PUBLIC SERVICE QUALITY: LAYANAN SAMSAT KOTA MAGELANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kualitas pelayanan publik di SAMSAT Kota Magelang dan mengukur sejauh mana pelayanan yang diberikan telah memenuhi harapan masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik survei terhadap 100 responden pengguna layanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden menilai kualitas pelayanan sudah baik, khususnya pada indikator keandalan, daya tanggap, personalisasi, dan bukti fisik. Pegawai dinilai telah terlatih, ramah, dan mampu memberikan layanan tepat waktu. Meski demikian, ada beberapa responden yang memberikan tanggapan netral, hal ini mengindikasikan perlu adanya upaya peningkatan pada aspek personalisasi layanan dan fasilitas fisik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa meskipun kualitas layanan di SAMSAT Kota Magelang secara umum sudah baik, namun diperlukan upaya perbaikan untuk mencapai pelayanan yang lebih optimal sesuai dengan ekspektasi masyarakat.
Full Text:
PDF 93-113References
Ali, M. M. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Penerapan Nya Dalam Penelitian. JPIB: Jurnal Penelitian Ibnu Rusyd, 1(2), 1–5. https://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/jpib/article/view/86.
DataGo. (2024). Daerah Dalam Angka Kota Magelang 2024 Semester dan II. datago.magelangkota.go.id. Retrieved from https://datago.magelangkota.go.id/frontend/item-dda?item=7589.
Hardiyansyah. (2018). Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media.
Juniarso Ridwan, & Achmad Sodik Sudrajat. (2020). Hukum Administrasi Negara dan Kebijakan Layanan Publik. Bandung: Nuansa Cendekia.
Lestari, R. A., & Santoso, S. A. (2022). Pelayanan Publik dalam Good Governance. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Juispol), 2(1): 43-55. http://dx.doi.org/10.30742/juispol.v2i1.2134.
Mas’Ud, F. (2004). Survai Diagnosis Organisasional (Konsep dan Aplikasi). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Mittal, B., & Lassar, W. M. (1996). The Role of Personalization in Service Encounters. Journal of Retailing, 72(1), 95–109.
Muhammad Sawir. (2020). Birokrasi Pelayanan Publik. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Pangkey, & Rantung, M. I. R. (2023). Manajemen Pelayanan Publik. Surakarta: Tahta Media.
Sihotang, J. S. (2023). Good Governance dalam Pelayanan Publik. Trending: Jurnal Manajemen Dan Ekonomi, 1(2), 188–201. https://doi.org/10.30640/trending.v1i2.880.
Sugiyono. (2017). Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.
Wibowo, A. A., & Kertati, I. (2022). Reformasi Birokrasi dan Pelayanan Publik. Public Service And Governance Journal, 3(1): 1-13. http://dx.doi.org/10.56444/psgj.v3i01.2785.
Yusriardi. (2018). Reformasi Birokrasi dalam Pelayanan Publik. Yogyakarta: CV Budi Utama.
DOI: http://dx.doi.org/10.31506/jipags.v9i1.30618
Refbacks
- There are currently no refbacks.