Hubungan Pengetahuan dan Status Gizi dengan Perilaku Membaca Label Gizi Makanan Kemasan Mahasiswa Pendidikan Tata Rias Unesa
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adventus, Jaya Merta, I. M., & Mahendra, D. (2019). Buku Ajar Promosi Kesehatan. Program Studi Diploma Tiga Keperawatan Fakultas Vokasi UKI, 1–107. http://repository.uki.ac.id/id/eprint/2759%0A
Akhfa, A. N. (2021). Hubungan Pengetahuan Gizi, Status Gizi, dan Tingkat Pemahaman dengan Perilaku Membaca Label Gizi. Arsip Gizi Dan Pangan, 6(1), 52–62. https://doi.org/10.22236/argipa.v6i1.6196
Anggraini, S., Handayani, D., & Kusumastuty, I. (2018). Tingkat Pengetahuan Cara Membaca Label Informasi Gizi Mahasiswa Status Gizi Normal Lebih Baik dibandingkan Mahasiswa Obesitas. Indonesian Journal of Human Nutrition, 5(2), 74–84. https://doi.org/10.21776/ub.ijhn.2018.005.02.2
Asgha, B. (2016). Analisa Penggunaan Label Informasi Nilai Gizi pada Produk Pangan Oleh Konsumen di Kota Semarang. Jurnal Buletin Studi Ekonomi, 21(2), 128–135.
Badriyah, L., & Syafei, A. (2019). Persepsi dan Perilaku Membaca Label Pangan dan Informasi Gizi pada Siswa SMK Wijaya Kusuma. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 8(04), 167–174. https://doi.org/10.33221/jikm.v8i04.401
Darsini, Fahrurrozi, & Cahyono, E. A. (2019). PENGETAHUAN ; ARTIKEL REVIEW. Keperawatan, 12(1), 95–107.
Farida, I. (2017). Evaluasi Pembelajaran (E. Kuswandi (ed.)). PT Remaja Rosdakarya.
Fitri, N., Metty, & Yulianti, E. (2020). Pengetahuan dan Kebiasaan Membaca Label Informasi Status Gizi pada Mahasiswa Asrama Kutai Kartanegara. 12(1).
Food Safety Authority of Ireland. (2009). A Research Studi into Consumers’ Attitudes to Food Labelling.
Grunert, K. G., & Wills, J. M. (2007). A Review of European Research on Consumer Response to Nutrition Information on Food Labels. Journal of Public Health, 15(5), 385–399. https://doi.org/10.1007/s10389-007-0101-9
Harjatno, T. P., M.Par’i, H., & Wiyono, S. (2017). Penilaian Status Gizi. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.
Huda, Q. A. (2016). Hubungan Pengetahuan dan Sikap dengan Perilaku Membaca Informasi Nilai Gizi dan Pemilihan Pangan Kemasan.
Illavina, I., & Kusumaningati, W. (2022). Pengaruh Edukasi Pembacaan Label Informasi Nilai Gizi dengan Media Slide PowerPoint terhadap Pengetahuan Siswa SMA Kota Depok. Muhammadiyah Journal of Nutrition and Food Science (MJNF), 3(1), 27. https://doi.org/10.24853/mjnf.3.1.27-35
Kaka, M. P., Afiani, N., & Soelistyoningsih, D. (2021). Hubungan Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Keluarga Dengan Perilaku Pencegahan Penularan Penyakit Tuberkulosis (Tbc). Media Husada Journal Of Nursing Science, 2(2), 6–12. https://doi.org/10.33475/mhjns.v2i2.40
Kemenkes RI. (2016). Peraturan Kemenkes RI No 25 Tahun 2016 Tentang Rencana Aksi Nasinal Kesehatan Lanjut Usia Tahun 2016-2019.
Kemenkes RI. (2019). Pedoman Gizi Seimbang. Pedoman Gizi Seimbang, 1–99.
Loureiro, M. L., Yen, S. T., & Nayga, R. M. (2012). The Effects of Nutritional Labels on Obesity. Agricultural Economics, 43(3), 333–342. https://doi.org/10.1111/j.1574-0862.2012.00586.x
Mahmuudah, L. N., Mardiah, W., & Lumbantobing, V. B. (2020). Student Knowledge in Reading Nutrient Label Information and Types of Packaging Food Consumed by Nursing Students. Media Keperawatan Indonesia, 3(2), 45. https://doi.org/10.26714/mki.3.2.2020.45-53
McLean, R., & Hoek, J. (2014). Sodium and Nutrition Labelling: A Qualitative Study Exploring New Zealand Consumers’ Food Purchasing Behaviours. Public Health Nutrition, 17(5), 1138–1146. https://doi.org/10.1017/S1368980013001079
Melinda, A., & Farida, E. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan UNNES alam Membaca Label Informasi Nilai Gizi. Indonesian Journal of Public Health and Nutrition, 1(3), 491–498. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/IJPHN
Nurcahya, & Yvonne. (2014). Keterpaparan Informasi Mengenai Iklan Pangan, Kebiasaan Membaca Label Pangan dan Faktor-Faktor Hubungannya.
Palupi, I. R., Naomi, N. D., & Susilo, J. (2017). Penggunaan Label Gizi dan Konsumsi Makanan Kemasan pada Anggota Persatuan Diabetisi Indonesia. Jurnal Fakultas Kesehatan Masyarakat, 11(1), 1–8.
