HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN DUKUNGAN ORANGTUA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP IT NURUL ILMI TENGGARONG

Evril Kartiningtya, Jeane Betty Kurnia Jusuf

Abstract


Penelitian ini bertujuan guna mengetahui apakah terdapat Hubungan Motivasi Belajar dan Dukungan Orang Tua dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Siswa Kelas VIII SMP IT Nurul Ilmi Tenggarong. Penelitian menggunakan jenis penelitian kuantitatif dan desain Korelasional. Data dikumpulkan melalui pengisian kuesioner dan nilai raport siswa. Populasi penelitian terdiri dari siswa kelas VIII SMP IT Nurul Ilmi, dengan sampel penelitian sebanyak 57 siswa dipilih dengan teknik Purposive Sampling dengan karakteristik jenis kelamin perempuan. Uji Hipotesis menggunakan uji Corellations. Hasil dari penelitian menunjukkan adanya hubungan antara variabel independen (X) dengan variabel dependen (Y) berdasarkan uji hipotesis mengenai hubungan motivasi belajar dan dukungan orang tua dengan hasil belajar secara signifikan, dengan nilai sig sebesar 0.000 < 0.05. Dan didapatkan derajat hubungan korelasi sedang pada variabel X1 terhadap variabel Y sebesar 0,47, dan pada variabel X2 terhadap variabel Y sebesar 0,55

Keywords


Motivasi, Dukungan orang tua, Hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Alfian Mahardhika, N., Betty, J., Jusuf, K., & Priyambada, G. (2018). Dukungan Orangtua Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa SKOI Kalimantan Timur Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani. In Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia (Vol. 14, Issue 2).

Budiariawan, I. P. (2019). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 3. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPK/index

Du, W., Li, Z., Xu, Y., & Chen, C. (2023). The Effect of Parental Autonomy Support on Grit: The Mediating Role of Basic Psychological Needs and the Moderating Role of Achievement Motivation. Psychology Research and Behavior Management, 16, 939–948. https://doi.org/10.2147/PRBM.S401667

Kapti, J., & Winarno, M. E. (2022). Hubungan Kebugaran Jasmani dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Penjas SMP: Literature Review. Sport Science and Health, 4(3), 258–267. https://doi.org/10.17977/um062v4i32022p258-267

Khasanah, U. (2019). Hubungan Motivasi Belajar dan Minat Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar IPA Di Kelas V (Penelitian pada Siswa Kelas V SD Se-Kecamatan Mertoyudan).

Lynch, T., & Soukup, G. J. (2016). Physical education, “health and physical education”, “physical literacy” and “health literacy”: Global nomenclature confusion. Cogent Education,3(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2016.1217820

Mubarok, D. (2020). Pendidikan Jasmani Perspektif Sayyid Qutub Dzaki Mubarok Sekolah Tinggi Agama Islam Pangeran Dharma Kusuma Indramayu. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 02.

Nusufi, M. (2015). Hubungan Kelentukan dengan Kemampuan Kecepatan Tendangan Sabit pada Atlet Pencak Silat Binaan Dispora Aceh (PPLP DAN DIKLAT) Tahun 2015. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 14, 35–46.

Risna Dewi, V., Khaerunnisa, E., & Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, pendidikan. (2019a). Karakteristik Motivasi Ekstrinsik Dan Intrinsik Siswa Smp Dalam Belajar Matematika. In Jurnal Penelitian Pengajaran Matematika (Vol. 1).

Risna Dewi, V., Khaerunnisa, E., & Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, pendidikan. (2019b). Karakteristik Motivasi Ekstrinsik dan Intrinsik Siswa SMP dalam Belajar Matematika. In Jurnal Penelitian Pengajaran Matematika (Vol. 1).

Tampubolon, R. A., Sumarni, W., & Utomo, U. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3125–3133. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1291




DOI: http://dx.doi.org/10.52742/josita.v3i1.21177

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.