EMPTY CHAIR TECHNIQUE DAN JOURNALING THERAPY DALAM MENGATASI SELF HARM PADA REMAJA
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan teknik empty chair dan journaling therapy pada klien yang memiliki gangguan perilaku self harm dalam layanan konseling individu. Objek penelitian adalah seorang remaja berusia 15 tahun. Permasalahan ini diteliti menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian studi kasus. Data-data penelitian dikumpulkan melalui kegiatan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif menggunakan model analisis interaktif. Hasil penelitian ini diperoleh berdasarkan pelaksanaan layanan konseling individu menggunakan teknik konseling empty chair dan journaling therapy yang dilakukan beberapa tahap. Melalui konseling individu menggunakan teknik empty chair dan journaling therapy, konselor berhasil mengatasi gangguan perilaku self-harm pada remaja.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Author, A. A., Author, B. B., & Author, C. C. (yyyy). Title of article in sentence-style capitalisation. Title of Journal in Italics and Heading-style Capitalisation, vol(issue), pp–pp. doi URL
Alvian., A & Sinthia, R. (2020). Konseling Individu Pendekatan Behavioral Terhadap Perilaku Membolos Siswa SMPN 22 Kota Bengkulu. Jurnal Consilia, 3(1), 38-45
BEHAVIOR. In J. M. Rey, e-Textbook of Child and Adolescent MentalHealth (pp. 1-35). Ganeva: IACAPAP.
Corey, Geralt. 2009.Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung: Refika Adimata.
Corporate, B. (2004). What School Counselors Should Know About Self Injury Among Adolescents: A Literature Review. A Research Paper, University of Wisconsin-Stout.
Darminto, Eko. 2000. Teori-Teori Konseling. Surabaya:Anggota IKAPI Departemen Agama RI. 1995. Al-Quran dan Terjemahannya, Jakarta: yayasan Penyelenggaraan dan Penerjemahan Al-Qur`an.
Ee, G. T., & Mey, S. C. (2011). Type of Self-Hurt Behavior Among Chinese Adolescents in Malaysia. Procedia - Social and Behavioral Sciences 29 , 1218 – 1227
Endraswara, S. (2006). Metode, Teori, Teknik Penelitian KebudayanL Ideologi, Epistemologi, dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.
Ida Fitria, et.al., Menulis Ekspresif Untuk Anak Jalanan: “Suatu Metode Terapi Menulis Dalam Diary Melalui Modul Eksperimen”, Jurnal Psikoislamedia, Vol 1, 2016.
Jans, T., Taneli, Y., & Warnke, A. (2012). SUICIDE AND SELF-HARMING
Klonsky, E. D., Walsh, B., lewis, S. P., & Muehlenkamp, J. J. (2011). Nonsucidal Self-Injury. Canada: Hogrefe
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. sage.
Millard, C. (2015). A History of Self-Harm in Britain. United Kingdom: University of London.
Moleong, L. J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja
Nawawi, Hadati dan M. Martini. 2005. Penelitian Terapan. Yogyakarta: Gajah 47 Mada University Press. Rosdakarya.
Prito Windiarto, (2015), Menulis Buku Harian, Pengertian dan Contoh Buku Harian tersedia: http://www.pelajaranbahasaindonesia.com/2015/08/28/menulis-bukuharian-pengertian- dan contoh-buku-harian/diunduh pada 26 September 2017
Rao, K. N., Sudharsan, C. Y., & Begum, S. (2008). Self-Injurious Behavior : A Clinical Appraisal. Indian Journal of Psychiatry, Vol. 50, No. 04, 288- 297.
Safaria, Triantoro. 2004. Terapi dan Konseling Gestalt. Yogjakarta: Graha Ilmu.
Satria Nova, Agar Menulis Seenteng Bicara, Lukita, yogyakarta, 2011
Siswono, Mengajar Dan Meneliti Tindakan Kelas, (Surabaya: Unesa Univercity Press, 2008), hal. 23.
Suharsaputra, U. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Bandung: Refika Aditama.
Sugiyono, S. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suryaman., N., Wahjuningtijas, R., & Wulandari., W. (2024). Journaling Therapy dalam Mengatasi Stres Guru Bimbingan dan Konseling SMK di Kabupaten Bogor. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur, 10(1), 72-83
Thesalonika & Apsari, N. (2021). Perilaku Self-Harm atau Melukai Diri Sendiri Yang Dilakukan Oleh Remaja. Jurnal Pekerjaan Sosial, 4(2), 213-224.
Triantoro Safaria, Terapi dan Konseling Gestalt, (Yogjakarta: Graha Ilmu, 2004)
Whitclok, J. (2009). The Cutting Edge: Non-Suicidal Self-Injury in Adolescence. Research Facts and Findings, 1-9.
Whitlock, J. L., Powers, J. L., & Eckenrode, J. (2006). The Virtual Cutting Edge: The Internet and Adolescent Self-Injury. Developmental Psychology, Vol. 42, No. 3, 1-12.
Whitlock, J., Muchlankamp, J., & Eckenrode, J. (2007). Variation in Non-Suicidal Self-Injury: Identification and Features of Latent Classes in Collage Population of Youn Adults. Variation in NSSI, 1-35.
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpbk.v10i1.29234
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed By