Gambaran Standar Pelayanan Minimal Dan Tingkat Kepuasan Layanan Gizi Pada Pasien Rawat Inap Ruang Edelweis Rumah Sakit Bhayangkara H.S Samsoeri Mertojoso Surabaya

Farah Andhini, Amalia Ruhana

Abstract


Pelayanan gizi yang ada di rumah sakit mempunyai upaya dalam peningkatan kualitas layanan rumah sakit dengan tersedianya pelayanan gizi yang tepat dan terpadu bekerja sama dengan layanan kesehatan lain. Proses pelayanan makanan di instalasi gizi memiliki tujuan untuk dapat mempercepat penyembuhan pada pasien, menyediakan makanan yang bergizi untuk pasien, serta dapat memberikan contoh makanan bergizi dan sehat untuk dikonsumsi pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran dari Standar Pelayanan Minimal yaitu ketepatan diet, ketepatan waktu ditribusi makanan, dan sisa makanan serta tingkat kepuasan pasien di ruang rawat inap Edelweis di Rumah Sakit Bhayangkara H.S. Samsoeri Mertojoso Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan total 66 responden. Penelitian ini dilaksanakan selama 1 siklus menu atau 10 hari. Dalam penelitian ini pasien dengan kriteria diberikan diet makanan biasa dan diet khusus dengan kategori usia 18-65 tahun. Karakteristik pasien berdasarkan jenis kelamin yaitu laki-laki sebanyak 27 orang (40,9%) dan perempuan sebanyak 39 orang (59,1%). Rata-rata ketepatan diet yaitu 100%. Skor tersebut telah memenuhi standar pelayanan minimal ketepatan diet berdasarkan kemenkes yaitu 100%. Rata-rata ketepatan waktu distribusi makanan adalah 64,05%. Skor tersebut belum memenuhi standar pelayanan minimal ketepatan diet berdasarkan kemenkes yaitu ≥ 90%. Rata-rata sisa makanan pada penelitian ini sebesar 14,3%. Skor tersebut sudah memenuhi standar minimal sisa makanan pasien berdasarkan kemenkes yaitu ≤ 20%. Hasil dari tingkat kepuasan pasien menunjukkan sebanyak 79,,41% pasien menyatakan puas terhadap pelayanan makanan yang diberikan oleh rumah sakit. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Standar Pelayanan Minimal pada ketepatan waktu distribusi makanan belum memenuhi standar yang ditentukan sedangkan pada ketepatan diet dan sisa makanan sudah memenuhi standar yang ditentukan.

Keywords


Ketepatan waktu distribusi makanan; ketepatan diet; sisa makanan; kepuasan pasien

Full Text:

PDF

References


Aliffianti, R. (2015). Makanan Di Rumah Sakit ‘ Aisyiyah Purworejo Makanan Di Rumah Sakit ‘ Aisyiyah Purworejo. 8–9.

Ambarwati, R. 2017. Hubungan Ketepatan Waktu Penyajian dan Mutu Makanan dengan Sisa Makanan Pasien Dewasa Non Diet di RSU PKU Muhammadiyah Bantul. Naskah Publikasi Politeknik Kesehatan Yogyakarta

Aula, Lisa Elizabet. 2018. “Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Terjadinya Sisa Makanan Pada Pasien Rawat Inap DI Rumah Sakit Haji Jakarta.” Indonesian Journal of Human Nutrition 2 (1): 123.

Desi Rahmawati Sukadi, S. W. (2015). Kepuasan Pasien Dalam Penyelenggaraan Makanan Pelayanan Gizi Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Islam Sunan Kudus Di Kabupaten Kudus Tahun 2015. Analytical Biochemistry, 3(1), 9–18.

Dewi, Nirwana Rose Mala., & Amalia Ruhana. (2023). Studi Sisa Makanan Dan Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Makanandi Ruang Rawat Inap Kelas III RSUD Gambiran Kota Kediri. Jurnal Gizi Universitas Negeri Surabaya, 3(4), 457-463.

Hakim, Fudholi Darosia. (2013). Hubungan Labelling Pada Alat Makan Pasien Dengan Ketepatan Diet Diabetes Mellitus (DM) Dan Rendah Garam (RG) Yang Diberikan Di Instalasi Gizi RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Haniyyah, Lathifah. 2017. Hubungan Antara Sisa Makanan, Ketepatan Pemberian Diet, dan Kepuasan Pasien Pada Penyelenggaraan Makanan di RSUD Al Ihsan Bandung. Skripsi. Poltekkes Kemenkes Bandung Jurusan Gizi.

