Pengukuran Keputusan Pemilihan Supplier Dengan Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) di PT XYZ

Windhi Nuhesti Yuwandhini, Anting Wulandari

Abstract


PT XYZ merupakan suatu perusahaan yang bergerak di industri pembuatan kertas. PT XYZ ini berfokus pada pembuatan kertas yang berwarna. Menghadapi persaingan pasar yang semakin pesat, perusahaan ini harus mampu bersaing dengan baik. Dalam menghadapi persaingan tersebut diperlukan pengadaan barang yang tepat. Dalam menunjang pengadaaan barang diperlukannya departemen purchasing dalam mencari supplier yang terbaik. Namun, pada departemen purchasing di perusahaan ini mengalami kesulitan dalam pemilihan supplier terutama pada supplier stiker, dikarenakan harus sesuai dengan desain yang telah ditentukan. Maka untuk itu perlu dilakukanya penelitian dalam menentukan supplier dengan tepat menggunakan Analytical Hierarchy Process (AHP), agar dapat membantu perusahaan dalam mendapatkan supplier terbaik. Berdasarkan perhitungan menggunakan metode AHP, sesuai dengan nilai bobot prioritas yang menjadi supplier stiker tebaik untuk PT XYZ yaitu supplier P, karena nilai bobot pada supplier P memiliki nilai bobot sebesar 0.591, yang lebih besar dibandingkan dengan supplier yang lain.

Full Text:

PDF

References


I. Pratiwi, Mz, H, and S. Aprilyanti, "Pemilihan Supplier Terbaik Penyedia Barang Consumable Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (Studi kasus di Departemen Pengadaan Barang PT. PUSRI)," Jurnal Manajemen Industri dan Logistik, vol. 2, no. 2, pp. 147-158, 2018.

A. Kusaeri, M. Hermansyah, and H. Bashori, "Analisis Pemilihan Supplier Menggunakan Pendekatan Metode Analytical Hierarchy Process Di PT. XX," Journal Knowledge Industrial Engineering, vol. 3, no. 2, pp. 51-61, 2016.

A. Solikhin and D. Cahyo, "Analisis Peranan Purchasing Terhadap Proses Pengadaan Barang di Hotel Lorin Solo," Jurnal Pariwisata Indonesia, vol. 10, no. 2, pp. 1-23, 2015.

W. Budianta, "Pemetaan Kawasan Rawan Tanah Longsor di Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP)," Indonesian Journal of Community Engagement, vol. 6, no. 2, pp. 68-73, 2020.

M. Jannah, M. Fakhry, and Rakhmawati, "Pengambilan Keputusan Untuk Pemilihan Supplier Bahan Baku Dengan Pendekatan Analytic Hierarchy Process di PR Pahala Sidoarjo," AGROINTEK, vol. 5, no. 2, pp. 88-97, 2011.

P. Hariwan, M. Kholil, and A. Gadissa, "Analisa Pengambilan Keputusan Pada Penentuan Cairan Antiseptik Tangan Yang Terbaik Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP)," Jurnal PASTI, vol. 9, no. 2, pp. 203-219, 2019.

R. Juniarti, R. Pratiwi, and S. M. Nuh, "Analisa Keputusan Pengoptimalan Jadwal Kerja pada Proyek Pembangunan Distribution Center Alfamart Pontianak," JeLAST: Jurnal PWK, Laut, Sipil, Tambang, vol. 8, no. 1, pp. 1-10, 2021.

R. Abdullah, "Analisis Upaya Pengambilan Keputusan Dalam Memilih Supplier Terbaik Dengan Metode AHP (Analytical Hierarchy Process) Pada Department Procurement PT. XYZ," Seminar Nasional Sains dan Teknologi Oktober, pp. 1-10, 2018.

I. H. Firdaus, G. Abdillah, F. Renaldi, and U. J. A. Y. Jl, "Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Karyawan Terbaik Menggunakan Metode AHP Dan TOPSIS," Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi Yogyakarta, pp. 440, 2016.

D. Rimantho and U. Sulandari, Analisis Pengambilan Keputusan Aplikasi Metode Analytical Hierarchy Process. Edisi Pertama, IPB PRESS, Bogor, 2022.

A. Supardi, A. Rustandi, et al., Analytical Hierarchy Process (AHP). Edisi Pertama, Penerbit Deepublish, Yogyakarta, 2018.

R. A. Suherdi, R. Taufiq, Y. Yanuardi, and A. A. Permana, "Penerapan Metode AHP Dalam Sistem Pendukung Keputusan Kenaikan Pangkat Pegawai Di Badan Kepegawaian Dan Pengembagan Sumber Daya Manusia Kota Tangerang," Prosiding SINTAK, pp. 522-528, 2018.

S. Setiawan, "Metode Analytical Hierarchy Process Pada Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Program Jaminan Sosial," Information Management For Educators And Professionals: Journal of Information Management, vol. 1, no. 1, pp. 32-41, 2016.

Z. Azhar, "Faktor Analisis Prioritas Dalam Pemilihan Bibit Jagung Unggul Menggunakan Metode AHP," Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) Februari, pp. 347-350, 2020.

D. Prehanto, Buku Ajar Model Sistem Pendukung Keputusan Dengan AHP dan IPMS. Edisi Pertama, Penerbit Scopindo Media Pustaka, Surabaya, 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/joseam.v2i2.22361

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Universitas Sultan Ageng Tirtayasa