STRESS AKADEMIK MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN ONLINE SELAMA PANDEMIC COVID-19
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tentang stressor akademik mahasiswa pada program studi bimbingan dan konseling FKIP UNTAN dalam pembelajaran online selama pandemic covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Sampel dalam penelitian berjumlah 100 mahasiswa dengan random sampling. Instrumen stressor akademik dalam penelitian ini diadaptasi dari alat ukur Gadzella’s Student-Life Stress Inventory dengan jumlah 25 butir soal. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase correction. Hasil penelitian menunjukan stressor akademik mahasiswa dalam pembelajaran online dalam kategori cukup tinggi dengan prosentase sebesar 60%. Stressor akademik mahasiswa ini meliputi: Frustrations dengan kategori “Rendah”; Conflicts dengan kategori “Cukup tinggi”; Pressures dengan kategori “Rendah sekali”; Changes dengan kategori “Cukup tinggi”; Self-imposed dengan kategori “Rendah sekali”
Kata kunci: Stressor Akademik; Pembelajaran Online; Pandemi Covid-19 Abstract: The purpose of this study was to find out about the academic stressors of students in the guidance and counseling study program of FKIP UNTAN in online learning during the covid-19 pandemic. This study uses a quantitative method with a descriptive approach. The sample in the study amounted to 100 students with random sampling. The academic stressor instrument in this study was adapted from the Gadzella's Student-Life Stress Inventory measuring instrument with a total of 25 questions. The data analysis technique uses the percentage correction formula. The results showed that the academic stressor of students in online learning was in a fairly high category with a percentage of 60%. These student academic stressors include: Frustrations in the “Low” category; Conflicts with the category “High enough”; Pressures with the category “Very low”; Changes with the category “High enough”; Self-imposed with category “Very low”
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arizona, Abidin, dkk. (2020). Pembelajaran online berbasis proyek salah satu solusi kegiatan belajar mengajar di tengah pandemi covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1).
Barseli, M., & Ifdil, I. (2017). Konsep Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 5(3), 143-148.
Eryanti Fachrosi. (2012). Perbedaan Stres Akademik antara Kelompok Siswa Minoritas dengan Mayoritas di SMP WR. Supratman 2 Medan. Skripsi (tidak diterbitkan). USU Medan.
Fitriasari, A., Septianingrum, Y., Budury, S., Khamida, K. (2020). Stres pembelajaran Online Berhubungan Dengan Strategi Koping Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Keperawatan, 12(4), 985-992
Gadzella, B. M. & Masten, W. G. (2005). An analysis of the categories in the student-life stress inventory. American Journal of Psychology Research, 1 (1), 1-10.
Sayuti, R. H & Hidayati, S.A. (2020). Dam[pak Pandemi Covid-19 Terhadap Ekonomi Masyarakat di Nusa Tenggara Barat. Jurnal RESIPROKAL. Vol. 2 No.2 (133-150).
Setiawan, S., & Handoyo, A. W. (2020, November). Pelatihan Keterampilan Kesehatan Mental Bagi Guru Menghadapi Stres Dalam Masa Pembelajaran Daring. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 3, No. 1, pp. 362-366).
Teguh, R, Adji, F.F, Wilentine, V, Usup, H& Sahay, A.S. (2020).Dampak psikologis pandemic Covid-19 terhadap mahasiswa di Kalimantan Tengah. Jurnal. DOI: 10.13140/RG.2.2.26837.04321
Yanuarita, H., & Haryati, S. (2021). Pengaruh Covid-19 Terhadap Kondisi Sosial Budaya Di Kota Malang Dan Konsep Strategis Dalam Penanganannya. Jurnal Ilmiah Widya Sosiopolitika, 2(2), 58-71
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpbk.v7i2.17599
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed By