ANALISIS LITERATUR KESADARAN DIRI TERHADAP BUDAYA 5S (SENYUM, SAPA, SALAM, SOPAN, DAN SANTUN)

Lilis Setianawati, Najlatun Naqiyah, Mochamad Nursalim, Budi Purwoko

Abstract


Budaya 5S yang terdiri dari senyum, sapa, salam, sopan santun, dan santun merupakan pendekatan sederhana namun efektif dalam membangun lingkungan sosial yang harmonis dan produktif. Artikel ini membahas pentingnya kesadaran diri dalam menerapkan budaya 5S di berbagai konteks, baik di tempat kerja, pendidikan, maupun dalam kehidupan sehari-hari. Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah studi kepustakaan dengan pendekatan kualitatif. Kesadaran diri pada individu merupakan kemampuan untuk mengenali, memahami, dan mengendalikan emosi serta perilaku mereka sendiri dalam interaksi sosial. Dengan meningkatkan kesadaran diri, individu mampu menerapkan prinsip-prinsip 5S, yang pada gilirannya memperbaiki komunikasi, memperkuat hubungan antarpribadi, dan menciptakan suasana yang lebih positif.

Keywords


Perilaku, Kesadaran diri, 5S

Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Agung, Andika. 2023. “Analisis Kesadaran

Diri Dan Motivasi Belajar Terhadap

Disiplin Belajar Mahasiswa Program

Studi Manajemen Di Universitas

Perjuangan Tasikmalaya.” : 1–17.

Amalia, Eneng Fitri. 2020. “TINGKAT

KESADARAN DIRI TERHADAP

KESEHATAN MEENTAL UNTUK

ATLET MUAY (UKM)

UNIVERSITAS

SURYAKANCANA.” : 1–8.

Azzahra, Dinda. 2024. “Penerapan Budaya

S Sebagai Penguatan Karakter Di

SMK Muhammadiyah 1 Wates.” : 1–

Daniel Goleman, Robert Steven Kaplan,

Susan David, Tasha Eurich. 2018. SelfAwareness (HBR Emotional

Intelligence Series).

https://www.google.co.id/books/editio

n/Self_Awareness_HBR_Emotional_I

ntelligenc/CcRVDwAAQBAJ?hl=en.

Ermayani, Tri. 2015. “Pembentukan

Karakter Remaja Melalui

Keterampilan Hidup.” Jurnal

Pendidikan Karak te v(2): 127–41.

Farenti, Farenti, and Fellicia Ayu Sekonda.

“Pengaruh Kesadaran Diri (Self

Awareness) Terhadap Perencanaan

Karier Pada Siswa Kelas XI Di SMA

Negeri 3 Kota Jambi.” Jurnal

Pendidikan Tambusai 6(3): 13640–46.

Kristiyani, Titik. 2016. SELFREGULATED LEARNING.

Maksum, Khanif. 2019. “Implementasi

Pembentukan Karakter Siswa Melalui

Program Penerapan 5 S ( Senyum,

Sapa, Salam, Sopan, Santun) Di SD

Muhammadiyah Ambarbinangun

Bantul.” LITERASI (Jurnal Ilmu

Pendidikan) 9(2): 90.

Martine Nida-Rümelin. 2017. “SelfAwareness.” Review of Philosophy

and Psychology 8(1): 55–82.

Nugroho, Hery, and Nurhana Marantika.

“Perencanaan Komunikasi

Pendidikan Karakter Bagi Anak

Berkebutuhan Khusus Sekolah Dasar

Muhammadiyah Kota Madiun.”

Sahafa Journal of Islamic

Communication 1(2): 157.

Prasantri, Ditha. 2017. “Penggunaan Media

Komunikasi Bagi Remaha Perempuan

Dalam Pencarian Informasi

Kesehatan.” Angewandte Chemie

International Edition, 6(11), 951–952.

(1): 5–24. http://repo.iaintulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf.

Prasetya, Shema Andi. 2024. “View of

Implementasi Budaya 5S Sebagai

Upaya Pembentukan Karakter

Siswa.Pdf.” : 1–6.

Sabriana, Oleh Isa, and Jerry Indrawan.

“Jurnal Lembaga Ketahanan

Nasional Republik Indonesia

Mengembangkan Kesadaran Diri (

Self-Awareness ) Masyarakat Untuk

Menghadapi Ancaman NonTradisional : Studi Kasus Covid-19.”

Jurnal Lembaga Ketahanan Nasional

Republik Indonesia 8(2): 131–50.

Santrock, John W. 2003. 28 cm Erlangga

Adolescence Perkembangan Remaja.

https://inlislite.uinsuska.ac.id/opac/detailopac?id=19699.

Suwanto, Insan. 2016. “Konseling

Behavioral Dengan Teknik Self

Management Untuk Membantu

Kematangan Karir Siswa SMK.” JBKI

(Jurnal Bimbingan Konseling

Indonesia) 1(1): 1.

Yaniawati, Poppy. 2020. “Penelitian Studi

Kepustakaan.” Penelitian

Kepustakaan (Liberary Research)

(April): 15.

Zsantana, Prezthidya Negtha, and I Made

Suwanda. 2022. “Penguatan NilaiNilai Pendidikan Karakter Dan Moral

Melalui Program 5S (Senyum Sapa

Salam Sopan Santun) Di SMK Negeri

Trenggalek Pada Masa Pandemi

Covid-19.” Kajian Moral dan

Kewarganegaraan 11(1): 222–36




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpbk.v9i2.25494

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By