PENGEMBANGAN MEDIA BERMAIN HULA HOOP UNTUK MOTORIK KASAR ANAK USIA 5 – 6 TAHUN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media bermain berbasis hula hoop yang dapat membantu meningkatkan kemampuan motorik kasar anak, seperti keseimbangan, koordinasi, kelincahan, dan kekuatan. Penelitian menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Proses pengembangan dimulai dengan analisis kebutuhan, diikuti dengan perancangan media bermain hula hoop yang sesuai dengan karakteristik anak usia 5-6 tahun. Produk yang dihasilkan kemudian diuji validitasnya oleh ahli media dan materi. Implementasi dilakukan di salah satu lembaga PAUD Purnama Azzahra dengan melibatkan 20 anak sebagai subjek uji coba skala kecil dan untuk subjek uji skala besar melibatkan 2 lembaga PAUD dengan jumlah 25 anak TK Kusuma, 25 TKIT Ibadurrahman dan total keseluruhan 70 anak, dengan teknik Cluster Sampling. Berdasarkan hasil uji ahli, media ini mendapatkan nilai rata rata 97,7% atau kategori sangat valid, hasil uji skala kecil didapatkan hasil 100% kategori sangat valid dan hasil uji skala besar 98,95% kategori sangat valid. Kesimpulan penelitian ini yaitu, dengan banyak nya media permainan yang dapat dikembangkan menjadi suatu permainan yang lebih kreatif sehingga anak anak dapat lebih aktif dengan permainan motorik kasar yang baru. Dengan ini diperlukannya pengembangan media bermain hula hoop untuk motorik kasar anak usia 5-6 tahun dan media ini sudah dikategorikan layak untuk digunakan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adminpintarharati. (2022). Pengaruh Permainan Sirkuit Play With Color Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Kelompok A Di TK AL-MAKRUF Desa Tahai Jaya Tahun Ajaran 2020/2021. Pintar Harati : Jurnal Pendidikan Dan Psikologi,
Arifin, Z. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan. Al-Hikmah Way Kanan, 1(1).
Aryanto, U. (2021). Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D2 :Teori dan Praktek. Metode Penelitian.
Branch, R. M. (2019). Robert Maribe Branch - Instructional Design (The ADDIE Approach). In Journal of Chemical Information and Modeling.
Erwanda, D. R., & Sutapa, P. (2023). Pengembangan Media Permainan Tradisional Gobak Sodor untuk Meningkatkan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3).
Hartati, S., Zulkifli, & Hukmi. (2020). Analisis Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun di TK Pertiwi Kecamatan Pujud Kabupaten Rokan Hilir. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2).
Maghfiroh, A. S., Usman, J., & Nisa, L. (2020). Penerapan Metode Bermain Peran Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini di PAUD/KB Al-Munawwarah Pamekasan. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1).
Maydiantoro, A. (2021a). Model-Model Penelitian dan Pengembangan. In Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia (Vol. 2).
Maydiantoro, A. (2021b). Model Penelitian Pengembangan (Borg & Gall, 1983). Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia, 10.
Nesri, F. D. P., & Kristanto, Y. D. (2020). Pengembangan Modul Ajar Berbantuan Teknologi untuk Mengembangkan Kecakapan Abad 21 Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3).
Novitasari, R., Nasirun, M., & D., D. (2019). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Bermain Dengan Media Hula Hoop Pada Anak Kelompok B PAUD AL-SYAFAQOH Kabupaten Rejang Lebong. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(1).
Qory Jumrotul Aqobah, Masnur Ali, G. D., & Raharja, A. T. (2020). Penanaman Perilaku Kerjasama Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisonal. Untirta, 5 (2)(2).
Rizki, H., & Aguss, R. M. (2020). Analisis Tingkat Pencapaian Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 Tahun Pada Masa Pandemi Covid-19. Journal Of Physical Education, 1(2).
Saputro, B. (2019). Manajemen Penelitian Pengembangan (Research & Development). In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).
DOI: http://dx.doi.org/10.62870/josita.v4i1.32307

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.