IMPLEMENTASI LAYANAN KONSELING KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN KETUNTASAN BELAJAR IPA DI KELAS VIIA SMPN 3 CILEGON TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan ketuntasan belajar Ilmu Pengetahuan Alam pada peserta didik kelas VIIA SMPN 3 Cilegon. Metode penelitian menggunakan tindakan bimbingan dan konseling (action research) dari situasi alamiah di dalam kelompok. Sumber data diperoleh dari siswa, guru IPA, guru BK, dan Kepala sekolah. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi kelas, pemberian angket, dan data hasil penilaian harian IPA ke-1, 2 dan 3. Pengolahan data menggunakan statistika deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan konseling kelompok terbukti dapat meningkatkan ketuntasan belajar Ilmu Pengetahuan Alam peserta didik.
Kata Kunci : Layanan konseling kelompok, kriteria ketuntasan minimal
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Berg.R.C & Johson ,JA.(Eds), 1971, Group Counseling : A Source Book of Theory and Practice, Texas: American Continental Publish
Dewa Ketut Sukardi. 2008, Proses Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Saiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Indrawati, dan Maman Widjaya, 2001. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) Bandung. Pusat Pengembangan Penataran Guru IPA
Ohlsen, M. Merle. 1995. Group Counseling. New York: Holt Rinehart and Winston Inc
Poerawardarminto, W.J.S. 1996. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Prayitno. 2002. Panduan Umum Pelayanan Bimbingan dan Konseling Berbasis Kompetensi. Jakarta: Depdiknas
Reber, Arthur S. 1988. The Penguin Dictionary of Psycology. Ringwood Victoria: Penguin Books Australia Ltd
Rosmala Dewi. 2016. Profesionalisasi Guru Bimbingan Konseling Melalui Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling. Medan: Universitas Negeri Medan.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Syah, Muhibbin. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpbk.v3i2.3936
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed By