ANALISIS KEBUTUHAN UNTUK MENUMBUHKAN KEMAMPUAN MERAWAT DIRI SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS MELALUI PROGRAM BK

Andini Sundari Adi Puteri, Siti Hajar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis Kebutuhan Kemampuan merawat diri siswa berkebutuhan khusus pada program BK yang ada di sekolah. Metode yang digunakan yaitu studi Narative Kualitatif, informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kurikulum, kesiswaan, sarana prasarana, guru BK, orang tua siswa, teman sebaya dan juga siswa berkebutuhan khusus. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi, observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan merawat diri siswa berkebutuhan khusus di sekolah sudah bisa berpakaian sendiri, berhias sendiri, makan/minum sendiri, namun masih ada beberapa siswa berkebutuhan khusus yang perlu bantuan dalam menyiapkan urusan pribadi di lingkungan rumah. Program BK berdasarkan hasil analisis kebutuhan melalui asesmen tes dan non tes yaitu layanan konseling pribadi pada kemampuan merawat diri belum terlaksana secara optimal.

Keywords


Anak Berkebutuhan Khusus, Kemampuan Merawat Diri, Program Bimbingan Konseling

Full Text:

PDF

References


Abadi, R. F., Asmiati, N., & Elsa, D. S. (2021). Keterampilan Bimbingan Merawat Diri Pada Anak dengan Hambatan Intelektual Usia 12 Tahun di kp. Binuang Randu, Kec. Binuang, Kab. Serang-Banten. Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 10– 16.

Aldjon Nixon Dapa & Meisie Lenny Mangantes. (2021). BIMBINGAN KONSELING ANAK

BERKEBUTUHAN KHUSUS. Deepublish.

DR. IRDAMURNI, M. P. (2016).

MEMAHAMI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (M. H. Dr. Hj. Novia Juita (ed.)).

Dr. Muhammad Hasan, S.Pd., M. P. (n.d.).

METODE PENELITIAN KUALITATIF. Tahta Media Group.

Gusti, N. S. (2021). Implementasi Pendidikan Inklusi dalam Setting Sekolah Menengah Atas di Kota Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(3), 532. https://doi.org/10.33394/jk.v7i3.3469

Lukman Fahmi S.Ag., M. P. (2014).

KONSELING KHUSUS. IAIN Surabaya.

BERKEBUTUHAN

Nurrahmawati, R. (2022). Kemampuan Merawat Diri dan Mencuci Tangan bagi Anak Hambatan Intelektual. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(2), 56.

Putra, M., & Kasiyati. (2019). Meningkatkan Kemampuan Merawat Diri Dalam Keterampilan Menggosok Gigi Dengan Menggunakan Model Direct Instruction Pada Anak Tunagrahita Sedang. Juppekhu: Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 7(157), 3. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jup pekhu

Ramadhana, R. N. (2020). Tantangan Pendidikan Inklusi Dalam Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Lambung Mangkurat, 1– 10. http://dx.doi.org/10.31219/osf.io/n8rx u

Siahaan, Y. Y. (2023). TANTANGAN

Sunan

Ampel

DALAM MENDIDIK ANAK PENDERITA TUNAGRAHITA. Pediaqu:Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, Vol. 2, No.

Sriasih, N. K., Krisnandari D, A. A. I. W., Rahyanti, N. M. S., & Dewi, N. W. E. P. (2023). Self Care Agency Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Luar Biasa. Jurnal Riset Kesehatan Nasional, 7(2), 156–162. https://doi.org/10.37294/jrkn.v7i2.524

Utami, U. T. (2018). MERAWAT DIRI SENDIRI UNTUK ANAK TUNAGRAHITA (M. Taufik (ed.)). PT Wangsa Jatra Lestari.

Yansen Alberth Reba, S.Pd.K., M. P. (2021). BIMBINGAN DAN

KONSELING

BERKEBUTUHAN KHUSUS (H. Subakti (ed.)). EUREKA MEDIA AKSARA.

Zubaidah, & Utomo, P. (2021). Pola Pembelajaran dalam Layanan Bimbingan dan Konseling terhadap Siswa Berkebutuhan Khusus (Tunagrahita) di Sekolah Luar Biasa. JAMBURA Guidance and Counseling Journal, 2(2), 62–73. https://doi.org/10.37411/jgcj.v2i2.950

Sudrajat, D., & Rosida, L. (2013). Pendidikan bina diri bagi anak berkebutuhan khusus. Jakarta: PT. Luxima Metro Media, 2-5.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpbk.v9i2.26555

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By