Pengaruh Pendidikan Gizi Pencegahan Gastritis dengan Media Jenga Game terhadap Penguasaan Pengetahuan dan Sikap

Nurul Laila Jamilah, Choirul Anna Nur Afifah

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh pendidikan gizi pencegahan gastritis dengan media jenga game terhadap penguasaan pengetahuan dan sikap siswa di SMAN 19 Surabaya. Jenis penelitian ini yaitu pre eksperimen dengan pendekatan one group pre-test and post-test design. Sampel pada penelitian ini adalah siswa SMAN 19 Surabaya yang berjumlah 52 orang dengan menggunakan teknik simple random sampling. Penelitian ini menggunakan metode pembelajaran kooperatif dengan jenga game. Responden akan menjawab setiap pertanyaan dari kartu bernomor yang sesuai dengan nomor jenga yang telah diambil. Data penguasaan pengetahuan pencegahan gastritis diambil dari tes pilihan ganda dan data sikap pencegahan gastritis menggunakan angket skala likert. Karena data tidak berdistribusi normal, maka data dianalisis dengan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan sebesar 15,76 poin dan sikap sebesar 7,65 poin setelah diberikan pendidikan gizi. Hasil uji bivariat pengaruh pendidikan gizi pencegahan gastritis dengan media jenga game terhadap penguasaan pengetahuan dan sikap yaitu memiliki nilai p-value sebesar 0,000. Pendidikan gizi pencegahan gastritis dengan media jenga game berpengaruh terhadap penguasaan pengetahuan dan sikap.

Keywords


Gastritis; Jenga Game; Pengetahuan; Sikap

Full Text:

PDF

References


Ali, M., & Asrori, M. (2016). Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara.

Azer, S. A., & Akhondi, H. (2019). Gastritis. StatPearls, June, pp. 1-14.

Azzahra, T. S., Nindiasari, H., Aryoko, Z. F., Nur, Z., Amaliyah, A., Afifah, R. N., & Faizah, D. T. (2023). Analisis Perkembangan Kognitif Siswa Sma Pada Pembelajaran Matematika. Wilangan, 4(1), 27–33.

Chayani, A. D., & Rachmadyanti, P. (2020). Pengembangan Media Permainan Jenga Keragaman Budaya Materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya Untuk Kelas IV SD. Jpgsd, 08, 302–3012.

Esa, R. A., Wahyu, T., & Darwis. (2022). Pengaruh Video Edukasi dan Leaflet terhadap Pengetahuan dan Sikap Remaja tentang Konsumsi Sayur dan Buah di SMAN 05 Seluma. Svasta Harena Rafflesia, 1(1), 1–15. https://doi.org/10.33088/shr.v1i1.157

Ferry, & Wijonarko. (2022). Pencegahan dan Penatalaksanaan Gastritis di Posyandu Lestari II di Kelurahan Tanjung Raya Kota Bandar Lampung. AACENDIKIA: Journal of Nursing, 1(2), 35–37. https://doi.org/10.59183/aacendikiajon.v1i2.8

Feyisa, Z. T., & Woldeamanuel, B. T. (2021). Prevalence and Associated Risk Factors of Gastritis Among Patients Visiting Saint Paul Hospital Millennium Medical College, Addis Ababa, Ethiopia. Plos one, 16(2), e0246619.

Fitri, R., Jamaris, & Solfema. (2023). Teori Belajar Konstruktivisme dalam Perkuliahan Keanekaragaman Tumbuhan. Pedagogi Hayati, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.31629/ph.v6i1.5121

Fitriana, N., Sitoayu, L., Harna, H., & Sa’pang, M. (2022). Pengaruh Pemberian Edukasi Melalui Permainan Vitamin Challenging Card (Vcc) terhadap Perubahan Pengetahuan dan Sikap tentang Vitamin Pada Remaja. Media Gizi Mikro Indonesia, 14(1), 55–64. https://doi.org/10.22435/mgmi.v14i1.6026

Fitriani, Marlina, Y., & Roziana. (2019). Perbedaan Edukasi/Penyuluhan Dengan Penggunaan Media Terhadap Perubahan Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Konsumsi Sayur Dan Buah Pada Siswa SMP Di Pekanbaru. Jurnal Forum Kesehatan, 9(1), 6–11. http://e-journal.poltekkes-palangkaraya.ac.id/jfk/article/view/20

Hadinata, D. (2020). Hubungan Faktor Risiko dengan Kejadian Gastritis pada Pasien Berobat Jalan di Wilayah Kerja UPTD Puskesmas Rajagaluh Kabupaten Majalengka Tahun 2018. Jurnal Kampus STIKES YPIB Majalengka, 8(1), 91–104.

