Standar Pelayanan Minimal Instalasi Gizi dan Kepuasan Pelayanan Makanan di Ruang Uranus RSUD Sidoarjo Barat

Ajeng Risma Dewanti, Amalia Ruhana

Abstract


Rumah Sakit Umum Daerah Sidoarjo Barat merupakan institusi penyedia pelayanan kesehatan, salah satunya pelayanan gizi. Pelayanan gizi yang diberikan oleh Rumah Sakit Umum Daerah Sidoarjo Barat mencakup pelayanan makanan pasien sesuai dengan kebutuhan gizi pasien tersebut. Pelayanan gizi mempengaruhi kepuasan pasien dan diberikan secara minimal sesuai Standar Pelayanan Minimal Instalasi Gizi. Standar Pelayanan Minimal Instalasi Gizi terdiri dari tiga aspek, yaitu ketepatan diet (100%), ketepatan waktu distribusi makanan (≥90%), dan sisa makanan (≤20%). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ketepatan diet, mendeskripsikan ketepatan waktu distribusi makanan, mengetahui sisa makanan, dan mendeskripsikan kepuasan pelayanan makanan pasien di ruang perawatan uranus RSUD Sidoarjo Barat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan pendekatan cross-sectional. Metode penentuan responden adalah total sampling dengan kriteria inklusi dan eksklusi, sehingga didapatkan 43 responden. Penelitian dilakukan melalui pengamatan dan wawancara selama 10 hari pada bulan Agustus 2024. Data ketepatan diet, ketepatan waktu distribusi, dan sisa makanan dikumpulkan melalui observasi. Sedangkan, wawancara untuk mengumpulkan data kepuasan pelayanan makanan pasien. Hasil penelitian menunjukkan hasil rata-rata ketepatan diet 100%; ketepatan waktu distribusi makanan sebesar 74,7%; dan sisa makanan pasien sebesar 22%. Sedangkan, hasil wawancara kepuasan pelayanan makanan pasien menunjukkan 79,1% puas dan 20,9% sangat puas. Kesimpulan dari hasil analisis tersebut adalah pelaksanaan Standar Pelayanan Minimal Instalasi Gizi di ruang perawatan uranus Rumah Sakit Umum Daerah Sidoarjo Barat belum memenuhi Standar Pelayanan Minimal Instalasi Gizi yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, kecuali pada indicator ketepatan diet. Sedangkan, rata-rata pasien puas pada pelayanan makanan rumah sakit.

Keywords


Standar Pelayanan Minimal; Ketepatan Diet; Ketepatan Waktu Distribusi; Sisa Makanan; Kepuasan Pelayanan Makanan

Full Text:

PDF

References


Adinda, W.S. (2022). Gambaran Distribusi Makanan Biasa Di Masa Pandemi Covid-19 Pada RSUD Dr.Tjitrowardojo Purworejo, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Available at: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/10323/4/4. Chapter2.doc.pdf.

Alie, N.S., Syamsu, R.F. and Dahlia, D. (2023). Gambaran Kepuasan Pasien Terhadap Layanan Dan Kualitas Makanan Di Rumah Sakit: Literature Review. Prepotif: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 7(3), pp. 16428–16438.

Aliyah, F. and Khasanah, T.A. (2023). Hubungan Pelayanan Gizi, Kualitas Makanan, dan Konseling Terhadap Kepuasan Pasien di RSUD Balaraja. Jurnal Kesehatan Indonesia, 13(2), pp. 57–65. doi:https://doi.org/10.33657/jurkessia.v13i2.779.

Amalia, S.E. (2020). Pengaruh Faktor Eksternal terhadap Sisa Makanan Pasien Di Ruang Cempaka RSUD Ibnu Sina Kabupaten Gresik. Journal of Health Science and Prevention, 4(1), pp. 50–57. doi:https://doi.org/10.29080/jhsp.v4i1.331.

Ananda, R., Damayanti, R. and Maharja, R. (2023). Tingkat Kepuasan Masyarakat terhadap Kinerja Pelayanan Kesehatan. Jurnal Keperawatan Profesional (KEPO), 4(1), pp. 9–17. doi:https://doi.org/10.36590/kepo.v4i1.570.

Anfal, A.L. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Rumah Sakit Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Umum Sundari Medan Tahun 2018. Excellent Midwifery Journal, 3(2), pp. 1–19. doi:https://doi.org/10.55541/emj.v3i2.130.

Anugerah, N.K., Tanuwijaya, R.R. and M, S. (2022). Kaitan Variasi Menu, Penampilan, Rasa Makanan dengan Tingkat Kepuasan Karyawan Hotel: Studi Cross-sectional. Nutrire Diaita, 14(01), pp. 29–34. doi:https://doi.org/10.47007/nut.v14i01.4793.

Dewi, M.K. and Djokosujono, K. (2022). Analisis Sisa Makanan dan Biaya Sisa Makanan Lunak Makan Malam Pasien Kelas III di RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo. Jurnal Gizi dan Pangan Soedirman, 6(1), pp. 34–50. doi:https://doi.org/10.20884/1.jgipas.2022.6.1.5501.

Febriyanti, A.R. et al. (2021). Gambaran Asupan Energi Makan Siang dan Sistem Penyelenggaraan Makan Faskes Bagi Tenaga Kesehatan. Nutrizione: Nutrition Research And Development Journal, 1(2), pp. 34–42. doi:https://doi.org/10.15294/nutrizione.v1i2.52099.

Firmansyah, C., Novianti, S. and Gustaman, R.A. (2022). Manajemen Sistem Penyelenggaraan Makanan Pada Bagian Proses Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Kebidanan di BLUD Rumah Sakit Umum Kota Banjar Tahun 2021. Jurnal Kesehatan Komunitas Indonesia, 18(1), pp. 368–379. doi:https://doi.org/10.37058/jkki.v18i1.4725.

Gusriyani, N., Candra, L. and Arnawilis, A. (2021). Penyelenggaraan Makanan Pasien Di Instalasinya Gizi RSIA Eria Bunda Pekanbaru Tahun 2020: Provision of Patient Meals at the Nutrition Installation of RSIA Eria Bunda Pekanbaru in 2020. Media Kesmas (Public Health Media), 1(2), pp. 322–329. doi:10.25311/kesmas.vol1.iss2.73.

Hartatik, K. (2022). Pengaruh Pemanfaatan Media Internet Terhadap Kontinental Siswa Kelas XI Program Keahlian Tata Boga di SMKN 1 Kalasan Yogyakarta. Keluarga: Jurnal Ilmiah Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 8(01), pp. 80–88. doi:https://doi.org/10.30738/keluarga.v8i1.11206.

Hidayah, N. et al. (2021). Relationship of Food Services and Patients Satisfaction in Medan Advent’s Public Hospital. Journal La Medihealtico, 2(3), pp. 39–50. doi:https://doi.org/10.37899/journallamedihealtico.v2i3.361.

Irawan, D.W.P. (2022) Hygiene Sanitasi Jasa Boga. Magetan.

Kementerian Kesehatan RI (2013). Pedoman Pelayanan Gizi Rumah Sakit. p. 154.

Lestari, R.H. et al. (2023). Analisis Sisa Makanan terhadap Kepuasan Pelayanan Makanan pada Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Islam Jemursari Surabaya. Media Gizi Kesmas, 12(2), pp. 937–946. doi:10.20473/mgk.v12i2.2023.937-946.

Mardiana, Telisa, I. and Ramadanti, A. (2024). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Penyajian Lauk Hewani dan Nabati di Ruang Rawat Inap Kelas III Rumah Sakit Umum Daerah. Jurnal Kesehatan Poltekkes Palembang, 19(2), pp. 104–110. doi:https://doi.org/10.36086/jpp.v19i2.2260.

