PERANCANGAN APLIKASI MAGIC CARD AUGMENTED REALITY PADA GERAK DASAR TARI SUNDA

Azkia Ismiati, Fuja Siti Fujiawati, Alis Triena Permanasari

Abstract


Abstract : Technology today is growing rapidly, one example of the development of technology today is augmented reality. Based on the phenomenon of utilization of augmented reality technology in various fields, but the utilization of augmented reality technology has not been found in identifying the basic motion of Sundanese dance. This Sundanese Dance Basic Movement Card application aims to design and test the feasibility of an application that can be used as a learning innovation. The method used in this study is the ADDIE model, which consists of several stages, namely analysis, design, development, implementation and evaluation. The test was conducted by 4 material experts, 4 media experts and 30 respondents. The test results to material experts are 89.68%, the test results to media experts are 92.70% and the test results to reponden by 91.42% with the category of Augmented Reality Magic Card Application on Sundanese Dance Basic Motion is very feasible to use

 

Keywords : Application Augmented Reality, Sundanese Dance Basics

 

 

Abstrak : Teknologi saat ini berkembang semakin pesat, salah satu contoh perkembangan teknologi saat ini adalah augmented reality. Berdasarkan fenomena pemanfaatan teknologi augmented reality di berbagai bidang, namun pemanfaatan teknologi augmented reality belum ditemukan dalam mengidentifikasi gerak dasar tari Sunda. Aplikasi Kartu Gerakan Dasar Tari Sunda ini bertujuan untuk merancang dan menguji kelayakan sebuah aplikasi yang dapat digunakan sebagai inovasi pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE, yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Pengujian dilakukan oleh 4 ahli materi, 4 ahli media dan 30 responden. Hasil pengujian kepada ahli materi yaitu sebesar 89.68%, hasil pengujian kepada ahli media yaitu sebesar 92.70% dan hasil pengujian kepada reponden sebesar 91.42% dengan kategori Aplikasi Magic Card Augmented Reality Pada Gerak Dasar Tari Sunda sangat layak untuk digunakan.

 

Kata Kunci : Aplikasi, Augmented Reality, Gerak Dasar Tari Sunda

 


Keywords


Aplikasi, Augmented Reality, Gerak Dasar Tari Sunda

Full Text:

PDF

References


Dewantara. M. A. Y. dkk. 2014. Augmented Reality Book Pengenalan Gerak Dasar Tari Bali. KARMAPATI Journal, 3 (1), hlm. 27-33.

Dhiyatmika, I. D. G. W. dkk. 2015. Aplikasi Augmented Reality Magic Book Pengenalan Binatang Untuk Siswa TK. Lontar Komputer Journal, 6 (2), hlm. 120-127.

Kamiana, K. A. dkk. 2019. Pengembangan Augmented Reality Book Sebagai Media Pembelajaran Virus Berbasis Android. KARMAPATI Journal, 8 (2), hlm 165-171.

Husaini, M. 2014. Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Bidang Pendidikan. MIKROTIK Journal, 2 (1).

Hermawan, L. dkk. 2015. Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Informasi Kampus Menggunakan Brosur. SENTIKA Journal, hlm 81-88.

Rasyid, I. dkk. 2018. Manfaat Media Pembelajaran. AXIOM Journal, 7 (1), hlm 91-96.

Saadah. M. dkk. 2017. Pembuatan Media Interaktif Pada Materi Grading Pola Dasar. e-Journal, 6 (1). hlm. 42-51.

Ardjo, I. D. 2008. Kawit Teknik Gerak & Tari Dasar Sunda. Bandung: Pusbita Press.

Arifin, Z. 2016. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Arifitama, B. 2017. Panduan Mudah Membuat Augmented Reality. Yogyakarta, CV. Andi Offset

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kunatitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Suryani, N. dkk. 2018. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Bulo. M.B. 2020. Pengembangan Strategi Pembelajaran Menyenangkan “Permainan Bisik Berantai” Pada Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas II di SD Mardi Yuana. (Skripsi). Universitas Negeri Jakarta.

Cahyadi, D. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flash Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu Pokok Bahasan Wujud Pada Zat Dan Perubahannya Kelas VII SMPN 5 Satu Atap Bumijawa. (Skripsi). Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Nugraheni, E. Y. dkk. 2013. Pengetahuan Tari. Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin.

Nurjanah, I. F. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran ARRAJ (Augmented Reality Rumah Adat Jawa) Menggunakan Vuforia Untuk Mata Pelajaran IPS Sekolah Dasar. (Skripsi). Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Nurjazilah. 2016. Aplikasi Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pada Buku Panduan Wudhu Untuk Anak. (Skripsi). Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang.

Pramudito. A. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Pada Mata Pelajaran Komptensi Kejuruan Standar Kompetensi Melakukan Pekerjaan Dengan Mesin Bubut Di SMK Muhammadiyah 1 Playen. (Skripsi). Universitas Negeri Yogyakarta.

Pujangga, J. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Differential Di SMKN 1 Cisarua. (Skripsi). Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Sulistyawati, C. O. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Sebagai Sumber Belajar Berbasis Komputer Pada Materi Pengolah Gambar Vektor Kelas X Kompetensi Keahlian Multimedia Di SMK Negeri 2 Wonosari. (Skripsi). Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpks.v6i2.12909

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats
  • Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Copyright @Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. All right reserved p-ISSN 2503-4626 | e-ISSN 2528-2387