PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR MENENDANG BOLA PADA PEMBELAJARAN PJOK SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 1 KUTA UTARA

I Made Wira Adi Putra Negara, Ni Luh Gede Widiantari, Ni Wayan Ary Rusitayanti, Kadek Dian Vanagosi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar teknik dasar menendang bola siswa kelas VIII B SMP NEGERI 1 KUTA UTARA tahun ajaran 2021/2022 melalui penerapan model pembelajaran inkuiri. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B sebanyak 34 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes observasi hasil belajar. Berdasarkan hasil rekapitulasi antara siklus I dan II setelah melalui pelaksanaan model pembelajaraan inkuiri menunjukkan bahwa hasil belajar teknik dasar menendang bola siswa kelas VIII B mengalami peningkatan. Hal tersebut secara klasikal siklus I 14,7% ketuntasan dikatakan tidak berhasil mencapai ketuntasan yang di terapkan, dan kemudian pada siklus II adanya peningkatan ketuntasan yang secara klasikal dikatakan berhasil karena mendapatkan nilai sebanyak 100% yang dalam kategori tuntas sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu 80% ke atas. Dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran inkuiri yang diterapkan pada pembelajaran teknik dasar menendang bola pada pembelajaran PJOK dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VIII B SMP NEGERI 1 KUTA UTARA tahun ajaran 2021/2022.


Keywords


Model Pembelajara Inkuiri, Permainan Sepakbola

Full Text:

PDF

References


A. Mielke, Danny.2007. DasarDasar Sepakbola. Bandung: Pakar

Raya.

Agetania. 2020. Model Pembelajaran Mastery Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pkn Siswa Kelas V Semester Ii di Sd Negeri 1 Pengotan Kecamatan Bangli Tahun Pelajaran 2017/2018.

Agus Suprijono. 2009. Cooperative Learning, Teori & Aplikasi

PAIKEM. Surabaya: Pustaka Pelajar

Aji, S. 2016. Buku olahraga paling lengkap. Grup: Ilmu Cemerlang. Arikunto, S. 2007. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research-CAR). Jakarta: Bumi Aksara.

Buana, K. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Inquiri Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Hindu. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan.

Denny, J. A. 2006. Demokrasi Indonesia: Visi & Praktek: Pustaka Sinar Harapan.Masyarakat Indonesia, 14(1), 52–60.https://doi.org/10.30597/mkmi.v14i1.1870

Eggen, P.D., Kauchak, D.P. 1996. Strategy for Teacher: Teaching Content and Thinking Skill. Dalam Parta, I.N. 2017. Model Pembelajaran Inkuiri: Refleksi, Membangun Pertanyaan, Penghalusan Pengetahuan, Internalisasi Pengetahuan. Oleh: I Nengah Parta. Universitas Negeri Malang, 2017.

Ginanjar, A. 2015. Pengaruh metode inkuiri terhadap motivasi belajar siswa SMP: Jurnal kependidikan.

Hakim, L. 2016. Pemerataan akses pendidikan bagi rakyat sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial.

Iskandar. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Ciputat: Gaung Persada

Johan, Pambudi. 2013. Pengaruh Latihan Tendangan Penalti Menggunakan Sasaran Tetap Dan Sasaran Berubah Terhadap Akurasi Tendangan Penalti Pada Pemain UKM Sepak Bola UNNES, Skripsi. Semarang: UNNES.

Joyce, B., dkk. 1992. Models of Teaching. Dalam Parta, I.N. 2017. Model Pembelajaran Inkuiri: Refleksi, Membangun Pertanyaan, Penghalusan Pengetahuan, Internalisasi Pengetahuan. Oleh: I Nengah Parta. Universitas Negeri Malang, 2017.

K. B. B. I. 2016. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). KementerianPendidikan Dan Budaya.

Kanca, I Nyoman. 2010. Metode Penelitian Pengajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Lukman Heriyanto. 2016. Pengaruh Latihan Variasi Menendang Ke Berbagai Sasaran Untuk Meningkatkan Ketepatan Shooting Menggunakan Punggung Kaki Siswa Yang Mengikuti Ekstrakurikuler Futsal Di SMP N 2 Depok. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Muhammad, Nurman. 2006. Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Inquiri dan Expositori terhadap SIkap Politik Berdemokrasi dan Prestasi Belajar Siswa pada Pembelajaran PPKn di SMA. Singaraja: Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Negeri Singaraja, Program Pascasarjana.

Najwa, I. A. 2020. Makalah Permainan Sepak bola.

Nugraha, A. C. 2012. Mahir sepak bola. Nuansa Cendekia.

Nurzaman, M. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Dan Konvensional Terhadap Pembentukan Self-Esteem. JUARA: Jurnal Olahraga.




DOI: http://dx.doi.org/10.52742/josita.v1i2.17514

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.