STRATEGI PEMBELAJARAN PADUAN SUARA DI SANGGAR MAYANGSARI PANDEGLANG BANTEN
Abstract
Keywords : Strategy, Learning, Choir
Abstrak : Sanggar paduan suara Mayangsari “Gita Bahana Sambadha” Pandeglang Banten bertujuan untuk mengembangkan bakat dibidang seni suara yang dimiliki oleh siswa di SMA Negeri 1 Pandeglang, mengembangkan kreatifitas, keterampilan, pengetahuan dan sikap yng menjadi minat siswa. Masalah dalam penelitian ini yaitu bagimana strategi pembelajaran paduan suara di sanggar Mayangsari Pandeglang Banten? Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan suatu proses dan strategi pembelajaran paduan suara di sanggar Mayangsari Pandeglang Banten. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan dan analisis data menggunakan: teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Data yang sudah terkumpul disederhanakan, disajikan, dan disimpulkan berupa kata-kata/kalimat. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada tahun 1975 menjadi awal mula terbentuknya sanggar Mayangsari dan pada tahun 2009 menjadi awal mula terbentuknya paduan suara di sanggar ini. Pembelajaran paduan suara di sanggar Mayangsari meliputi perencanaan dengan menyeleksi anggota baru, mempersiakan materi pembelajaran, mempersiapkan strategi yang akan dipakai, melaksanakan pembelajaran paduan suara beserta media dan metode yang baik. Untuk menyempurnakan kegiatan tersebut, penggunaan strategi pembelajaran dilakukan dengan menyampaikan informasi pendahuluan, menyampaikan materi, partisipasi siswa/anggota, tes, dan kegiatan lanjutan/evaluasi. Sanggar paduan suara Mayangsari menggunakan strategi pembelajaran ekspositori, kooperatif, inkuiri dan demonstrasi. Dalam pelaksanaannya, pelatih menyampaikan materi pembelajaran dan teknik vokal dengan baik, disesuaikan dengan kebutuhan kegiatan pembelajaran di sanggar Mayangsari.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Achmadi Abu, Narbuko Cholid. 2016. Metode Penelitian. Jakarta: Bumi Aaksara.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Basrowi dan Swandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta
Binsar, Sitompul. 1988. Paduan Suara dan
Pemimpinnya. Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia
Kusnandar. 2008. Langkah –langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai pengembangan potensi Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Rohani, Ahmad. 2010. Pengelolaan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Satori dan komariah. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Wesli. 2008. Metode dan teknik latihan Paduan Suara. Banda Aceh: Yayasan PeNa
Zuriah, Nurul. 2009. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan Teori-Aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpks.v7i2.13408
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My StatsThis work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Copyright @Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. All right reserved p-ISSN 2503-4626 | e-ISSN 2528-2387