NILAI-NILAI KARAKTER DALAM KESENIAN RAMPAK BEDUG CIWASIAT KABUPATEN PANDEGLANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk medeskripsikan dan mengnalisis nilai karakter dalam Rampak Bedug Ciwasiat di Bale Seni Ciwasiat Kabupaten Pandeglang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Penelitian ini dilaksanakan di sanggar Bale Seni Ciwasiat Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten. Subjek dalam penelitian ini adalah pemain Rampak Bedug Ciwasiat, pemilik sanggar atau pelatih Rampak Bedug Ciwasiat, dan budayawan atau seniman Rampak Bedug Pandeglang. Pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Nilai karakter dalam Rampak Bedug Ciwasiat yaitu nilai kedisiplinan, religius, cinta tanah air, tanggung jawab, dan kerja keras.
Kata Kunci: nilai-nilai karakter, rampak bedug
VALUES OF CHARACTER IN THE ART OF “RAMPAK BEDUG CIWASIAT” AT BALE SENI CIWASIAT PANDEGLANG REGENCY
The objectives of the research were to describe and analyze the character values at Rampak Bedug Ciwasiat in Bale Seni Ciwasiat Pandeglang Regency. This research uses qualitative research type with ethnography approach. This research was conducted in studio of Bale Seni Ciwasiat Pandeglang Regency Banten Province. The subjects in this research were players of Rampak Bedug Ciwasiat, owner ot coach of Rampak Bedug Ciwasiat, and humanists or Rampak Bedug Pandeglang artists. Data collection used participant observation, in-depth interviews, and documentation. The results of the study are as follows. Values of character in Rampak Bedug Ciwasiat are discipline values, religious, love of the homeland, responsibility, and hard work.
Keywords: character values, rampak bedug
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Agboola, Alex dan Tsai, Kaun Chen. (2012). Bring Character Education into Classroom. dalam jurnal European Journal of Educational Research. 1(2). 163-170. Eurasian Society of Education Research, USA.
Anwar, Shabri Shaleh. (2014). Tanggung Jawab Pendidikan Dalam Perspektif Psikologi Agama. dalam jurnal Psympathic. Jurnal Ilmiah Psikologi. 1(1). 11-21. UIN Bandung.
Dewantara, Ki Hadjar. (1977). Pemikiran, Konsepsi, Keteladanan, sikap Merdeka I (Pendidikan). Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa. Yogyakarta.
Hartono dan Normalita, Adityas. (2016). Proses penanaman nilai-nilai karakter dalam pembelajaran biola di SD Budi Mulia Dua. dalam jurnal Catharsis: Jurnal of Arts Education. 5(1). 1-8. Unnes Semarang
Herawati, Enis Niken. (2015). Nilai-Nilai Karakter yang Terkandung dalam Dolanan Anak pada Festival Dolanan Anak Se-DIY 2013. Dalam Jurnal Imaji. 13(1), 13-27, UNY Yogyakarta.
Ghony, M,. Junaidi, & Almanshur, Fauzan. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Karmini, Ni Nyoman. (2020). Pendidikan Karakter dalam Cerita Rajapala. dalam Mudra. 35(1). 22-29. ISI Denpasar.
Muljono, Untung. (2016). Tari Anak Untuk Pendidikan Karakter. dalam Proceding Seminar Nasional Pendidikan Seni. di Jurusan Pendidikan Seni Tari Fakultas Bahasa dan Seni UNY.
Niza, Ayu Machfauzia. (5-6 march 2014). The Art of Gejog Lesung in Modern Times: A Dedication for Local Wisdom. dalam The 1st International Conference for Arts and Arts Education on Indonesia (ICAAE). di Fakultas Bahasa dan Seni UNY.
__________. (26-30 June 2013). Moral Values In The Song of Cublak-Cublak Suweng, dalam The APNME 8th Annual Conference. di Fakultas Teknik UNY.
Rachmawati, Yeni. (2010). The Role of Music in Character Building. dalam jurnal The International Journal of Learning. 17(9). 61-76.
Rizal, Syamsul. (2019). Struktur Pola Tabuh Rampak Bedug pada Sanggar Bale Seni Ciwasiat Kabupaten Pandeglang. Dala Jurnal Panggung. 29 (4). 407- 408. ISBI Bandung.
Rohbiah, Tatu Siti. (2013). Telaah Seni Rampak Bedug Sebagai Media Dakwah di Banten. Jurnal Bimas Islam. 6(3). 455-576. Kemenag Jakarta.
Spradley, James P. (2007). Metode Etnografi. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Wisnarni. (2017). Menumbuhkembangkan Karakter Cinta Tanah Air Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Berbasis Kebiasaan pada Sdn No 119/III Koto Majidin Hilir. dalam jurnal Tarbawi. 13(1). 51-63. UIN Jambi.
Wuryandani, Wuri. (2014). Pendidikan Karakter Disiplin di Sekolah Dasar. dalam jurnal Cakrrawala Pendidikan. 33(2). 286-295. UNY Yogyakarta.
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpks.v6i1.10341
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My StatsThis work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Copyright @Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. All right reserved p-ISSN 2503-4626 | e-ISSN 2528-2387