MODEL PEMANASAN BERBASIS PERMAINAN PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNA RUNGU PERHIMPUNAN OLAHRAGA TUNA RUNGU INDONESIA (PORTURIN) U-16 DKI JAKARTA

Monike Ardilla, Fajar Vidya Hartono, Masnur Ali

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membuat model pemanasan berbasis permainan pada anak berkebutuhan khusus Tuna Rungu di PORTURIN DKI Jakarta. Model yang disusun mengembangkan teknik pemanasan berbasis permainan ditujukan untuk meningkatkan minat siswa dalam melakukan pelatihan di PORTURIN. Agar rancangan model dapat berjalan dengan baik dan benar, maka konsep model yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah Model Pengembangan ADDIE. Subjek pada penelitian ini adalah atlit PORTURIN DKI Jakarta dengan jumlah 10 anak. Pada penelitian ini peneliti bekerjasama dengan dua dosen ahli dan satu pelatih disabilitas sebagai expert judgement. Uji validitas yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan uji kelayakan, dimana model pemanasan berbasis permainan yang telah dibuat dikonsultasikan dan diuji cobakan.Pada penelitian ini di dapatkan 13 model permainan untuk pemanasan olahraga yang sesuai dan layak di terapkan. Adapun keunggulan dari permainan ini adalah bisa dengan mudah dimainkan oleh anak-anak berkebutuhan khusus tuna rungu, tidak memerlukan alat yang sulit ditemukan dan menjadikan melakukan pemanasan yang menyenangkan serta memiliki banyak manfaat yang didapatkan. Adapun tujuan utama dari permainan ini yaitu untuk meningkatkan denyut nadi siap latihan, menarik ketertarikan atlit untuk pemanasan dan menghilangkan rasa jenuh sebelum melakukan latihan inti.

Keywords


Pemanasan, Permainan,Tuna Rungu.

Full Text:

PDF

References


Alfiani Septiyaningtyas, R., Premana, A., & Irawan, B. (2024). Penerapan Game Edukasi Untuk Mengenalkan Sibi Kepada Anak Berkebutuhan Khusus (Tunarungu) Berbasis Android. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 8(4), 7597–7603. https://doi.org/10.36040/jati.v8i4.10338

Alwan, A. Z. (2020). Pengembangan Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Tuna Rungu. Joined Journal (Journal of Informatics Education), 3(1),8. https://doi.org/10.31331/joined.v3i1.1063

Amin, A., Muhyi, M., & Wiyarno, Y. (2021). Pengembangan Model Pemanasan Berbasis Permainan Kecil sebagai Pengantar Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMA Al Islam Krian Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 7(1), 66–73.

Aryantika dkk, 2018. (2018). Pengembangan Kamus Kolok Visual Berbasis Android Sebagai Media Edukatif Mempelajari Bahasa Penyandang Tuna Rungu di Desa Bengkala. Jurnal KARMAPATI, 4(4), 1–8.

Astiati dkk, 2021. (2021). Tanggapan siswa terhadap pemanasan yang dilakukan dengan modifikasi permainan tradisional. Edu Sportivo: Indonesian Journal of Physical Education, 2(2), 85–91. https://doi.org/10.25299/es:ijope.2021.vol2(2).6809

Herdiana. (2013). Pengembangan Model Pembelajaran Motorik Berbasis Permainan Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Anak Tunarungu Di Sekolah Dasar Luar Biasa. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Suhartini, B. (2020). Merangsang Motorik Kasar Anak Tuna Rungu Kelas Dasar Sekolah Luar Biasa Melalui Permainan. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 8(2), 152–157.

Supriyana, R., Kusuma Yuda, A., & Dimyati, A. (2022). Pengaruh Permainan Kecil Dalam Pemanasan Pembelajaran penjas Terhadap Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Tunagrahita. Jurnal Porkes, 5(2), 659–671. https://doi.org/10.29408/porkes.v5i2.6357

Yusliana Bakti, R., Wahyuni, T., Hayat, M. A. M., & Ridwang, R. (2021). Game Edukasi Berbasis Android sebagai Media Pembelajaran Matematika untuk Anak Tunarungu. PROtek : Jurnal Ilmiah Teknik Elektro, 8(1), 40–44. https://doi.org/10.33387/protk.v8i1.2377




DOI: http://dx.doi.org/10.62870/josita.v3i2.29447

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.