STUDI DESKRIPTIF TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILLS SISWA SMA PANDEGLANG

Mualwi Widiatmoko, Robi Fetual, Feni Sulsiah, Rian Hadi Gumelar, Mina Miftahul falah

Abstract


Abstrak

Penelitian dilatarbelakangi oleh urgensi HOTS pada siswa, karena dimasa depan manusia akan dituntut untuk beradaptasi dengan semakin sedikitnya peluang pekerjaan, dan pesatnya kemajuan teknologi kecerdasan buatan yang banyak menggantikan peran manusia. Pada penelitian ini dugunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Subjek pada penelitian adalah siswa kelas XII SMA/MA kabupaten Pandeglang Tahun Pelajaran 2021/2022 yang terdiri dari 4 Sekolah. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dengan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukan rata-rata 17, 99% siswa berada pada kategori HOTS, 63, 92% siswa berada pada kategori  MOTS, 17,57%, dan 18,10% berada pada kategori LOTS. Hasil penelitian ini diharapkan agar dapat dijadikan landasan bagi peneliti untuk mendesain program layanan bimbingan dan konseling yang dapat digunakan untuk meningkatkan HOTS siswa

Kata Kunci: Higher Order Thinking Skills, HOTS , Siswa

 

Abstract

The research is motivated by the urgency of HOTS to students, due to the future of humans will adapt to the lack of job opportunities, and the rapid advancement of artificial intelligence technology that greatly enhances the role of humans. This study used quantitative approach with descriptive method. The subject used in this study is the students of class XII SMA/MA in Pandeglang district for the academic year 2021/2022 which consisted of four schools. The data analysis used in this study is descriptive statistics with the percentage technique. The results showed that the average of 17.99% of students were in the HOTS category, 63, 92% of students were in the MOTS category, and 18.10% were in the LOTS category. The results of this study are expected to be used as a basis for researchers to design guidance and counseling service programs that can be used to improve students' HOTS

Keywords


Higher Order Thinking Skills, HOTS , Siswa

Full Text:

PDF

References


Amini, N., & Naimah, N. (2020). Faktor Hereditas Dalam Mempengaruhi Perkembangan Intelligensi Anak Usia Dini. Jurnal Buah Hati, 7(2), 108–124.

Ariesta, F. W. (2018). Mengintegrasikan Higher Order Of Thinking Skill (HOTS) Pada Pembelajaran Sains Di SD. Retrieved from Binus Faculty of Humanities: Https://Pgsd. Binus. Ac. Id/2018/11/23/Mengintegrasikan-Higher-Order-of-Thinking-Skill-Hots-Pada-Pembelajaran-Sains-Di-Sd.

Bujuri, D. A. (2018). Analisis perkembangan kognitif anak usia dasar dan implikasinya dalam kegiatan belajar mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37–50.

Dinna Ririn Agustina, R. P. W. (2019). Peran Pendidikan Berbasis Higher Order Thinking Skills (Hots) Pada Tingkat Sekolah Menengah Pertama di Era Society 5.0 Sebagai Penentu Kemajuan Bangsa Indonesia. EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 7(2), 137–141. https://doi.org/10.25273/EQUILIBRIUM.V7I2.4779

Fanani, A., & Kusmaharti, D. (2014). Pengembangan Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) di Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal Penndidikan Dasar, 1(9), 1–11.

Fathurrohman, M. (2016). Pembawaan, keturunan, dan lingkungan dalam perspektif islam. KABILAH: Journal of Social Community, 1(2), 379–406.

Goleman, D. (2005). Working With Emotional Intelligence. Gramedia Pustaka Utama.

Ichsan, I. Z., Sigit, D. V., Miarsyah, M., Ali, A., Arif, W. P., & Prayitno, T. A. (2019). HOTS-AEP: Higher Order Thinking Skills from Elementary to Master Students in Environmental Learning. European Journal of Educational Research, 8(4), 935–942.

Joshi, P. (2017). Artificial intelligence with python. Packt Publishing Ltd.

Khiyarusoleh, U. (2016). Konsep dasar perkembangan kognitif pada anak menurut Jean Piaget. DIALEKTIKA Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 5(1).

Mustofa, M. H., & Rusdiana, D. (2016). Profil kemampuan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran gerak lurus. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 2(2), 15–22.

Nerizka, D., Latifah, E., & Munawwir, A. (2021). Faktor Hereditas Dan Lingkungan Dalam Membentuk Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, 1.

Pakpahan, R. (2021). Analisa Pengaruh Implementasi Artificial Intelligence Dalam Kehidupan Manusia. Journal of Information System, Informatics and Computing, 5(2), 506–513.

Purbaningrum, K. A. (2017). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Smp Dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 40–49. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2029

Putra, B. J. (2021). Studi Literatur: Teori Perkembangan Karir Donald Edwin Super. Al-Isyrof: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 3(1), 30–38. https://doi.org/10.51339/ISYROF.V3I1.296

Ramdani, Y. (2012). Pengembangan instrumen dan bahan ajar untuk meningkatkan kemampuan komunikasi, penalaran, dan koneksi matematis dalam konsep integral. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(1), 44–52.

Rochman, S., & Hartoyo, Z. (2018). Analisis High Order Thinking Skills (HOTS) Taksonomi Menganalisis Permasalahan Fisika. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 1(2), 78–88. https://doi.org/10.31539/spej.v1i2.268

Sani, R. A. (2019). Pembelajaran berbasis hots edisi revisi: higher order thinking skills (Vol. 1). Tira Smart.

Seifer, S. (2018). Hots Skill Developing Higher Order Thinking In Young Learnings. Yorkton Count: Redleaf Press.

Setyaningrum, R., Utami, H. N., & Ruhana, I. (2016). Studi Pada Karyawan PT . Jasa Raharja Cabang Jawa Timur. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 36(1), 10.

Sholihah, D., & Niam, Z. W. (2019). Landasan filosofis pembelajaran agama Islam perspektif hereditas, lingkungan, kebebasan manusia dan inayah Tuhan. At-Tarbiyat: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 158–172.

Siswono, T. Y. E. (2005). Upaya meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui pengajuan masalah. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 10(1), 1–9.

Supardi, U. S. (2015). Peran berpikir kreatif dalam proses pembelajaran matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(3).

Ulya, H. (2016). Profil kemampuan pemecahan masalah siswa bermotivasi belajar tinggi berdasarkan ideal problem solving. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(1).

Widana, I. W. (2017). Higher Order Thinking Skills Assessment (HOTS). 3.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpbk.v7i2.17598

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By