HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DI SMA 4 KOTA JAMBI
Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilator belakangi dari fenommena lapangan yang ada di SMA Negeri 4 Kota Jambi yang disebarkan kepada 42 siswa sebagai sampel, yang bertujuan untuk mengetahui tingkat komunikasi interpersonal orang tua siswa, mengetahui tingkat kepercayaan diri siswa, mengetahui hubungan komunikasi interpersonal dengan kepercayaan diri siswa. Metode penelitian menggunakan uji persentase, uji normalitas, lineariitas dan korelasi. Adapun hasil penelitian uji korelasi komunikasi interpersonal (X) berada pada klasifikasi tingkat tinggi sebesar 78,5%. dan kepercayaan diri (Y) berada pada klasifikasi tingkat tinggi sebesar 70,1%. Hasil uji korelasi sebesar 0,517 yang mana hasil r hitung > 0,05, sehingga Ha diterima Ho ditolak
Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal, Kepercayaan Diri.
Abstrack
This research is based on field phenomena at SMA Negeri 4 Jambi City which was distributed to 42 students as a sample, which aims to determine the level of interpersonal communication between parents of students, determine the level of student self-confidence, and determine the relationship between interpersonal communication and student self-confidence. The research method uses percentage tests, normality tests, linearity and correlation. The research results of the interpersonal communication correlation test (X) are at a high level of classification at 78.5%. and self-confidence (Y) is at a high level classification of 70.1%. The correlation test result is 0.517, where the calculated r result is > 0.05, so Ha is accepted, Ho is rejected.
Keywords: Interpersonal Communication, Self-Confidence.
Full Text:
PDFReferences
Badawi, M. A. B. A., & Rahadi, D. R. (2021). Analisis Komunikasi Interpersonal Antar Mahasiswa President University. Communicology: Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(1), 123-137.
Dewi, D. M., Supriyo, & Suharso. (2013). Kepercayaan Diri Ditinjau Dari Pola Asuh Orang Tua Pada Siswa Kelas VII (Studi Kasus). Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 2(4), 9–16. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk
Dyatmika, T. (2021). ilmu komunikasi. zahir publishing.
Hasmainy, B. (2014). hubungan antara kepercayaan diri dengan penyesuaian diri remaja. volume 06, 1–7.
Jalaludin, R. (2015). psikologi komunikasi. PT REMAJA ROSDAKARYA.
Liliweri, A. (2015). komunikasi antar personal. PT Adhitya Andrebina Agung.
Mildawani, T. (2014). Membangun Kepercayaan Diri. Lestari Kiranatama.
Sutja, a. dkk. (2017). penulisan skripsi untuk prodi bimbingan dan konseling. penerbit wahana resolusi.
Yulianti, Y., & Astuti, M. T. (2023). Komunikasi Keluarga Sebagai Sarana Keharmonisan Keluarga. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 4609-4617.
Yulianti, Y., Fitriani, R., & Khairunisa, H. (2023). Komunikasi Dalam Keluarga Sebagai Sarana Pembentukan Karakter Anak. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 7406-7413.
Yulianti, Y., Rosantika, M. T., & Susanti, M. (2023). Identifikasi Pola Komunikasi Dalam Keluarga Broken Home. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 6508-6516.
Tanjung, Z., & Amelia, S. (2017). Menumbuhkan Kepercayaan Diri Siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2), 2–6. https://doi.org/10.29210/3003205000
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpbk.v9i2.26441
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed By