KOMUNIKASI KEBENCANAAN BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH (BPBD) KOTA TANJUNGPINANG UNTUK MENINGKATKAN PERAN GENERASI Z

Anggia Sagita, Taliana Tantri

Abstract


Komunikasi kebencanaan Badan Peanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tanjungpinang untuk meningkatkan peran Gen Z. Indonesia adalah negara yang sering mengalami bencana alam, karena letak geografisnya menunjukkan fakta tersebut. Pentingnya penanggulangan bencana yang efektif, salah satunya yaitu komunikasi yang efektif karena komunikasi adalah hal yang menjadi dasar yang penting dalam pengendalian bencana, kemajuan teknologi yang diaplikasikan dan keterbatasan anggaran yang tidak mencukupi, akan tidak berguna berguna apabila komunikasi yang sudah tidak berjalan dengan efektif. Maksud dari tujuan penelitian ini guna mengidentifikasi apakah komunikasi yang dilakukan oleh BPBD Kota Tanjungpinang dalam meningkatkan peran generasi Z, guna meningkatkan rasa kepedulian generasi Z terhadapa lingkungan sekitar yang terkena dampak bencana di Kota Tanjungpinang. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif pada umumnya dilakukan dalam bentuk studi kasus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan cara pengumpulan data yakni dengan melakukan observasi, dan wawancara. Observasi dilakukan berupa pemantauan terhadap media komunikasi yang dilakukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kepulauan Riau melalui media social. Peneliti melakukan Wawancara kepada pihak Ketua Bidang Pasca Bencana BPBD Provinsi Kepulauan Riau. walaupun demikian, BPBD Kota Tanjungpinang juga belum berhasil seutuhnya untuk meningkatkan peran Generasi Z di Kota Tanjungpinang ini disebabkan sedikit kendala, oleh karena itu perlunya untuk meningkatkan program komunikasi yang efektif dan tepat incaran dalam penggunaan media sosial.


Full Text:

PDF 19-31

References


Baseri, H., Jarmie, M. Y., & Anhar, D. (2017). Efektivitas Komunikasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar dalam Mengurangi Resiko Bencana Banjir di Kabupaten Banjar. Al-KALAM: Jurnal Komunikasi, Bisnis dan Manajemen, 4(1): 1-19.

BPBD.KEPRI.Prov. Sampai Juni Ada 275 Kejadian Bencana di Kepri, Paling Banyak di Tanjungpinang. https://bpbd.kepriprov.go.id/baca/Sampai+Juni+Ada+275+Kejadian+Bencana+di+Kepri%2C+Paling+Banyak+di+Tanjungpinang.phtml.

BPBD-KEPRI-Provinsi Kepri. https://bpbd.kepriprov.go.id/profil.phtml, Diakses pada 11 November 2023.

Detikedu. (08 Februari 2023). 10 Negara Rawan Bencana di Dunia, Indonesia Masuk Daftar. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6558438/10-negara-rawan-bencana-di-dunia-indonesia-masuk-daftar/amp. Diakses pada 09 November 2023.

Hardiyanto, S., Pulungan, D. (2019). Komunikasi Efektif sebagai Upaya Penanggulangan Bencana Alam di Kota Padangsidimpuan. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1): 30-39.

Khatami, M. I. (2020). Komunikasi Bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul (Studi Kasus Bencana Alam Banjir di Kabupaten Bantul Pada Tahun 2019). Doctoral Dissertation. Universitas Muhammadiyah. Yogyakarta.

Murliana, M., Fauziah, N., & Meilina, M. (2019). Komunikasi dalam Penanggulangan Bencana oleh Badan Nasional Penaggulangan Bencana (BNPB) Melalui Pendekatan Budaya. Jurnal Daring Mahasiswa Komunikasi, 1(1): 34-41.

Pemerintah Daerah Kota Tanjungpinang. (2007). Peraturan Daerah Kota Tanjungpinang Nomor 24 Tahun 2007 Tentang Penanggulangan Bencana Alam. Tanjungpinang.

Pemerintah Daerah Kota Tanjungpinang. (2010). Peraturan Daerah Kota Tanjungpinang Nomor 6 Tahun 2010 Tentang Mendirikan BPBD Kota Tanjungpinang. Tanjungpinang.

Pemerintah Republik Indonesia. Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 Tentang Penanggulangan Bencana. Jakarta.

Qolbi, R. (2020). Perencanaan Komunikasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Riau dalam Menangani Penyebaran Covid-19 di Pekanbaru. Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS), 9(2): 551-566.

Rastati, R. (2018). Media Literasi bagi Digital Natives: Perspektif Generasi Z di Jakarta. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(1): 60-73.

Sakitri, G. (2021, July). Selamat Datang Gen Z, Sang Penggerak Inovasi!. In Forum Manajemen (Vol. 35, No. 2, pp. 1-10).

Tanjungpinang Kota. (03 Maret 2023). Seharian Rahma Tinjau Belasan Titik Kejadian Bencana. https://www.tanjungpinangkota.go.id/berita/seharian-rahma-tinjau-belasan-titik-kejadian-bencana. Diakses pada 09 November 2023.

ULASAN.CO. (16 November 2021). Penyebab Banjir di Tanjungpinang, DLH: Alih Fungsi Lahan dan Perilaku Masyarakat. Diakses pada 11 November 2023. Diakses pada 11 November 2023. https://ulasan.co/penyebab-banjir-di-tanjungpinang-dlh-alih-fungsi-lahan-dan-perilaku-masyarakat/

Wandi, D., Adha, S., Asriyah, I. (2019). Pengaruh Komunikasi Terhadap Kinerja Pegawai pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten. Jurnal Ekonomi Vokasi, 2(2): 18-30.




DOI: http://dx.doi.org/10.31506/jipags.v8i2.23460

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
View My Stats
Free Website Statistics
 
Creative Commons License

Journal of Indonesian Public Administration and Governance Studies is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
  
Copyright © 2019 Journal of Indonesian Public Administration and Governance Studies (JIPAGS). All rights reserved.