Penerapan metode six sigma dalam pengendalian kualitas di industri tekstil PT XYZ

Dyah Lintang Trenggonowati, Asep Ridwan, Maria Ulfah, Lely Herlina, Achmad Bahauddin, Ratna Ekawati, Faula Arina, Putro Ferro Ferdinant, Atia Sonda, Adhitya Rahadian Fachrur

Abstract


Perkembangan dunia industri sekarang mengakibatkan semakin banyaknya persaingan dalam dunia industri khususnya bidang tekstil. Dalam persaingan yang semakin ketat ini, perusahaan harus perusahaan harus mampu mempertahankan jumlah pelanggan dengan cara menjaga kualitas produk. PT. XYZ merupakan salah satu perusahaan industri penenunan label yang terletak di Tangerang Banten Indonesia, dengan produk yang paling banyak diproduksi adalah woven label. Banyaknya permintaan dari produk woven label ini diperlukan kualitas yang baik untuk memenuhi kriteria konsumennya. Oleh karena itu, diperlukan proses produksi yang juga sesuai dengan prosedur yang ditetapkan. Permasalahan yang terdapat pada PT. XYZ adalah banyaknya produk reject pada bagian produksi dan finishing. Hal ini ditunjukan pada data reject yang terjadi di bulan Desember 2021 sebanyak 1.285.876 dozen dan proses produksi yang belum terkendali secara statistic karena banyaknya jenis cacat (CTQ) sebesar 19 jenis. Banyaknya reject woven label ini mengakibatkan produksi tidak sesuai yang dijadwalkan, biaya operasional bertambah dan keuntunganpun bisa menurun. Oleh karena itu, PT. XYZ perlu melakukan perbaikan pengendalian kualitas yang salah satu caranya dengan metode Six Sigma. Tahapan pengendalian metode six sigma dilakukan dengan melakukan tahapan DMAI atau Define, Measure, Analyze, dan Improve. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh nilai DPMO sebesar 2454,102 dan nilai sigma 4,318 yang berarti perusahaan merupakan rata-rata industri USA. Usulan yang peneliti berikan untuk PT. XYZ untuk mengurangi kecacatan yaitu dengan menetapkan settingan tension beam yang tepat disetiap produksi, membuat desain garis untuk pemotongan agar saat dipotong, garis tepi dapat lurus,  menyamakan persepsi atau membuat standar terkait reject PGM, operator mengontrol mesin setiap beberapa menit, dan mengganti benang yang sudah mau putus, agar mesin distop manual.

Full Text:

PDF PDF

References


F. Al Choir, “Pelaksanaan quality control produksi untuk mencapai kualitas produk yang meningkat (Studi Kasus PT. Gaya Indah Kharisma Kota Tangerang),” Jurnal Pemasaran Kompetitif, vol. 1, no. 4, 2018, doi: 10.32493/jpkpk.v1i4.1545.

H. Sirine and E. P. Kurniawati, “Pengendalian Kualitas Menggunakan Metode Six Sigma (Studi Kasus pada PT Diras Concept Sukoharjo),” Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship (AJIE), vol. 2, no. 03, pp. 254–290, 2017, Accessed: Nov. 25, 2022. [Online]. Available: https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/8969

S. M. Fitria and N. Novita, “Six Sigma Sebagai Strategi Bisnis Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Produk,” Jati: Jurnal Akuntansi Terapan Indonesia, vol. 3, no. 1, 2020, doi: 10.18196/jati.030121.

D. C. Montgomery, Introduction to Statistical Quality Control. John Wiley & Sons, 2020. Accessed: Nov. 25, 2022. [Online]. Available: https://www.wiley.com/en-us/Introduction+to+Statistical+Quality+Control%2C+8th+Edition-p-9781119399308

S. A. Puzianti, T. Pujianto, and R. Kastaman, “Analisis pengendalian mutu frutivez pada PT. Sabusi dengan pendekatan Statistical Process ControL (SPC),” Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, vol. 8, no. 1, p. 132, Jan. 2022, doi: 10.25157/ma.v8i1.6243.

Ndaru Prasastono and Sri Yulianto Fajar Pradapa, “Kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Kentucky Fried Chicken Semarang Candi,” Jurnal Ilmiah Dinamika Kepariwisataan, vol. 11, no. 2, 2012, Accessed: Nov. 25, 2022. [Online]. Available: https://unisbank.ac.id/ojs/index.php/pdk1/article/view/1716

R. Ratnadi and E. Suprianto, “Pengendalian kualitas produksi menggunakan alat bantu statistik (seven tools) dalam upaya menekan tingkat kerusakan produk,” Jurnal Industri Elektro dan Penerbangan, vol. 6, no. 2, 2016, Accessed: Nov. 25, 2022. [Online]. Available: https://jurnal.unnur.ac.id/index.php/indept/article/view/178/0

D Tumanan and Yudha R. N. Poniran, “Analisis pengendalian kualitas kemasan dan produk air galon 19 liter dengan metode six sigma pada CV Lestari Multi Usaha,” ARIKA, vol. 10, no. 2, pp. 117–128, 2016, doi: 10.30598/arika.2016.10.2.117.

V. Devani and Fitri Wahyuni, “Pengendalian kualitas kertas dengan menggunakan Statistical Process Control di Paper Machine 3,” Jurnal Ilmiah Teknik Industri, vol. 15, no. 2, pp. 87–93, 2013, Accessed: Nov. 25, 2022. [Online]. Available: https://journals.ums.ac.id/index.php/jiti/article/view/1504

V. Meylani, Purwati Kuswarini, and Nurhidayah Nurhidayah, “Pengaruh model Problem Based Learning dibantu fishbone diagram terhadap keterampilan proses sains Biologi peserta didik di SMA Negeri 1 Karangnunggal,” EKSAKTA: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA, vol. 3, no. 2, 2018, doi: 10.31604/eksakta.v3i2.%p.

J. Robert, “An introduction to six sigma and process improvement-pengantar six sigma,” Universitas Indonesia Library, 2022. https://lib.ui.ac.id/detail.jsp?id=137179 (accessed Nov. 25, 2022).

B. Yanuarsih, Sri Widaningrum, and M. Iqbal, “Minimasi waste defect di pt eksonindo multi product industry dengan pendekatan lean six sigma,” JRSI (Jurnal Rekayasa Sistem dan Industri), vol. 1, no. 02, pp. 34–40, 2014, Accessed: Nov. 25, 2022. [Online]. Available: https://jrsi.sie.telkomuniversity.ac.id/index.php/JRSI/article/view/129




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/joseam.v1i1.17587

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


is supported by

 

 

 

This work is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International