Mardianingsih, N., Utami, F.A. and Palupi, I.R. (2020). Capaian standar pelayanan minimal gizi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Manokwari Papua Barat. Jurnal Gizi Klinik Indonesia, 16(4), p. 152. doi:10.22146/ijcn.42425.

Marfuah, D., Noviyanti, R.D. and Khotimah, F.N. (2022). Hubungan Suhu Makanan Dan Cara Penyajian Makanan Dengan Tingkat Kepuasan Makanan Di Catering Betty Karanganyar. Jurnal Kesehatan dan Kedokteran, 1(1), pp. 1–8. doi:10.56127/jukeke.v1i1.570.

Marfuah, D., Wardana, A.S. and Anggraeni, H.T.N. (2023). Hubungan Tingkat Kepuasan Pelayanan Makanan Terhadap Sisa Makanan Di Afif Catering Surakarta. Profesi (Profesional Islam) : Media Publikasi Penelitian, 19(No.2), pp. 119–126. doi:10.26576/profesi.v19ino.2.102.

Meliana, M. and Vionalita, G. (2020). Determinan Faktor Sisa Makanan pada Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Hermina Daan Mogot. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat: Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(4), pp. 152–157. doi:https://doi.org/10.52022/jikm.v12i4.101.

Muliani, U., Yunianto, A.E. and Sutrio (2023). Meal satisfaction analysis of patients at RSUD dr. H. Abdul Moeloek Lampung province. ARGIPA (Arsip Gizi dan Pangan), 7(2), pp. 145–153. doi:10.22236/argipa.v7i2.10266.

Osman, N.S. et al. (2021). Hospital Food Service Strategies to Improve Food Intakes Among Inpatients: A Systematic Review. Nutrients, 13(10), pp. 1–26. doi:10.3390/nu13103649.

Pratiwi, C., Solin, S. and Zega, M.K. (2022). Penilaian Pasien Rawat Inap Terhadap Pelayanan Makanan Instalasi Gizi RS. USU. Pontianak Nutrition Journal (PNJ), 5(1), pp. 171–176. doi:https://doi.org/10.30602/pnj.v5i1.920.

Purwita, N.K.D.D., Sukraniti, D.P. and Padmiari, I.A.E. (2023). Hubungan Cita Rasa Dengan Sisa Makanan Biasa Pada Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Tk II Udayana Denpasar. Jurnal Ilmu Gizi: Journal of Nutrition Science, 12(1), pp. 60–70. doi:https://doi.org/10.33992/jig.v12i1.1590.

Putri, S.D. et al. (2024). Analisis Kesesuaian Standar Pelayanan Minimal ( SPM ) di Instalasi Gizi RSUD Syarifah Ambami Rato Ebu Bangkalan Madura Program Studi Gizi , Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan , Universitas Negeri pasien dari sakitnya dan juga tentunya terhadap citra. Jurnal Riset Ilmu Kesehatan Umum, 2(4), pp. 58–67. doi:https://doi.org/10.57213/jrikuf.v2i4.427.

Qurrotaa’yun, S. and Ekorinawati, W. (2021). Hubungan Cita Rasa Makanan dan Konsumsi Makanan Dari Luar Rumah Sakit Terhadap Sisa Makanan Pada Pasien Rawat Inap di RSUD Dr. Moewardi. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Available at: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/95540.

Rachmawati, A.D. and Afifah, C.A.N. (2021). Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Penyajian dan Pelayanan Makanan di Rumah Sakit. Gorontalo Journal Of Nutrition And Dietetic, 1(2), pp. 37–49. Available at: https://jurnal.unigo.ac.id/index.php/gjnd/article/view/1690.

Rahmawati, L., Zulistiani, Z. and Damayanti, S. (2024). Strategi Pemasaran Green Marketing dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Okayu Galeri Cafe Kertosono. Prosiding Simposium Nasional Manajemen dan Bisnis, 3, pp. 213–221. Available at: https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/simanis/article/view/4638.

