Analisis Teori Antrian Pada Loket Masuk Ramayana Cilegon

Chyntia Devi Octaviany, Candra Bagus, Zahra Dwi Maharani, Yayan Hary Yadi

Abstract


Ramayana Cilegon merupakan salah satu pusat perbelanjaan yang terdapat di Cilegon. Ramayana buka dari jam 9 pagi hingga jam 10 malam. Maka dari itu banyak penduduk Cilegon yang memenuhi pusat perbelanjaan tersebut. Karena hal itulah antrian masuk pada Ramayana Ciplaz Cilegon dipadati penduduk. Dikarenakan ramai dikunjungi pengunjung maka dari itu terjadi antrian di Ramayana Ciplaz Cilegon. Maka dari itu tujuan dari dilakukannya proses antrian adalah untuk menentukan distribusi data pada antrian ramayana dan menyelesaikan permasalahan antrian yang terjadi pada ramayana Cilegon. Setelah dilakukan pengolahan data didapatkan hasilnya adalah nilai tingkat utilitas sebesar 0,9. Hal ini menunjukkan bahwa antrian mendekati dari kapasitasnya. Jumlah rata-rata kendaraan yang menunggu dalam antrian (Lq) adalah 8 kendaraan, sedangkan yang berada system (Ls) adalah 10 kendaraan. Waktu tunggu rata – rata antrian (Wq) Sebesar 8,57 menit, dan dalam system (Ws) sebesar 10,51 menit. Hasil tersebut menandakan bahwa sistem antrian di pintu masuk Ramayanan harus dioptimalkan dengan berupaya mengurangi durasi waktu tunggu dengan tujuan untuk meningkatkan efektivitas layanan. Perbaikan yang dapat dilakukan yaitu dengan menambah jalur layanan dan meningkatkan efisiensi proses guna dapat berkontribusi dalam peningkatan kepuasan pengunjung terhadap kualitas layanan di Ramayana.

Full Text:

PDF

References


E. H. Pellondou, R. P. C. Fanggidae, and A. E. L. Nyoko, “Analisis Teori Antrian Pada Jalur Sepeda Motor Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (Spbu) Oebobo,” GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial, vol. 2, no. 1, pp. 19–31, Jul. 2021, doi: https://doi.org/10.35508/glory.v2i1.4713.

R. Listiyani, L. Linawati, and L. R. Sasongko, “Analisis Proses Produksi Menggunakan Teori Antrian Secara Analitik dan Simulasi,” Jurnal Rekayasa Sistem Industri, vol. 8, no. 1, pp. 9–18, Apr. 2019, doi: https://doi.org/10.26593/jrsi.v8i1.3154.9-18.

R. Andini and Y. P. Astuti, “Penerapan Teori Antrian Bongkar Muat Pada Docking Kapal Tanker,” MATHunesa: Jurnal Ilmiah Matematika, vol. 9, no. 2, pp. 437–446, Aug. 2020, doi: https://doi.org/10.26740/mathunesa.v9n2.p437-446.

R. W. Arini and S. Nanih, “Analisis Sistem Antrian Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (Bpjs) Kesehatan : Studi Kasus Puskesmas Margadadi,” Jural Riset Rumpun Ilmu Teknik, vol. 1, no. 1, pp. 23–37, Apr. 2022, doi: https://doi.org/10.55606/jurritek.v1i1.104.

D. D. Sinaga, L. Widyastuti, and A. N. Aisha, “Perancangan Estimasi Jumlah Teller Menggunakan Pendekatan Teori Antrian Pada Bank X Kantor Cabang Pembantu Pematang Siantar,” eProceedings of Engineering, vol. 8, no. 5, Oct. 2021, Accessed: Jun. 21, 2024. [Online]. Available: https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/engineering/article/view/16459

A. P. U. Siahaan and A. Syahputra, “Pengenalan Sistem Antrian Berbasis Web di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Medan,” Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat (JURIBMAS), vol. 2, no. 3, pp. 251–263, Mar. 2024, doi: https://doi.org/10.62712/juribmas.v2i3.154.9

P. Setianah, H. A. Prabowo, and F. Farida, “Optimisasi Sistem Antrian di Era Pandemi Untuk Meningkatkan Kinerja Pelayanan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU),” Innovative: Journal Of Social Science Research, vol. 4, no. 1, pp. 8994–9008, Feb. 2024, doi: https://doi.org/10.31004/innovative.v4i1.8861

A. M. H. Pardede, “Simulasi Antrian Pelayanan Nasabah Bank Menggunakan Metode Hyperexponential,” Journal Information System Development (ISD), vol. 3, no. 1, Jan. 2018, Accessed: Jun. 21, 2024. [Online]. Available: https://ejournal-medan.uph.edu/isd/article/view/163/61

Hermanto Mz, Irnanda Pratiwi, Tolu Tamalika, and Iskandar

Husin, “Analisis Sistem Antrian Dengan Metode Simulasi,” Jurnal Desiminasi Teknologi, vol. 7, no. 1, Jan. 2019, doi: https://doi.org/10.36767/destek.v7i1.407.

Y. Mayangsari and E. H. Prastiwi, “Sistem Antrian Teller Bank Mandiri Sebagai Upaya Meningkatkan Efisiensi Kecepatan Transaksi,” core.ac.uk, Accessed: Jun. 21, 2024. [Online].Available: https://core.ac.uk/outputs/229336719/?utm_source=pdf&utm

_medium=banner&utm_campaign=pdf-decoration-v1




DOI: http://dx.doi.org/10.62870/joseam.v3i2.30019

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


is supported by

 

 

 

This work is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International