LAYANAN INDIVIDUAL UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN PESERTA DIDIK PADA SEMESTER GENAP SMP NEGERI 1 PAYAKUMBUH TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Abstract
Abstract
This study aims to improve student discipline at SMP Negeri 1 Payakumbuh, Payakumbuh City. The research method uses guidance and counseling actions (action research) from natural situations in Individual Services. Sources of data obtained from teachers and picket teachers. Data was collected through observation and interviews. Data processing using descriptive statistics. The results of the study show that through individual services it is proven that it can improve student discipline
Keywords: Individual Counseling and Discipline Services
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Disiplin Peserta Didik SMP Negeri 1 Payakumbuh, Kota Payakumbuh. Metode penelitian menggunakan tindakan bimbingan dan konseling (action research) dari situasi alamiah di dalam Layanan Individual. Sumber data diperoleh dari guru dan guru piket. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Pengolahan data menggunakan statistika deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui Layanan Individual terbukti dapat meningkatkan disiplin peserta didik
Kata Kunci: Layanan Konseling Individual dan Disiplin
Full Text:
PDFReferences
Ali Muhammad Syaikh Quthb, 2005. Amal Shaleh Pengantar ke Surga dan Penyelamat dari Neraka, Jakarta Timur: Pustaka al-Kautsar
Kemendikbud, D. G. dan T. K. (2016). Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan Dan Konseling Sekolah Menengah Pertama (SMP). Ditjen Guru Dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud, 1–144.
Permendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 111 Tahun 2014 Tentang Bimbingan Dan Konseling Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kemendikbud RI, 1–45.
Rohman, F. (2018). Peran Pendidik dalam Pembinaan Disiplin Siswa di Sekolah / Madrasah. Ihya Al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 4(1).
Setyaningrum, Y., Rais, R., & Setianingsih, E. S. (2020). Peran Guru Kelas dalam Pembentukan Karakter Disiplin pada Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 520. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.29752
Yohana, Y., Irhamni, G., & Heiriyah, A. (2019). Strategi Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengatasi Siswa Yang Tidak Disiplin Di Smp Negeri 17 Banjarmasin. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 5(2), 115. https://doi.org/10.31602/jbkr.v5i2.2188
Prayitno, E. A. (2004). Dasar-dasar bimbingan dan konseling. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Prayitno, 2004. Seri Layanan Konseling (Layanan L1 – L9): Jurusan Bimbingan dan Konseling Kakultas Ilmu Pendidikan UNP
Ilahi, R., Syahniar, & Ibrahim, I. (2013) Faktor yang Mempengaruhi Pelanggaran Disiplin Siswa dan Implikasinya Terhadap Layanan Bimbingan & Konseling. Konselor, 2 (2), 20-21
Kemendikbud, D. G. dan T. K. (2016). Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan Dan Konseling Sekolah Menengah Pertama (SMP). Ditjen Guru Dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud, 1–144.
Permendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 111 Tahun 2014 Tentang Bimbingan Dan Konseling Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kemendikbud RI, 1–45.
Rohman, F. (2018). Peran Pendidik dalam Pembinaan Disiplin Siswa di Sekolah / Madrasah. Ihya Al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 4(1).
Setyaningrum, Y., Rais, R., & Setianingsih, E. S. (2020). Peran Guru Kelas dalam Pembentukan Karakter Disiplin pada Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 520. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.29752
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpbk.v7i1.14614
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed By