Analisis Manajemen Risiko Rantai Pasok Pada PT BLKP dengan Metode House of Risk

Dyah Lintang Trenggonowati, Maria Ulfah

Abstract


PT. BLKP merupakan perusahaan yang bergerak di  bidang manufaktur, bahan bangunan yang fokus pada produk–produk seperti truss, reng, hollow, spandeck, dan genteng metal dengan menggunakan bahan baku baja ringan yang merupakan bahan pengganti kayu dan tanah liat paling popular dalam dunia bahan bangunan. Dalam menjalankan produksinya PT. BLKP ini mempunyai risiko-risiko yang mungkin terjadi pada bagian rantai pasoknya. Untuk mencengah risiko yang mungkin terjadi perlu dilakukan analisis risiko. Metode yang dapat digunakan yaitu seperti pendekatan tabel SCOR, metode HOR, dan diagram pareto. Dari metode yang telah diterapkan untuk menganalisis risiko rantai pasok pada PT. BLKP ini, didapatkan bahwa agen risiko prioritas yaitu terjadi karena tenaga kerja kurang kompeten dan evaluasi teknis dalam prosedur kerja kurang. Dari kedua agen risiko tersebut langkah mitigasi yang perlu dilakukan yaitu melakukan pelatihan skill dan kedisiplinan kerja, melakukan perekrutan pekerja yang lebih selektif dan ketat, penempatan pekerja sesuai dengan keahlian, melakukan pengawasan secara berkala, dan pembuatan standar operasional prosedur perusahaan.


Full Text:

PDF

References


C. A. Choerul, "Manajemen Konflik untuk Menciptakan Komunikasi yang Efektif (Studi Kasus di Departemen Purchasing PT. Sumi Rubber Indonesia)," J. Interaksi, vol. 4, no. 2, pp. 148-157, 2015.

A. C. Dwipo and S. Agus, "Analisis Peranan Purchasing Terhadap Proses Pengadaan Barang di Hotel Lorin Solo," J. Pariwisata Indonesia, vol. 10, no. 2, pp. 1-23, 2015.

S. A. Frisheila and D. A. Rahmaniyah, "Penerapan Value Stream Mapping (VSM) Sebagai Upaya Untuk Mengurangi Keterlambatan Proses Procurement di PT X," J. Performa, vol. 17, no. 8, pp. 61-70, 2018.

M. Mahyudin and Suradi, "Pentingnya Komunikasi Receiving Dengan Purchasing Saat Penerimaan Barang Guna Meminimalisir Terjadinya Kesalahan Di Hotel Grand Aston Yogyakarta," J. Khasanah Ilmu, vol. 9, no. 1, pp. 72-83, 2018.

A. U. Maulana, P. Darminto, and A. W. Purnawan, "Perancangan Model Pemilihan Supplier Produk Cetakan dengan Menggunakan Grey Based Topsis (Studi Kasus: Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang)," J. Tek. Ind., vol. 13, no. 2, pp. 99-108, 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/joseam.v2i2.22229

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Universitas Sultan Ageng Tirtayasa