PENGENALAN DAN PEMAHAMAN OLAHRAGA HANDBALL DENGAN MEDIA INTERAKTIF DI LINGKUP SMAN 1 PANDEGLANG

Muhammad Awaludin, Ade Tuti Lestari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan olahraga handball di SMAN 1 Pandeglang dengan target anak kelas XII. Peneliti mengharapkan bisa tercapainya tujuan yaitu memperkenalkan olahraga Handball kepada siswa dengan cara melakukan terjun langsung ke sekolah dengan media interaktif. Permainan bola tangan belum berkembang pesat seperti olahraga permainan sepakbola, bola basket dan bola voli. Hal ini dikarenakan kurangnya sosialisasi serta minimnya fasilitas dan perlengkapan yang dapat digunakan dalam permainan bola tangan, sehingga permainan ini kurang diminati oleh sebagian masyarakat, terutama para siswa di sekolah. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah memberikan sosialisasi pada siswa tentang permainan bola tangan untuk menambah wawasan serta keterampilan siswa tentang permainan bola tangan. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah ceramah dan demonstrasi. Berdasarkan angket kepuasan yang diberikan kepada seluruh peserta ditemukan bahwa 85% siswa merasa puas. Dalam hal ini, hasil yang telah dicapai dalam sosialisasi handball yaitu meningkatnya pengetahuan dan pemahaman siswa-siswi SMA mengenai olahraga handball yang dilakukan dalam bentuk presentasi materi serta meningkatnya keterampilan dasar teknik permainan handball.

Keywords


Renang gaya dada, Weight training, Kecepatan

Full Text:

PDF

References


Anugeranto, V. M. (2013). Efektifitas pembelajaran menggunakan media audio-visual terhadap teknik passing dalam sepak bola untuk kelas XKI1 SMKN 5 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Volume 01.

Hamzah, A. (2015). Pola penggunaan situs jejaring sosial sebagai media pembelajaran untuk mahasiswa. Jurnal Teknoin Vol. 21 No. 4 , 173.

Hanum, N. S. (2013). Keefektifan e-learning sebagai media pembelajaran (Studi evaluasi model pembelajaran e-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi.

Haryoko, S. (2009). Efektifitas pemanfaatan media audio-visual sebagai alternatif optimalisasi model pembelajaran. Jurnal Edukasi@elektro Vol. 5 No.1.

Hilmi. (2016). Efektivitas penggunaan media gambar dalam pembelajaran bahasa Arab. Jurnal Lantanida Vol. 4 No. 2, 129.

Muttaqien, F. (2017). Penggunaan media audio-visual dan aktivitas belajar dalam meningkatkan hasil belajar vocabulary siswa pada mata pelajaran bahasa Inggris. Jurnal Wawasan Ilmiah Vol. 8 No. 1, 25.

Sediyani, T., Yufiarti, & Hadi, E. (2017). Integration of audio visual multimedia for special education pre-service teachers’ self-reflections in developing teaching competencies. Journal of Education and Practice Vol.8, No.6,, 107.

Sumarsono, A., & Anisah, A. (2018). Media audio visual sebagai solusi efektif pembelajaran teknik gerak. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 5.




DOI: http://dx.doi.org/10.52742/josita.v3i1.24066

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.