PENGARUH STRES TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALOPO

Haedar Haedar, Putri Putri, Nur Ainun

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manajemen stress terhadap prestasi belajar mahasiswa di universitas muhammadiyah palopo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif Dimana jumlah populasi yang digunakan seluruh mahasiswa UMP dan sampel terdiri dari 31 sampel. Penelitian ini menggunakan Teknik Simple Random Sampling. Dan menggunakan data primer berupah kuesioner hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara variabel stress (X) terhadap prestasi belajar (Y) alternatif pengelolaan stress dan rasa belajar pada mahasiswa yaitu  mendalami pengetahuan, beristirahat sejenak, berlibur, mengurangi beban pikiran, berkonsentrasi dan berfikir positif.

 

Kata Kunci: : stress, prestasi belajar, mahasiswa

 


Keywords


stress

Full Text:

PDF

References


Alifa, RN (2022). Pengaruh Manajemen Stres Terhadap Kinerja Pegawai Dan Dosen di Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Uin Alauddin Makassar. Kepemimpinan Pendidikan: Jurnal Manajemen Pendidikan , 2 (01), 1-16.

Fajhriani, D. Afnibar, & Zuwida.(2021). Tingkat Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Bimbingan Konseling Islam FDIK UIN Imam Bonjol Padang. Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 12(1).

Indrawati, AD, Sintaasih, DK, Wibawa, MA, & Suryantini, NPS (2016). Analisis faktor penentu prestasi belajar mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udyana. Jurnal Ilmu Manajemen (JUIMA) , 6 (1).

Mona, S., & Yunita, P. (2021). Faktor-faktor yang berhubungan dengan prestasi belajar mahasiswa. Menara Ilmu: Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah, 15(2).

Mona, S., & Yunita, P. (2021). Faktor-faktor yang berhubungan dengan prestasi belajar mahasiswa. Menara Ilmu: Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah, 15(2).

Nurharyanto, DW, & Jailani, J. (2024). PENGARUH PENDEKATAN PROBLEM POSING TERHADAP PRESTASI BELAJAR & KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Cendekiawan: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan , 14 (2), 155-166.

Putri, M., & Bachri, Y. (2022). Efektifitas Manajemen Stres Terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan Remaja Dimasa New Normal. Menara Ilmu: Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah, 16(1).

Ulfah, U., & Arifudin, O. (2021). Pengaruh Aspek Kognitif, Afektif, Dan Psikomotor Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 2(1), 1–9. Http://Ojs-Steialamar.Org/Index.Php/Jaa/Article/View/88

Wahyuningtiyas, E. P., Fasikhah, S. S., & Amalia, S. (2019). Hubungan manajemen stres dengan perilaku prokrastinasi akademik pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang), 10(1), 28-45.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpbk.v10i1.26087

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By