizi Siswa MAN Medan pada Masa Pandemi COVID-19. Tropical Public Health Journal, 1(1), 43–49. https://doi.org/10.32734/trophico.v1i1.6042

Tisa, D., Simanjuntak, B. Y., & Wahyudi, A. (2020). Pengaruh Edukasi Gizi Menggunakan Media Audio Visual (Video) terhadap Pengetahuan dan Sikap Gizi Seimbang. Jurnal Kesehatan, 13(1), 19–24.

Tuzzahroh, F. (2015). Pengaruh Penyuluhan Gizi Seimbang dengan Media Video, Poster, dan Permainan Kwartet Gizi terhadap Pengetahuan Gizi dan Status Gizi Siswa di Sekolah Dasar Negeri Karangasem III Kota Surakarta. [Skripsi] Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Surakarta: Surakarta.

Zares, N. M., & Simanungkalit, S. F. (2021). Effect of Nutrition Education Based on Video and Leaflet Towards Nutritional Knowledge of 14th Junior High School Bekasi Student. Indonesian Journal of Nutritional Science, 1(1), 8–15. https://doi.org/10.52023/ijns.v1i1.2519




DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jgkp.v5i1.24897

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Rifa Febriyani, Mukhlidah Hanun Siregar, Bohari Bohari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

---------------------------------------------------------------------------------------
Jurnal Gizi Kerja dan Produktivitas
Published by Department of Nutrition, Faculty of Medicine, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Address: Jl. Raya Jakarta Km 4 Pakupatan Kota Serang Provinsi Banten
WA : +6285282945599
Email: jurnal.ilmugizi[at]untirta.ac.id
 

 

View My Stats