KEMAMPUAN MAHASISWA MENYUSUN PROPOSAL SKRIPSI PADA MATA KULIAH SEMINAR BIMBINGAN DAN KONSELING

deasy yunika khairun

Abstract


This study aims to see a description of the ability of students to prepare thesis proposals for students in the sixth semester of class A of the Guidance and Counseling Department for the 2021/2022 Academic Year. The research uses a quantitative approach and descriptive method. The primary research instrument used is a quantitative approach to the assessment rubric for thesis proposals. The instrument is arranged based on the components and substance of each component that has been determined in the thesis writing guide for the Guidance and Counseling Department of FKIP Untirta. The results showed that the sixth semester students of class A Guidance and Counseling Department of FKIP Untirta had the ability to compose a thesis proposal in the moderate category with an average score of 71.43.

 

Keywords: abilities, thesis proposals, students

 

 

Abstrak

 

Penelitian bertujuan untuk melihat gambaran tentang kemampuan mahasiswa menyusun proposal skripsi yang dilakukan terhadap mahasiswa semester VI kelas A Jurusan Bimbingan dan Konseling Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode deskriptif.. Instrumen primer penelitian yang digunakan adalah rubrik penilaian proposal skripsi pendekatan kuantitatif. Instrumen disusun berdasarkan komponen dan substansi dari masing-masing komponen yang telah ditetapkan di dalam panduan penulisan skripsi mahasiswa Jurusan Bimbingan dan Konseling FKIP Untirta. Hasil penelitian menunjukkan mahasiswa semester VI kelas A Jurusan Bimbingan dan Konseling FKIP Untirta memiliki kemampuan menyusun proposal skripsi pada kategori cukup dengan nilai rata-rata 71.43.

 

Kata Kunci: kemampuan, proposal skripsi, mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Aisiah, A., & Firza, F. (2019). Kendala yang Dihadapi Mahasiswa Jurusan Sejarah dalam Menulis Proposal Skripsi. Diakronika, 40-51.

Aji, F. T. (2021). Perilaku Plagiarisme di Kalangan Mahasiswa Magister Universitas Airlangga. Phenomenon, 1-29.

Anggraeni, N. (2020). Pengaruh Kemampuan dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) Bandung. Didaktika, 54-74.

Arono, Syahriman, & Nadrah. (2021). Model E-Genre Based Learning dalam Pembimbingan Penulisan Proposal Skripsi Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Bengkulu. Disastra, 185-196.

As'ad, M. (2000). Psikologi Industri. Yogyakarta: Liberty.

Cooper, H. (2016). Ethical Choice in Research: Managing Data, Writing Reports, and Publishing Results in the Social Sciences. Washington, DC: American Psychological Association.

Creswell, J. (2012). Research Design, Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. California: Thousand Oaks.

Creswell, J. (2015). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative. LA: Pearson Education, Inc.

Daniel, F., & Taneo, P. N. (2019). Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Penyusunan Proposal Penelitian Pendidikan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 79-83.

Doni, S., & Edi, S. (2019). Kemampuan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Tridinanti Palembang dalam Menulis Proposal Penelitian. Parataksis: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 31-41.

Mulianah, S., & Rahman, A. (2019). Peningkatan Kemampuan Mahasiswa Membuat Proposal Penelitian Melalui Pembelajaran Langsung. Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 64-72.

Nurmasitah, S., Uchiyah, A., Prasetaningtyas, W., & Fatati. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Penyusunan Proposal Penelitian untuk Meningkatkan Keterampilan Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa. Teknobuga, 66-73.

Parmin. (2014). Penerapan Critical Review Artikel Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa dalam Menyusun Proposal Skripsi. Phenomenon, 91-110.

Shadiqi, M. A. (2019). Memahami dan Mencegah Perilaku Plagiarisme dalam Menulis Karya Ilmiah. Buletin Psikologi, 30-42.

Siregar, S. (2014). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Zulkarnain, R., & Gusti, R. (2020). Implementasi Teknik Form Group Discussion (FGD) dalam Meningkatkan Kualitas Hasil Belajar Melalui Mata Kuliah Seminar Proposal Skripsi. Jurnal Obor Penmas Pendidikan Luar Sekolah, 293-299.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpbk.v7i1.14611

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By