PENGEMBANGAN METODE HAND SIGN KODALY PADA SIMBOL HARMONI TONAL DALAM PERMAINAN ANSAMBEL ANGKLUNG DIATONIS

Toni S Sutanto, Agus Firmansah

Abstract


Metode hand sign dalam ansambel angklung dipopulerkan oleh kelompok Saung Angklung Ujo (SAU). Metode tersebut terdiri dari delapan bentuk simbol hand sign, setiap jenis simbol secara visual terhubung dengan nada do, re, mi, fa, sol, la, si, do. Setiap satu simbol diperagakan melalui tangan kanan instruktur/pelatih, sehingga apabila instruktur memperagakan simbol hand sign, gerakannya akan menjadi rangkaian nada atau melodi. Aplikasi metode Hand Sign Kodaly pada ansambel angklung tidak dapat digunakan untuk memberikan instruksi musical yang berkaitan dengan struktur harmoni, padahal dalam sebuah karya musik tonal antara melodi dengan struktur harmoni merupakan satu kesatuan. Pada penelitian ini akan dikembangkan rancangan bentuk simbol hand sign harmoni/akor berdasarkan struktur trinada tingkat I sampai dengan VII dalam tonalitas major yang diperagakan melalui tangan kiri. Metode penelitian yang digunakan yaitu educational research and development (R&D), dengan subjek penelitian mahasiswa pendidikan musik. Hasil penelitian ini bertujuan menghasilkan prototype symbol hand sign harmoni/akor untuk ansambel angklung diatonis.


Keywords


Angklung, Metode Hand Sign, symbol, struktur harmoni.

Full Text:

PDF

References


Amir, Yasraf: Semiotika Sebagai Metode Dalam Penelitian Desain., Pusat Penelitian Kemasyarakatan dan Budaya Universitas Indonesia., Depok: 2004

Bowyer, James. "More than solfège and hand signs: Philosophy, tools, and lesson planning in the authentic Kodály classroom." Music Educators Journal 102.2 (2015): 69-76.

Houlahan, M., & Tacka, P. (2015). Kodály today: A cognitive approach to elementary music education. Oxford University Press.

Cary, D. G. (2012). Kodály and Orff: A comparison of two approaches in early music education. Uluslararası Yönetim İktisat ve İşletme Dergisi, 8(15), 179-194.

Budi, D. S. U. (2017). Modifikasi Angklung Sunda. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan (Journal of Performing Arts), 18 (1), 43-52.

Elliot, David J. Musik Matters. New York: Oxford University Press. 1995

https://www.google.com/search?q=metode+hand+sign+kodaly&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=2ahUKEwiRm7jY4e3uAhVbGs0KHcHtAeMQ_AUoAXoECAoQAw&biw=1366&bih=638#imgrc=9H7BW6nHC5yWfM

http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/aksara

Yun, Bae: Development of Kodály Hand Sign Educational Tools using Multi-Layer Perceptron., Jurnal: Turkish Journal of Computer and Mathematics Education Vol.12 No.13 (2021), 6169-6174

Mack, Dieter: Ilmu Melodi., PML., Yogyakarta: 1995.

Mack, Dieter: Pengarahan Teori Dasar Musik Barat dan Harmoni Tonal Dasar., UPI., Bandung: 1995




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpks.v7i1.13332

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats
  • Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Copyright @Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. All right reserved p-ISSN 2503-4626 | e-ISSN 2528-2387