Pandey, B., Reba, M., Joshi, P. K., & Seto, K. C. (2020). Urbanization and Food Consumption in India. Scientific Reports, 10(1), 1–12. https://doi.org/10.1038/s41598-020-73313-8
Purnama, A. S. (2012). Hubungan antara Kemampuan Membaca Label Informasi Nilai Gizi, Persepsi terhadap Rasa Produk, dan Faktor Lain dengan Kepatuhan Membaca Label Informasi Nilai gizi pada Siswa/i SMK Mandalahayu, Bekasi Tahun 2012. May, 5–6. http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/20354823-S-Ari Sulistyani Purnama.pdf
Putri, A., Anggraeni, W., Widyastuti, N., Purwanti, R., & Fitranti, Y. (2020). Perbedaan Konsumsi Makanan Jajanan Kemasan Mengandung Monosodium Glutamat dan Status Gizi pada Remaja Urban dan Sub Urban di Kabupaten Semarang. 4(November), 64–73.
Ratih, D., Ruhana, A., Astuti, N., & Bahar, A. (2022). Alasan Pemilihan Makanan dan Kebiasaan Mengkonsumsi Makanan Sehat pada Mahasiswa UNESA Ketintang. Jurnal Tata Boga, 11(1), 22–32.
Ratu, C. A., Anggraeni, D. F., Eka, S. C., & Miftah, Z. P. Z. (2022). Kemapuan Membaca Label Gizi dengan Konsumsi Makanan dan Minuman Kemasan Tinggi Gula. December.
Riyanti, A., Junita, D., & Rosalina, E. (2020). Perbedaan Pengetahuan dan Perilaku Membaca Label Pangan Antara Mahasiswa Prodi Gizi dan Non Gizi Di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Baiturrahim Jambi. Jurnal Akademika Baiturrahim Jambi, 9(2), 225. https://doi.org/10.36565/jab.v9i2.221
Santosa, H., & Imelda, F. (2022). Kebutuhan Gizi Berbagai Usia.
Satia, J. A., Galanko, J. A., & Neuhouser, M. L. (2005). Food Nutrition Label Use is Associated with Demographic, Behavioral, and Psychosocial Factors and Dietary Intake among African Americans in North Carolina. Journal of the American Dietetic Association, 105(3), 392–402. https://doi.org/10.1016/j.jada.2004.12.006
Sekarputri, D. A. (2019). Hubungan Antara Pengetahuan dan Kebiasaan Membaca Label Gizi Dengan Konsumsi Pangan Kemasan Pada Mahasiswa Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Semarang Tahun 2019. Poltekkes Kemenkes Semarang.
Signal, L., Lanumata, T., Robinson, J.-A., Tavila, A., Wilton, J., & Mhurchu, C. N. (2008). Perceptions of New Zealand Nutrition Labels by Maori, Pacific and Low Income Shoppers. Journal of Public Health Nutrition.
Suharsa, H., & Sahnaz. (2016). Status Gizi Lebih dan Faktor-faktor lain yang Berhubungan pada Siswa Sekolah Dasar Islam Tirtayasa Kelas IV dan V di Kota Serang Tahun 2014. Jurnal Lingkar Widyaiswara, Ed 3, 3(1), 53–76. www.juliwi.com
Sumartini, E., & Ningrum, A. (2022). Gambaran Perilaku Makan Remaja. Jurnal Ilmiah Kesehatan Keris Husada, 6(01), 46–59. http://www.ojs.akperkerishusada.ac.id/index.php/akperkeris/article/view/65
Szypowska, A., Jeziorek, M., & Regulska-Ilow, B. (2020). Assessment of Eating and Lifestyle Habits Among Polish Cosmetology and Physiotherapy Students. Roczniki Panstwowego Zakladu Higieny / Annals of the National Institute of Hygiene, 71(2), 157–163. https://doi.org/10.32394/rpzh.2020.0111
Wardhani, A. S. (2008). Studi Tentang Kesadaran Pekerja Terhadap Pelaporan Kecelakaan Kerja di PT Astra Nissan Diesel Indonesia Periode Juni-Juli Tahun 2008. Universitas Indonesia, Depok.
WHO. (2004). Global Strategy on Diet, Physical Activity Health. World Health Organization.
Widiawati, D., & Komalasari, E. (2020). Gambaran Tingkat Kepatuhan Membaca Label Pangan pada Mahasiswa Fakultas Sainsdan Teknologi Universitas Al Azhar Indonesia. JURNAL Al-AZHAR INDONESIA SERI SAINS DAN TEKNOLOGI, 5(3), 151. https://doi.org/10.36722/sst.v5i3.378
Widyaningrum, R. (2013). Peningkatan Rasa Ingin Tahu dan Prestasi Belajar IPA Materi Gaya Melalui Metode Eksperimen di Kelas V SD Negeri 1 Cilongok. Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Yastirin, P. A., & Dewi, R. K. (2022). Identifiation of Nutrional Status in Pre-Adolscent Group in The Intergrated Islamic Elementary School Al Firdaus Purwodadi.
Zantika, T., & Kurnia, P. (2023). Hubungan Pengetahuan Informasi Nilai Gizi dengan Perilaku Membaca Label Informasi Nilai Gizi pada Mahasiswa. Pontianak Nutrition Journal (PNI), 6(1).
DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jgkp.v5i1.25003
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Chelsea Aliffia Linnasiputri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.