IDENTIFIKASI KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) DENGAN METODE HIRARC DAN FTA PADA PT PLN INDONESIA POWER SURALAYA

Nustin Merdiana Dewantari, Nadienda Erwidia Putri, Bobby Kurniawan, Yayan Hary Yadi, Dyah Lintang Trenggonowati, Lovely Lady, Ade Irman Saeful Mutaqin

Abstract


Sebagai perusahaan pembangkit listrik PT PLN Indonesia Power dapat dianggap sebagai tempat kerja dengan tingkat risiko yang tinggi, di mana prosedur kerja yang aman diperlukan, karena pekerja menghadapi risiko ini dan tergantung pada sifat tugas dan pekerjaan. Salah satunya pada aktivitas pemasangan rolling door dan kabel conveyor. Identifikasi bahaya dan penilaian risiko serta pengendalian dilakukan untuk mencegah dan mengurangi potensi terjadinya kecelakaan kerja agar perusahaan mencapai tujuan program K3 yaitu zero accident.  Penggunaan metode HIRARC berfungsi untuk identifikasi bahaya yang terjadi dalam aktivitas di perusahaan yang diharapkan dapat dilakukan usaha untuk pencegahan dan pengurangan terjadinya kecelakaan kerja yang terjadi di perusahaan dengan melakukan pengendalian risiko yang dilakukan. Selain itu, penggunaan metode FTA dapat dilakukan untuk mencari tau akar penyebab tertinggi dari bahaya tertinggi yang didapatkan dilapangan. Dari hasil yang didapatkan terdapat 6 potensi bahaya pada aktivitas pemasangan rolling door dengan terdapat 3 hazard yang berisiko rendah, 1 hazard berisiko sedang, dan 2 hazard berisiko extreme, dan 10 potensi bahaya pada pemasangan kabel conveyor dengan 4 hazard yang berisiko rendah, 1 hazard berisiko sedang, 2 hazard berisiko tinggi, dan 3 hazard berisiko extreme. Dari kedua aktivitas tersebut potensi bahaya yang memiliki kriteria bahaya tertinggi ialah jatuh dari ketinggian, bahaya listrik, dan jatuh dari ketinggian. Akar penyebab bahaya tertinggi dari 3 potensi bahaya yaitu faktor pekerja, faktor peralatan, dan faktor lingkungan. 

 


Full Text:

PDF

References


Supriyadi and F. Ramdan, "Boiler Menggunakan Metode Hazard Identification Risk Assessment and Risk Control (HIRARC)," Journal of Industrial Hygiene and Occupational Health, vol. 1, no. 2, pp. 161–178, 2017.

Hutabarat, "Analisis Bahaya Area Boiler Pada Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Labuhan Angin Di Kabupaten Tapanuli Tengah Tahun 2017," Universitas Sumatera Utara, 2017.

A. Santoso and N. L. P. Sulistiyani, "Analisis Implementasi Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) di Industri Manufaktur," Jurnal Teknik Industri, vol. 22, no. 2, pp. 75-85, 2020.

S. N. Trisaid, "Analisis risiko kecelakaan kerja pada kegiatan rig service menggunakan metode HIRARC dengan pendekatan FTA," Jurnal Ilmiah Teknik Industri, vol. 8, no. 1, 2020.

"Standard Australia License. AS/NZS 4360:1999. Risk

Management in Security Risk Analysis. Brisbane: ISMCPI, 1999.

H. Pradipta et al., "Analisa Kesehatan Dan Keselamatan Kerja Proyek Menggunakan Fault Tree Analysis (FTA) (Study Kasus Pada Proyek Jalan Hotmix Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sumbawa)," Jurnal Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil, 2015.

N. Djamal and R. Azizi, "Identifikasi Dan Rencana Perbaikan Penyebab Delay Produksi Melting Proses Dengan Konsep Fault Tree Analysis (FTA) di PT. XYZ," Jurnal Intech Teknik Industri, vol. 1, no. 1, pp. 34-45, 2015.

Andiyani et al., "Analisis Penerapan Keselamatan Kerja Menggunakan Metode Hazard Identification Risk Assessment (HIRA) Dengan Pendekatan Fault Tree Analysis (FTA)," Journal Industrial Servicess, vol. 3c, no. 1, pp. 293-300, 2017.

Yulhendra, "Penerapan Metode HIRARC dalam Menganalisis Risiko Bahaya dan Upaya Pengendalian Kecelakaan Kerja di Area Crusher dan Belt Conveyor PT. Semen Padang," Jurnal Bina Tambang, vol. 8, no. 1, pp. 203-213, 2023.

F. Ramadhan, "Analisis Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Menggunakan Metode Hazard Identification Risk Assessment and Risk Control (HIRARC)," pp. 164-169, 2017.

Indrayani, "Analisis Risiko Keselamatan Kerja Pada Proyek Pengembangan Bandara Internasional Juanda Terminal 2 Surabaya," Jurnal IKESMA, vol. 13, no. 2, pp. 77 – 93, 2017.

OSH, "Materi Pelajaran Keselamatan dan Kesehatan Kerja Tenaga Kerja Asing –Bidang Konstruksi. Jakarta: Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigras," 2010.

Setyono et al., "Analisis Penerapan Sistem Manajemem Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (SMK3) Pada Proyek Pembangunan Gedung Kantor Balai Permasyarakatan Kelas 1 Denpasar," Repositori Politeknik Negeri Bali, 2022.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/joseam.v2i2.22294

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Universitas Sultan Ageng Tirtayasa