Ruhana, A. et al. (2024). Analisis Standar Pelayanan Minimal Instalasi Gizi di Surabaya Raya’.

Setyawan, E.A., Hidayati, N. and Fitria, F. (2023). Capaian Standart Pelayanan Minimal Gizi Di RSUD Ngimbang Lamongan. Jurnal Infokes: Info Kesehatan, 13(01), pp. 581–589. Available at: https://jurnal.ikbis.ac.id/index.php/infokes/article/view/464.

Supriyono, Setyaningrum, Y.I. and Nirbaya, A. (2023). Hubungan Sikap Ahli Gizi , Sikap Pramusaji dan Cita Rasa Makanan Terhadap Kepuasan Pasien. Svasta Harena: Jurnal Ilmiah Gizi, 4(1), pp. 16–25. doi:https://doi.org/10.33860/shjig.v2i1.

Triyanti Permatasari, A.W. (2021). Pelayanan Gizi Rumah Sakit di masa Pandemi Covid-19. Jurmal Medika Hutama, 03(01), pp. 1417–1425. Available at: https://jurnalmedikahutama.com/index.php/JMH/article/view/288.

Triyanto, A. (2022). Hubungan Antara Ketepatan Waktu Penyajian Makanan Dan Rasa Makanan Dengan Sisa Makanan Pasien Umum Rsud Raa Soewondo Kabupaten Pati. Jurnal Kediklatan Widya Praja, 2(1).

Utomo, A.Y.S., Widjanarko, B. and Shaluhiyah, Z. (2023). Mutu Pelayanan dengan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit : Literature Review. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 6(9), pp. 1708–1714. doi:https://doi.org/10.56338/mppki.v6i9.3720.

Wahono, B.B. (2020). Analisis Kesesuaian Besar Porsi dengan Standar Porsi Menu Main Course Terhadap Kepuasan Konsumen di Verve Bistro And Coffee Bar Semarang. Unika Soegijapranata Semarang. Available at: https://repository.unika.ac.id/id/eprint/25184.

Weraman, P. et al. (2023). The Relationship Between Patient Satisfaction from Food Quality and Health Clinic Cleanliness. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(12), pp. 10740–10749. doi:10.29303/jppipa.v9i12.5961.

Widarini, N.K. (2021). Hubungan Ketepatan Waktu Penyajian dan Ketepatan Porsi Dengan Sisa Makan Pasien di Rumah Sakit. Poltekkes Kemenkes Denpasar. Available at: https://repository.poltekkes-denpasar.ac.id/id/eprint/8238.

Widyasari, A.L. (2021). Pengaruh Modifikasi Resep Lauk Nabati terhadap Sisa Makanan Pasien di Ruang Rawat Inap Kelas III RSU Dr. H. Koesnadi Bondowoso di Kota Bondowoso (Effect of Modification of Vegetable Side Dish Recipes on Plate Waste of Patients in Class III Inpatients of D. Darussalam Nutrition Journal, Mei, 5(1), pp. 20–27. doi:https://doi.org/10.21111/dnj.v5i1.4780.

World Health Organization (2020). Quality Health Service. Available at: http://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/quality-health-services.

Zabetakis, I. et al. (2020). COVID-19: The Inflammation Link and The Role of Nutrition in Potential Mitigation. Nutrients, 12(5), p. 1466. doi:https://doi.org/10.3390/nu12051466.




DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jgkp.v6i1.31197

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Ajeng Risma Dewanti, Amalia Ruhana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

---------------------------------------------------------------------------------------
Jurnal Gizi Kerja dan Produktivitas
Published by Department of Nutrition, Faculty of Medicine, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Address: Jl. Raya Jakarta Km 4 Pakupatan Kota Serang Provinsi Banten
WA Admin : +62 878-8808-7061
Email: jurnal.ilmugizi[at]untirta.ac.id
 

 

View My Stats