ETIKA PELAYANAN PUBLIK PADA ANGKOT SI BENTENG DI KOTA TANGERANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui etika pelayanan publik pada Angkot Si Benteng di Kota Tangerang. Pemberi layanan pada Angkot Si Benteng adalah sopir sebagai pengemudi Angkot Si Benteng sehingga terfokus pada bagaimana etika sopir Angkot Si Benteng saat memberikan pelayanan kepada masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian dalam penelitian kualitatif adalah peneliti sendiri. Teknik analisis data menggunakan analisis data dari Miles, Huberman, dan Saldana (2014), yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa etika pelayanan publik yang di terapkan pada Angkot Si Benteng Kota Tangerang belum sesuai prosedur yang berlaku atau standar operasional apabila di tinjau dari aspek: 1) Equality (kesetaraan), sudah baik dalam memberikan akses yang setara kepada semua penumpang tanpa diskriminasi sosial atau ekonomi dengan tarif yang terjangkau; 2) Equity (keadilan) cukup baik karena masih terdapat beberapa pengemudi yang belum sepenuhnya adil kepada semua penumpang; 3) Loyality (kesetiaan), cukup baik kepuasan masyarakat yang menggunakan layanan Angkot Si Benteng, memiliki catatan mengenai keramahan dan kebersihan yang bisa ditingkatkan; 4) Responsibility (pertanggungjawaban) sudah baik kepuasan masyarakat terhadap etika tanggung jawab pengemudi menunjukkan bahwa pelayanan telah dilakukan dengan baik. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah etika pelayanan publik pada Angkot Si Benteng, antara lain mengadakan pelatihan dan sosialisasi tentang etika pelayanan publik dan pentingnya menjaga standar pelayanan yang tinggi, serta membuat peraturan yang jelas mengenai standar pelayanan dan etika bagi pengemudi Angkot Si Benteng.
Full Text:
PDF 14-22References
Akhyar, A. (2022). Etika Pelayanan Publik Pada Kantor Imigrasi Kelas III Kota Bima. Jurnal PenKoMi: Kajian Pendidikan dan Ekonomi, 5(2), 173-183. https://doi.org/10.33627/pk.52.861.
Badriah, L. (2023). Etika Administrasi Publik Pada Penggusuran Paksa dalam Rangka Pembangunan Fasilitas Publik. Journal of Social Science Research, 3, 9725–9734.
Bambang, S., & Yan, K. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan Publik pada Politeknik Pelayaran Surabaya. Jurnal Baruna Horizon, 3 (2): 223-229. https://doi.org/10.52310/jbhorizon.v3i2.42.
Bisri, M. H., & Asmoro, B. T. (2019). Etika Pelayanan Publik di Indonesia. Journal of Governance Innovation, 1(1), 59–76. Https://Doi.Org/10.36636/Jogiv.V1i1.298.
Budiman., Ferlan Farhanuddin, A., Ayulia Putri Setia, A., Jauza, D. (2022). Penerapan Etika Pelayanan Publik dalam Mewujudkan Good Governance. In Jurnal Ilmu Sosial, Vol. 19(1): 64-74. https://doi.org/10.54783/dialektika.v19i1.65.
Erlianti, D., (2019). Kualitas Pelayanan Publik. JAPABIS: Jurnal Administrasi Publik dan Bisnis, 1(1): 9-18. https://doi.org/10.36917/japabis.v1i1.3 .
Febrianti, N. (2021). Etika Pelayanan Publik pada Kantor Lurah Sidomulyo Barat Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Skripsi. Universitas Islam Riau.
Halisa, N., & Kadir Adys, A. (N.D.). Etika Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Tanete Riaja Kabupaten Barru, 3(5): 1315-1327. https://Journal.Unismuh.Ac.Id/Index.Php/Kimap/Index,
Hayat. (2019). Manajemen Pelayanan Publik. Jakarta: Rajawali Pers.
Hidayati Indra Ningsih, N., & Gelora Jehadianti, O. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan pada Pelayanan Pendaftaran dan Pengurusan Perkara di Pengadilan Tata Usaha Negara Mataram. Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 7(1): 13-24. https://doi.org/10.31764/jiap.v7i1.772.
Hudiarini, S. (2017). Penyertaan Etika Bagi Masyarakat Akademik di Kalangan Dunia Pendidikan Tinggi. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 2(1), 1–13. https://doi.org/10.21067/jmk.v2i1.1699.
Idn Times Banten. (25 Juli 2024). Rute Trayek Bus Tayo Dan Angkot Si Benteng Di Kota Tangerang. Https://Banten.Idntimes.Com/News/Banten/Muhammad-Iqbal-15/Rute-Trayek-Bus-Tayo-Dan-Angkot-Si-Benteng-Di-Kota-Tangerang, diakses 31 Juli 2024.
Kabran, J. P. (2021). Etika Pelayanan Publik dalam Implementasi Pelayanan Perekaman E-KTP (Studi di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kaimana). Skripsi. Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Islam Malang.
Miles, M.B, Huberman, A.M, & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A. Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications.
Nuzullani, I. (2023). Implementasi Strategi Dinas Perhubungan Kota Tangerang dalam Pengelolaan Angkutan Kota Si Benteng. Skripsi. Universitas Islam Syekh Yusuf.
Rokhman, B., Kurniasih, D., Tobirin. (2023). Implementasi Etika Administrasi Publik dalam Pencapaian Good Governence di Indonesia. Jurnal Ekonomi, Koperasi & Kewirausahaan, 14 (7): 915-924. https://doi.org/10.59188/covalue.v14i7.3950.
Sadhana, Kridawati. (2010). Etika Birokrasi Dalam Pelayanan Publik. Malang: CV. Citra Malang.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Syahbana, A., & Indriaty, L. (2021). Analisa Penerapan Etika Pegawai Dalam Pelaksanaan Pelayanan Publik di Kelurahan Maro Kabupaten Merauke. Jurnal Hukum Ius Publicum, 1(I), 76–82. https://doi.org/10.55551/jip.v1iI.8.
Utami, Pri., Liani, F. (2023). Kualitas Pelayanan Publik dalam Pembuatan E-KTP di Kecamatan Balaraja Kabupaten Tangerang dan Kecamatan Ciledug Kota Tangerang. Jurnal Ilmu Administrasi Dan Informasi (Junaidi), 3(1): 1-12. https://ejournal.stiabpd.ac.id/index.php/junaidi/article/view/27.
Widiaswi, Roro Rukmini. (2022). Etika Administrasi Publik Dalam Penyelenggaraan Tata Kelola Di Indonesia. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 16(2): 600-608. http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i2.922.
DOI: http://dx.doi.org/10.31506/jipags.v9i1.28447
Refbacks
- There are currently no refbacks.