PEMAHAMAN GURU PJOK TERHADAP PERTOLONGAN PERTAMA PADA CEDERA OLAHRAGA DI SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN TIGANDERKET

M Alif Hamzah, Brema Bangun, Andi Nova

Abstract


Pada saat berolahraga disekolah siswa sering mengalami cedera, sehingga sangat diperlukan pemahaman Guru untuk melakukan pertolongan pertama pada cedera yang terjadi kepada siswa. Bertolak dalam hal tersebut maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman Guru Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan terhadap pertolongan pertama pada cedera olahraga di sekolah dasar Se-Kecamatan Tiganderket. Metode penelitian kuantitatif dapat diartikan sebagai metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme digunakan untuk meneliti populasi atau sampel tertentu, pengumpulan data menggunakan instrument penelitian berupa angket, analisis data bersifat kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas guru PJOK memiliki pemahaman yang sangat tinggi, dengan 65% guru termasuk dalam kategori ini, sementara 35% guru memiliki pemahaman yang tinggi. Meskipun demikian, terdapat sebagian kecil guru yang masih memiliki pemahaman yang perlu ditingkatkan. Perbandingan dengan penelitian sebelumnya menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam tingkat pemahaman guru dibandingkan dengan penelitian yang dilakukan sepuluh tahun lalu, yang mencatatkan hanya sekitar 60% guru yang memiliki pemahaman yang baik. Temuan ini mengindikasikan bahwa meskipun sudah ada peningkatan pemahaman guru, pelatihan lanjutan yang berkelanjutan masih diperlukan untuk memastikan semua guru PJOK memiliki keterampilan yang memadai dalam menangani cedera olahraga. Penelitian ini merekomendasikan pelatihan berbasis praktik dan simulasi untuk meningkatkan kesiapan guru dalam menghadapi situasi darurat.

Keywords


Pemahaman; penanganan cedera;metode RICE

Full Text:

PDF

References


Arisanti, S., Pribadi, F., Putera, A. K., Natasha, A. A., & Nardiansyah, B. R. (2022). Sosialisasi Dan Pelatihan Penanganan Cedera Bagi Pelatih Sepak Bola Lisensi D Tingkat Jawa Timur. PAMBUDI, 6(02), 91–95. https://doi.org/10.33503/pambudi.v6i02.2161

Herlina, H., Burhan, Z., & Ashari, L. H. (2023). Penanganan Pertama Cedera Olahraga Menggunakan Metode Rice Pada Klub Beladiri Karate Dojo Qolbu. DEVOTE: Jurnal Pengabdian Masyarakat Global, 2(2), 141–145. https://doi.org/10.55681/devote.v2i2.1882

Hidayat, R. (2017). Peningkatan Pemahaman Guru PJOK tentang Pertolongan Pertama melalui Pelatihan Rutin. Jurnal Pendidikan Olahraga, 5(1), 15-23.

Kwiecien, S. Y. (2023). Is it the End of the Ice Age? International Journal of Sports Physical Therapy, 18(3). https://doi.org/10.26603/001c.74273

Prasetyo, T., Randi Kurniawan, Raffiandy Alsyifa Putra, & April Yesaya Sipayung. (2024). The Role Of Multimedia In The Process Physical Education Learning: Study Literature. Journal Sport Science Indonesia, 3(3), 493–504. https://doi.org/10.31258/jassi.3.3.493-504

Purnomo, A. (2015). Pemahaman Guru PJOK terhadap Pertolongan Pertama pada Cedera Olahraga di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani, 4(2), 45-56.

Sari, D., & Pratama, S. (2018). Pengaruh Pelatihan Pertolongan Pertama Terhadap Peningkatan Pengetahuan Guru PJOK. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(3), 234-242.

Qonita Nabila, Dinda Permata Putri, Umbu Simon Payonga, Syarif Hidayatullah, & Ika Niswatul Chamidah. (2023). Edukasi Penanganan Pertama Cedera Olahraga Pada Anggota PMR SMPN 5 Malang. Jurnal Pengabdian Ilmu Kesehatan, 3(3), 115–122. https://doi.org/10.55606/jpikes.v3i3.2927

Tasnim, M., Fitriana, L. A., Rohaedi, S., Sumartini, S., Irawan, E., Maidartati, M., & Iklima, N. (2024). Factors Affecting Nursing Students’ Knowledge of Sports Injury Management. Journal Medical Informatics Technology, 115–121. https://doi.org/10.37034/medinftech.v2i4.70

Triansyah, A., Atmaja, N. M. K., & Sepdanius, E. (2023). Video-based learning media for physical education. Jurnal Maenpo : Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, 13(2), 164. https://doi.org/10.35194/jm.v13i2.3740




DOI: http://dx.doi.org/10.62870/josita.v4i1.31981

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.