Ismaningsih, E., & Fitriana, R. N. (2022). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Menggunakan Media Permainan Balok Jenga terhadap Peningkatan Pengetahuan Pencegahan Bullying Pada Anak Sekolah Dasar Di Sd Negeri Sibela Timur Surakarta. 1–9. http://eprints.ukh.ac.id/id/eprint/3177/1/NASKAH PUBLIKASI_ELISA ISMANINGSIH.pdf

Kunaedi, I. T., Faozi, B. F., & Afriani, D. (2023). Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Sikap Dengan Perilaku Menstrual Hygiene Pada Remaja Putri Di Smk Negeri Buahdua. Jurnal Ilmu Keperawatan Sebelas April 26(JIKSA), 5(1), 26–34. https://ejournal.unsap.ac.id/index.php/jiksa

Lestari, D. (2018). Pengembangan permainan Uno Staco Sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Kerja Sama dan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa pada Materi Kalor Kelas XI TKR 1 SMKN 1 Jiwan. In Prosiding Seminar Nasional Quantum, 25, 145–149.

Maidartati, Ningrum, T. P., & Fauzia, P. (2021). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Gastritis pada Remaja di Bandung. Jurnal Keperawatan Galuh, 3(1), 21–28.

Naisali, M. N. (2017). Hubungan Perilaku Merokok Dengan Kejadian Gastritis Pada Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang. Nursing News, 2(1), 304–317.

Notoatmodjo, S. (2012). Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurhidayatika, F. P. (2022). Pengaruh Promosi Kesehatan Menggunakan Roda Sikap Tentang Pencegahan Gastritis Pada Siswa di Madrasah Aiah Al-Karim Bengkulu Tengah. Doctoral Dissertation, Poltekkes Kemenkes Bengkulu.

Putri, A. T., Rezal, F., & Akifah. (2017). Efektifitas Media Audio Visual dan Leaflet Terhadap Peningkatan Pengetahuan, Sikap, dan Tindakan tetang Pencegahan Penyakit Gstritis Pada Santriwati di Pondok Pesantren Hidayatullah Putri dan Ummusshabri Kota Knedari Tahun 2017. 2(6), 1–11.

Rachmawati, W. C. (2019). Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. In Jakarta: Rineka Cipta.

Rahmawati, Nurlaili, & Intan Widiyowati, I. (2018). Kemampuan Kognitif Siswa SMA yang Diajar Menggunakan Model Pembelajaran ARIAS pada Pokok Bahasan Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Bivalen: Chemical Studies Journal, 1(1), 33–38. https://doi.org/10.30872/bcsj.v1i1.278

Ramadhani, K., & Khofifah, H. (2021). Edukasi Gizi Seimbang sebagai Upaya Meningkatkan Pengetahuan pada Remaja di Desa Bedingin Wetan pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Kesehatan Global, 4(2), 66–74. https://doi.org/10.33085/jkg.v4i2.4853

Rusdi, F. Y., Helmizar, H., & Rahmy, H. A. (2021). Pengaruh Edukasi Gizi Menggunakan Instagram Terhadap Perubahan Perilaku Gizi Seimbang Untuk Pencegahan Anemia Pada Remaja Putri Di Sman 2 Padang. Journal of Nutrition College, 10(1), 31–38. https://doi.org/10.14710/jnc.v10i1.29271

Salsabila, A., & Puspitasari. (2020). Faktor-Faktor yang mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pandawa, 2(2), 278–288. https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i2.3770

Soviarni, & Sarniyati. (2022). Edukasi Pencegahan dan Penanganan Gastritis pada Masyarakat di Wilayah Kerja Puskesmas Depati VII. Pengabdian Masyarakat Bina Insani Sakti, 1(1), 68–74.

Suwindiri., Tiranda, Y., Ningrum, W. A. C. (2021). Faktor Penyebab Kejadian Gastritis di Indonesia : Literature Review Mahasiswa IKesT Muhammadiyah Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia IKesT Muhammadiyah Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia. Jurnal Keperawatan Merdeka (JKM), 1(November), 209–223.

Yunanda, F. T., Wahyurianto, Y., PD, T. R., & N, W. T. (2023). Gambaran Faktor Penyebab Terjadinya Gastritis di Desa Tlogowaru Wilayah Kerja Puskesmas Temandang Kabupaten Tuban. Global Health Science, 8(1), 41–46.




DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jgkp.v5i2.26648

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nurul Laila Jamilah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

---------------------------------------------------------------------------------------
Jurnal Gizi Kerja dan Produktivitas
Published by Department of Nutrition, Faculty of Medicine, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Address: Jl. Raya Jakarta Km 4 Pakupatan Kota Serang Provinsi Banten
WA : +6285282945599
Email: jurnal.ilmugizi[at]untirta.ac.id
 

 

View My Stats