Tari Tradisioal Nyello’ Aeng Untuk Membentuk Karakter Siswa Kelas Rendah di SD Negeri Bator 2

Sulistiana Sulistiana, Ahmad Sudi Pratikno

Abstract


Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui karakter anak melalui tari tradisional nyello’ aeng. Proses penelitian ini yang digunakan adalah deskriptif dengan menggunakan bentuk eksperimen. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas rendah yang mengikuti ekstrakurikuler tari di SDN Bator 2. Hasil dalam penelitian ini menghasilkan karakter siswa kelas rendah di SD Negeri Bator 2 sudah mulai terbentuk dengan adanya tari tradisonal nyello’ aeng . Hal tersebut direalisasikan ketika anak belajar seni tari tradisonal nyello’ aeng anak mampu mengingat gerakan tari nyello’ aeng yang menggambarkan kehidupan para wanita remaja ketika mengambil air untuk kebutuhan sehari-hari, anak juga memahami makna dari setiap gerakan yang digerakkan yang menggambarkan kegembiraan dan bercanda bersama. Tari tradisional nyello’ aeng juga dijadikan sebagai suatu tradisi dan warisan daerah madura yang harus dilestarikan.

Keywords


Tari Tradisional, Karakter, Siswa

Full Text:

PDF

References


Arisyanto, Prasena, dkk. 2018. Pembelajaran Ekstrakurikuler Tari Untuk Penanaman Karakter Bagi Siswa Sd Negeri Gayamsari 02 Semarang. JPKS, Vol. 3, No. (1).

Budiman, Agus dan Dewi Karyati. 2021. Membentuk Karakter Anak Melalui Stimulus Permaianan Tradisional. Jurnal PGSD. Vol. 14, No. (1).

Desyandri, D. (2018). Nilai-Nilai Kearifan Lokal Untuk Menumbuhkembangkan Literasi Budaya Di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 27(1), 1–9.

Kusumastuti, E. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Seni Tari Terpadu Pada Siswa Sekolah Dasar. Mimbar Sekolah Dasar, 1(1)

Mahmudah. (2021). Transformasi Karakter Anak Berbasis Nilai-nilai Kearifan Lokal Melalui Tarian Tradisional: Pendekatan Bootstrap. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik. Vol. 5, No. (1).

Putri, D. I. (2019). Penguatan Program Pendidikan Karakter (Ppk) Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler Seni Tari Di SD. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 125.

Ramdani, Al- Fadhil dan Arina Restian. 2020. Analisis Pembelajaran Tari Tradisional Dalam Karakter Siswa Sekolah Dasar. Sekolah Dasar. Vol. 29, No. (2)

Ridwan, M., & Mas’odi, M. (2017). Tradisi Nyanyian Anak Terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 26(1), 49–61.

Setiawan, A. (2019). Mengembangkan Nilai Karakter dan Kemampuan 4C Anak Melalui Pendidikan Seni Tari Di Masa Revolusi Industri 4.0. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 19(2).

Suryaman, S., & Karyono, H. (2018). Revitalisasi Pendidikan Karakter Sejak Usia Dini Di Kelas Rendah Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 27(1), 10–18.

Wulan, Nawang, Husni Wakhyudin , Intan Rahmawati. 2019. Ekstrakurikuler Seni Tari dalam Membentuk Nilai Karakter Bersahabat. IVCEJ, Vol 2 No (1).




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpks.v7i1.13664

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats
  • Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Copyright @Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. All right reserved p-ISSN 2503-4626 | e-ISSN 2528-2387