PENERAPAN KIDS TABLE TENNIS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BERMAIN TENIS MEJA PADA ANAK USIA 6 – 8 TAHUN DI HARAPAN MULIA JAKARTA PUSAT

Alfath Rachman, Nofi Marlina Siregar, Zulham Zulham

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi bermain tenis meja pada anak usia 6 – 8 tahun salah satu permainan yang dapat merangsang anak atau memberikan motivasi anak untuk bergerak dan bermain yaitu pada permainan Kids Table Tennis yang dilakukan oleh anak usia dini. Kids Table Tennis merupakan alternatif pembelajaran tenis meja di usia dini, hal ini dimaksudkan agar anak-anak menyukai pembelajaran tenis meja, dengan pembelajaran yang menyenangkan bagi anak-anak, maka anak akan merasakan bahwa permainan yang dimainkan tidak akan terasa membosankan dan melelahkan, yang dirasakan adalah rasa ingin bermain lebih lama lagi dan rasa ingin tahu lebih besar lagi. Pengambilan data di lakukan pada bulan Juni 2022 – Agustus 2022 yang bertempat di Harapan Mulia Jakarta Pusat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Action Research, Populasi yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 15 orang anak sebagai subjek uji coba (praktek lapangan). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode penyebaran angket kuesioner sebagai pengambilan data penelitian. Metode penyebaran angket dipilih untuk mendapatkan data primer. Penyebaran angket difokuskan kepada anak usia 6 – 8 tahun dalam bermain Kids Table Tennis yang berkaitan dengan masalah penelitian, yaitu mengenai penerapan Kids Table Tennis untuk meningkatkan motivasi bermain tenis meja pada anak usia 6 – 8 tahun di Harapan Mulia Jakarta Pusat. Temuan dalam penelitian ini adalah bahwa motivasi bermain tenis meja dipengaruhi oleh motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik.

Keywords


Motivasi, Bermain, Kids Table Tennis, Anak usia 6 – 8 tahun.

Full Text:

PDF

References


Fadillah, M. (2017). Buku Ajar Bermain &, Permainan Anak Usia DiniFadillah M. (2017). Buku Ajar Bermain & Permainan Anak Usia Dini.

Hanafi, S., & Situmorang, R. (2018). PENERAPAN METODE DRILL UNTUK PENINGKATAN DALAM OLAHRAGA TENIS MEJA ( The Application of Drill Method to Improve Quality of Forehand Punch and Motivation on Table Tennis Sport ). November, 148–155.

Ramadani Tami. (2021). Pengembangan Model Latihan Kids Atletics Berbasis Audiovisual untuk Anak Usia 7-10 Tahun (Vol. 15, Issue 2).

Siregar, N. M. (2014). Teori bermain (Jakarta : Program Study Olahraga Rekreasi FIK UNJ, 2014).

Siregar, S. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif : dilengkapi dengan perhitungan manual & SPSS.

Susanti, W. D. (2016). Peningkatan Motivasi Belajar Anak Melalui Token Ekonomi di Kelompok B TK ABA Dukuh Gedongkiwo. Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, V(2), 162–171.

Trianto. (2011). Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas: Classroom Action Research Teori dan Praktik (Prestasi P).

Uno, B. H. (2016). TEORI MOTIVASI DAN PENGUKURANNYA Analisis di Bidang Pendidikan.

Yaumi, M., & Damopolii, M. (2016). ACTION RESEARCH Teori, Model, dan Aplikasi.




DOI: http://dx.doi.org/10.52742/josita.v3i1.25110

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.