Hartwell, H. J., Edwards, J. S. A., & Symonds, C. (2006). Foodservice in hospital: development of a theoretical model for patient experience and satisfaction using one hospital in the UK National Health Service as a case study*. Journal of Foodservice, 17(5–6), 226–238. https://doi.org/10.1111/j.1745-4506.2006.00040.x

Istianah, E., & Yustanti, W. (2022). Analisis Kepuasan Pengguna pada Aplikasi Jenius dengan Menggunakan Metode EUCS (End-User Computing Satisfaction) berdasarkan Perspektif Pengguna. Journal of Emerging Information Systems and Business Intelligence, 3(4), 36–44. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/article/view/47882

Kemenkes RI. (2008). Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor: 129/Menkes/SK/II/2008 tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit. 303.

Kemenkes RI (2013). PGRS (Pelayanan Gizi Rumah Sakit). Diakses dari https://rspmanguharjo. jatimprov.go.id/wp-content/uploads/2020/09/ Pedoman-Pelayanan-Gizi-RS-PGRS-2013.pdf.

Khasanah Z. 2009. Gambaran Pelayanan Gizi Rawat Inap di Rumah Sakit Medika Permata Hijau Tahun 2009. Laporan Magang. Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Khitan, Aslul (2015) Analisis Pelaksanaan Standar Pelayanan Minimal Pelayanan Gizi dan Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Mataram. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Lestari, Putri, dan Yessi Marlina. 2021. “Gambaran Sisa Makanan Pasien Di RSUD Petala Bumi Provinsi Riau.” Jurnal Gizi Prima (Prime Nutrition Journal) 6 (1): 28. https://doi.org/10.32807/jgp.v6i1.245.

Listiyono, R. A. (2015). Studi Deskriptif Tentang Kuaitas Pelayanan di Rumah Sakit Umum Dr. Wahidin Sudiro Husodo Kota Mojokerto Pasca Menjadi Rumah Sakit Tipe B. Jurnal Kebijakan Dan Manajemen Publik, 1(1), 2–7.

Mardianingsih, N., Utami, F. A., & Palupi, I. R. (2020). Capaian standar pelayanan minimal gizi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Manokwari Papua Barat. Jurnal Gizi Klinik Indonesia, 16(4), 152. https://doi.org/10.22146/ijcn.42425

Nurqisthy, Amanda, Merryana Adriani, Lailatul Muniroh. 2017. “Hubungan Kepuasan Pelayanan Makanan Dengan Tingkat Kecukupan Energi Dan Protein Pasien Di Rumah Sakit Universitas Airlangga Surabaya.” Media Gizi Indonesia 11 (1): 32. https://doi.org/10.20473/mgi.v11i1.32-39.

Nuryani, N., Ramadhani, F., & Lestari, A. (2020). Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Kualitas Pelayanan Makanan Di Instalasi Gizi Rsud Dr. M.M Dunda Limboto. Ghidza: Jurnal Gizi Dan Kesehatan, 4(2), 166-180. https://doi.org/10.22487/ghidza.v4i2.165.

Nuryati, P. 2008. Hubungan antara Waktu Penyajian, Penampilan, dan Rasa Makanan dengan Sisa Makanan pada Pasien Rawat Inap Dewasa di Rumah Sakit Bhakti Wira Tamtama Semarang. Jurnal Gizi Unimus, 36(2), 13–26.

Rochmawati, N. W., Kusuma, T. S., & Husna, F. (2022). Tingkat Kepuasan Terhadap Pelayanan Makanan Dan Kecukupan Gizi Pada Pasien Non Communicable Diseases Di Rumah Sakit Bersertifikasi Halal. Journal of Nutrition College, 11(3), 211–219. https://doi.org/10.14710/jnc.v11i3.32780

Sumiati, S., Manampiring, A. E., & Wungouw, H. I. S. (2023). Analisis Hubungan Indikator Mutu Pelayanan Gizi dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou, Manado. Medical Scope Journal, 5(2), 182–187. https://doi.org/10.35790/msj.v5i2.46149

Widuri, H. W. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Pku Muhammadiyah Karanganyar. Universitas Muhammadiyah Surakarta, 1–16. http://eprints.ums.ac.id/80999/11/Naskah Publikasi Ilmiah.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jgkp.v5i2.26384

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Farah Andhini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

---------------------------------------------------------------------------------------
Jurnal Gizi Kerja dan Produktivitas
Published by Department of Nutrition, Faculty of Medicine, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Address: Jl. Raya Jakarta Km 4 Pakupatan Kota Serang Provinsi Banten
WA : +6285282945599
Email: jurnal.ilmugizi[at]untirta.ac.id
 

 

View My Stats