Pengaruh Penerapan Program Corporate Culture Purpose (CCP) Terhadap Budaya Kerja Pegawai Dalam Mencapai Kondisi Zero Accident (Studi Kasus: PT PLN Indonesia Power Pltu Banten 2 Labuan Pgu)

Akbar Gunawan, Rizki Akbari, Dhena Ria Barleany, Putiri Buana Khatili, Ade Irman SM, Hadi Setiawan

Abstract


Kesehatan dan keselamatan kerja (K3) merupakan suatu aspek yang sangat penting dalam kegiatan operasional suatu perusahaan. Penerapan sistem keselamatan dan kesehatan kerja (K3) di perusahaan pembangkit listrik tentu saja perlu dilakukan untuk menjaga produktivitas dan keselamatan kerja pegawai. Berdasarkan permasalah yang dialami perusahaan. PT Indonesia Power PLTU Banten 2 Labuan PGU berupaya meningkatkan kualitas kerja pegawai serta berusaha untuk menanamkan budaya peduli terhadap aspek K3 pada lingkungan kerjanya dengan menerapkan program CCP. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Permasalahan Yang Dialami Perusahaan dalam Mencapai Kondisi Zero Accident di PT PLN Indonesia Power, Upaya Perusahaan Dalam Mencapai Kondisi Zero Accident Mengetahui Pengaruh Penerapan Program CCP terhadap Budaya Kerja Pegawai dalam Mencapai Kondisi Zero Accident. Proses mengolah data yang sudah dikumpulkan dengan melakukan perhitungan statistika seperti uji kecukupan data, uji validitas, uji reliabilitas, analisa regresi linear berganda, serta memberikan usulan perbaikan. secara simultan variabel X1, X2, X3, X4 dan X5 berpengaruh terhadap variabel Y. Besarnya pengaruh setiap variabel bebas secara parsial yaitu X1 sebesar 14.9%, X2 sebesar 11.1%, X3 15.1%, X4 sebesar 0.4% terhadap Y dan X5 sebesar 6.8%. Total pengaruh program pelaksanaan CCP terhadap budaya kerja pegawai adalah sebesar sebesar 48,3%

 


Full Text:

PDF

References


Andriani, N. Y., & Dewatmoko, S. (2022). Implementasi Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Pada Bagian Stockfit Di Pt Pratama Abadi Industri Kabupaten Sukabumi. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Manajemen (Eko-Bisma), 1(1), 30-41.

Aprila, N. (2021). Implementasi Perlindungan Hukum Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Terhadap Pegawai Di PT Systema Precision Indonesia Berdasarkan Uu Nomor 1 Tahun 1970 Tentang Keselamatan Kerja (Bachelor thesis, Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)..

Arifin, M. (2017). Strategi Manajemen perubahan dalam meningkatkan disiplin di perguruan tinggi. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(1).

Firmansyah, A. (2017). Penerapan Manajemen Perubahan Pada Manajemen Proyek ERP di Universitas Xyx Dengan Metoda Prosci ADKAR. Jurnal SIGMA, 8(4), 275-280.

Fitriani, R., & Sugiyono, S. (2018). Perilaku Peduli Lingkungan Pada Siswa Kelas X Sma Muhammadiyah 1 Yogykarta. Journal of Culinary Education and Technology, 7(2).

Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis multivariete dengan program IBM SPSS 23.

Indra, A., & Woestho, C. (2023). Analisis Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Dan Disiplin Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai Pada PT. Datascrip Pulo Gadung. Jurnal Bisnis & Ekonomi, 1(1), 100-116.

Istiantara, D. T. (2019). Pengembangan manajemen sumber daya manusia berbasis kompetensi guna meningkatkan kinerja pegawai dan dosen polikteknik perkeretaapian Indonesia. Jurnal Perkeretaapian Indonesia (Indonesian Railway Journal), 3(2).

Juliandi, A., & Manurung, S. (2014). Metodologi Penelitian Bisnis, Konsep dan Aplikasi: Sukses Menulis Skripsi & Tesis Mandiri. Umsu Press.

Nabiela, N. Z., & Yuana, P. (2022). Implementasi Change Manajement Menggunakan Awareness, Desire, Knowledge, Ability, Reinforcement (ADKAR) Approach Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai. Jurnal Kewirausahaan dan Inovasi, 1(3).

Noor, S. (2014). Penerapan Analisis Swot Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Daihatsu Luxio Di Malang (Studi Kasus Pada Pt. Astra International Tbk.–Daihatsu Malang). Jurnal Intekna: Informasi Teknik Dan Niaga, 14(2).

Rahman, Muhammad Fajar Wahyudi, and Kistyanto, Anang. (2019). Hubungan Antara Iklim Psikologis terhadap Kinerja Pegawai Melalui Kepuasan Kerja, 12 (2): 410–429.

Samsuni. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jurnal Ilmiah Keislaman dan Kemasyarakatan 17(31): 115-123.

Saraswati, Y., Ridwan, A., & Iwan Candra, A. (2020). Analisis Penerapan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Pembangunan Gedung Kuliah Bersama Kampus C Unair Surabaya. J. Manaj. Teknol. Tek. Sipil, 3(2), 247-260

Sedarmayanti. (2017). Perencanaan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Untuk Meningkatkan Kompetensi, Kinerja, Dan Produktivitas Kerja.

Wahyuni, N., Suyadi, B., & Hartanto, W. (2018). Pengaruh keselamatan dan kesehatan kerja (K3) terhadap produktivitas kerja Pegawai pada PT. Kutai Timber Indonesia. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 12(1), 99-104




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/joseam.v2i2.22202

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Universitas Sultan Ageng Tirtayasa