GAMBARAN KEPUASAN HIDUP PELAJAR SEKOLAH MENENGAH DI MASA PANDEMI COVID-19

Diana Syamila, Mardy Handika, Mariana Puspa Sari

Abstract


Kepuasan hidup diartikan sebagai proses penilaian kognitif di mana individu menilai kualitas hidup mereka atas dasar seperangkat kriteria unik mereka sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kepuasan hidup pelajar sekolah menengah dimasa pandemi Covid-19 berdasarkan aspek-aspek yang telah diuraikan dalam angket penelitian. Metode penelitian menggunakan kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan skala Multidimensi Student’s Life Satisfaction Scale (MSLSS) dengan 40 butir pernyataan. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 125 orang dengan teknik sampel yang digunakan adalah Probability Sampling. Pada uji prasayarat analisis menggunakan Kolmogrov-Smirnov dan Lilliefors dengan menggunakan SPSS Microsoft for Windows Versi 25 menunjukkan nilai Test Statistic 0,762 > 0,05 dan Sig. Lilliefors 0,606 > 0,05 dinyatakan data berdistribusi Normal. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil Sangat Tinggi sebanyak 5% (6 peserta didik), kategori Tinggi sebanyak 34% (42 peserta didik), kategori Cukup sebanyak 41% (51 peserta didik), kategori Rendah sebanyak 13% (17 peserta didik), dan kategori Sangat Rendah sebanyak 7% (9 peserta didik) pada kepuasan hidup peserta didik usia remaja di masa pandemi COVID-19. Sehingga dapat dikatakan bahwa secara keseluruhan peserta didik SMP Muhammadiyah 16 Jakarta, MTs Kafila Jakarta, dan SMP Global Islamic School Jakarta; memiliki kepuasan hidup yang Cukup, ini menandakan bahwa di masa pandemi COVID-19 yang mengalami perubahan situasi serta keterbatasan akses dalam berbagai aspek kehidupan, peserta didik masih mampu bertahan dan beradaptasi.

Keywords


Kepuasan Hidup Pelajar; Pandemi Covid-19

Full Text:

PDF

References


Watson, J. C., & Haktanir, A. (2017). School Connectedness, Self-Esteem, and Adolescent Life Satisfaction. Journal of Professional Counseling Vol. 44 No. 2, 32-48.

Megawati, F. E. (2019). Review Literatur: Adult Life Satisfaction. Psikovidya Vol 23, No. 1, 46-63.

Fitria, L., & Ifdil, I. (2020). Kecemasan Remaja pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Education Vol. 6, No. 1, 1-4.

Yulianingsih, W., Suhanadji, Nugroho, R., & Mustakim. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi Vol. 5, Issue 2, 1138-1150.

Kesi, S., Hartati, R., & Syaf, A. (2019). Kepuasan Hidup dengan Iri pada Remaja Pengguna Sosial Media. psychopolytan Vol. 3, No. 1, 9-15.

Sihotang, H., Nadeak, B., & Siregar, R. (2020). Penerapan Belajar Mandiri dengan Strategi Efektif pada Masa Pandemi Covid 19 bagi Remaja HKBP Duren Jaya Bekasi. Jurnal Comunita Servizio Vol. 2, No. 2, 393-405.

Widodo, H. P., Ferdiansyah, S., & Fridani, L. (2020). Introduction to International Student and COVID-19. Journak of International Students Vol. 10, Issue S3, i-xii.

Tambunan, N., & Siagian, I. (2020). Analisis Lingkungan Belajar dan Aktifitas Belajar Daring Siswa SMP pada Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional dan Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika (pp. 371-382). Jakarta: Universitas Indraprasta PGRI.

Hasanah, U., Ludiana, Immawati, & PH, L. (2020). Gambaran Psikologis Mahasiswa dalam Proses Pembelajaran selama Pandemi Covid-19. Jurnal Keperawatan Jiwa Vol. 8, No. 3, 299-306.

Khairunnisa, D. F., & Noor, H. (2017). Hubungan Self Compassion dengan Life Satisfaction pada Remaja Low Vision di SLBN A Kota Bandung. Prosiding Psikologi (pp. 733-740). Bandung: Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 214-224.

Novianti, D. S., & Alfiasari. (2017). Kepuasan Hidup Mahasiswa Tingkat Pertama: Kaitannya dengan Karakter Mahasiswa dan Gaya Pengasuhan Orang Tua. Jurnal Ilmiah Keluarga & Konseling, 13-23.

Raharja, B. N., & Indati, A. (2018). Kebijaksanaan dan Kepuasan Hidup pada Remaja. Gadjah Mada Journal of Psychology Vol. 4, No. 2, 96-104.

Schmid, L., Worn, J., Hank, K., Sawatzki, B., & Walper, S. (2020). changes in employment and relationship satisfaction in times of the COVID-19 pandemic: Evidence from German Family Panel. Routledge Taylor & Francis Group, 1-16.

Taubert, D., & Pinquart, M. (2011). The Link Between Coparenting, Parenting, and Adolescent Life Satisfaction. Routledge Taylor & Francis Group, 221-229.

Henry, C. S., Robinson, L., & Wilson, S. M. (2003). Adolescent Perceptions of Their Family System, Parents' Behavior, Self-Esteem, and Family Life Satisfaction in Relation to Their Substance Use. Journal of Child & Adolescent Substance Abuse, Vol. 13(2), 29-59.

Blau, I., Goldberg, S., & Benolol, N. (2018). Purpose and life satisfaction during adolescence: the role of meaning in life, social support, and problematic digital use. Journal of Youth Studies, 1-19.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Sukmadinata, N. S. (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wayan, N., & Sumartana. (1986). Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Gilman, Rich, et. all. 2009. Hand book of Possitive Psychology. New York City : Routledge.

Gilman, Rich, et. all. 2000. A First Study of The Multidimensional Student’s Life Satisfaction Scale with Adolescent. Social Indicator Research (p. 135-160). Netherlands: Kluwer Academic Publishers.

Huebner, E. Scott. 1991. Initial Develompment of Student’s Life Satisfaction Scale. School Psychology International. New York City : SAGE Social Science Collection.

Huebner, E. Scott and Richard Gilman. 2002. An Introduction to The Multidimensional Student’s Life Satisfaction Scale. Social Indicator Research (p. 115-122). Netherlands: Kluwer Academic Publishers.

Pavot, William and Ed Diener. 2008. The Satisfaction With Life Scale and The Emerging Construct of Life Satisfaction. The Journal of Positive Psychology (Vol. 3, No. 2, p.137–152). New York City : Routledge.

T. Munoz, Ricky, et. all. 2017. Life Satisfaction, Hope, and Positive Emotions as Antecedents of Health Related Quality of Life Among Homeless Individuals. International Journal of Application Possitive Psychology. New York City : Springer International Publishing.

Purrpita, Lolla. 2015. Hubungan antara Keberfungsian Keluarga dengan Subjective Well-Being pada SISWA-Siswi SMA N 5 Semarang. Semarang: Fakultas Psikologi. Universitas Kristen Satya Wacana.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpbk.v6i1.12079

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By