SURVEI TINGKAT KEPUASAN PENGUNJUNG TERHADAP FASILITAS OLAHRAGA GOR TRI LOMBA JUANG BERDASARKAN MIX MARKETING

Muhammad Rizqi Taufiqurrohman, Dhias Fajar Widya Permana

Abstract


Olahraga sangat penting untuk kesehatan, namun partisipasi sering terhambat oleh kurangnya fasilitas yang memadai. Pemerintah perlu menyediakan fasilitas yang baik dan mudah diakses oleh masyarakat. Survei kepuasan di GOR Tri Lomba Juang dilakukan untuk mengevaluasi kepuasan pengunjung dengan menggunakan pendekatan mix marketing, yang meliputi produk, harga, tempat, promosi, SDM, proses, dan pelayanan. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, dengan data yang dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dari sampel yang terdiri dari satu manajer, sepuluh karyawan, dan empat puluh pengunjung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fasilitas yang tersedia, seperti lapangan atletik, tenis, badminton, basket 3x3, tribun, kamar mandi, mushola, dan kantin, sudah memenuhi kebutuhan pengunjung. Tarif sesuai dengan Perwal Kota Semarang No.37 tahun 2021, dan lokasi GOR sangat strategis. Meskipun promosi masih kurang maksimal, pelayanan oleh karyawan dinilai sangat baik, dengan respons cepat terhadap keluhan. Secara keseluruhan, GOR Tri Lomba Juang unggul dalam kualitas produk, harga tiket yang terjangkau, dan pelayanan, namun masih perlu perbaikan dalam kebersihan kamar mandi dan peningkatan promosi serta pengawasan terhadap pelanggaran peraturan.

Keywords


GOR Tri Lomba Juang, Mix Marketing, Tingkat Kepuasan.

Full Text:

PDF

References


Birusman, M. (2017). Harga Dalam Perspektif Islam. Mazahib, 4(1), 86–99.

Kotler, P. (2009). Marketing management. Pearson Education India.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran edisi 13 jilid 1 dan 2. Jakarta. Penerbit Erlangga.

Lupiyoadi, R., & Hamdani, A. (2013). Service marketing management. Jakarta: Salemba Empat.

Mirawati, & Fernos, J. (2019). Peranan Customer Service Dalam Meningkatkan Pelayanan Terhadap Nasabah Pada Bank Nagari Cabang Siteba Padang. Jurnal Akademi Keuangan Dan Perbankan, 4(1), 1–8.

Nandika, In. R. (2020). Minat dan motivasi pengunjung dalam berolahraga di gor tri lomba juang. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation.

Soegiyanto, K. (2013). Keikutsertaan Masyarakat dalam Kegiatan Olahraga. Keikutsertaan Masyarakat Dalam Kegiatan Olahraga, 3(1). https://doi.org/10.15294/miki.v3i1.2656

Sugiyono, P. D. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: CV. Alvabeta.

Sugiyono, S. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta, 1–11.

Zebua, M. (2018). Pemasaran Produk Jasa Kesehatan. Deepublish.




DOI: http://dx.doi.org/10.62870/josita.v3i2.28339

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.