PERSEPSI SISWA SMA DI BANDAR LAMPUNG TERHADAP PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI PLATFORM SENI PERTUNJUKAN VIRTUAL

Afrizal Yudha Setiawan, Nabilla Kurnia Adzan, Ricky Warman Putra

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan persepsi siswa SMA di Bandar Lampung terhadap pemanfaatan media sosial sebagai platform seni pertunjukan virtual. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik one shoot/pengukuran yang dilakukan satu kali. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket/kuisioner dengan skala likert 1-5. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa SMA di Bandar Lampung memiliki persepsi yang cukup baik terhadap pemanfaatan media sosial sebagai platform seni pertunjukan virtual. Dari 372 responden, sebanyak 154 atau 41,40% responden memiliki persepsi yang baik, 192 atau 51,61% responden memiliki persepsi cukup baik, 19 atau 5,11% responden memiliki persepsi kurang baik, dan 7 atau 1,88% responden memiliki persepsi tidak baik. Persepsi siswa dalam penelitian ini dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah faktor minat, sikap, motivasi, apresiasi, dan harapan. Faktor minat, sikap, dan motivasi berada pada kategori “Cukup Baik”, dengan persentase 58,87%; 59,41%; dan 49,46%; sedangkan faktor apresiasi dan harapan berada pada kategori “Baik” dengan persentase 61,83%; dan 81,99%.

Kata Kunci: persepsi siswa, seni pertunjukan virtual, media sosial.

 

 


Keywords


persepsi siswa, seni pertunjukan virtual, media sosial.

Full Text:

PDF

References


Akram, W. Kumar, R. 2017. A Study on Positive and Negative Effects of Social Media on Society. International Journal of Computer Sciences and Engineering, Volume 5 Issue 10, 347 – 354

Bulut, M. 2018. Digital Performance: The Use of New Media Technologies in the Performing Arts. A Thesis. Aristotle University of Thessaloniki.

Cervone, D. & Pervin, L. 2011. Kepribadian: teori dan Penelitian. Jakarta: Salemba Humanika.

Feist, J., Feist G. 2012. Teori Kepribadian: Theories of Personalitiy. Jakarta: Salemba Humanika

Setiawan, A.Y., dkk. 2021. Peran Seni Pertunjukan di Sekolah sebagai Media Aktualisasi Diri Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Unila.

Sugihartono, at al. 2015. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta. UNY Press

Thoha, M. (2013). Prilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Tim Redaksi Pustaka Yustisia. 2013. Perundangan tentang Kurikulum Sistem Pendidikan Nasional 2013. Yogyakarta: Pustaka Yustisia.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpks.v6i2.12902

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats
  • Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Copyright @Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. All right reserved p-ISSN 2503-4626 | e-ISSN 2528-2387