Kajian Fenomenologis: Pemanfaatan Alat Musik dari Sampah Sebagai Model Pembelajaran PBL dan ADDIE
Abstract
Kajian fenomenologi mencoba menelaah pemanfaatan alat musik dari sampah yang digunakan dalam model pembelajaran Problem Based Learning dan ADDIE. Tujuan dari kajian ini adalah mengungkap berdasarkan pengalaman fenomena sampah yang terjadi di Indonesia dengan peningkatannya dapat diatasi dengan salah satunya produk alat musik dari botol kaca bekas sehingga terbentuk alat musik saron. Metode penelitian yang digunakan adalah fenomenologi dengan konstruk kualitatif dan pendekatan deskriptif serta kajian literasi. Subyek penelitian menggunakan fenomena sampah di Indonesia dengan target jenjang pendidikan SMP dan kurikulum KTSP 2006. Pengambilan data menggunakan teknik observasi dan pemotretan dengan mengamati serta menelaah fenomena sampah yang ada di Indonesia serta dokumentasi dalam bentuk artikel model pembelajaran. Analisis data menggunakan kerangka pengambilan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil kajian fenomenlogis bahwasanya karakteristik model pembelajaran Problem Based Learning dan ADDIE membentuk kerangka solutif atas permasalahan fenomena sampah sehingga dimaanfatkan dalam produk alat musik dari botol kaca bekas yang membentuk replika alat musiksaron . Selain itu, kondisi model pembelajaran ADDIE sebagai konstruk produk pembelajaran dapat menghasilkan kualitas dan kuantitas alat musik botol kaca bekas menjadi lebih optimal dalam penggunaannya. Produk ini juga dapat menjadi penignkatan keterampilan sosial maupun musik yang dimiliki oleh peserta didik serta membentuk daya kritis dan kreativitas pendidik dalam proses pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardianti, R., Sujarwanto, E., & Surahman, E. (2021). Problem-based Learning: Apa dan Bagaimana. Diffraction: Journal for Physics Education and Applied Physics, 3(1), 27–35.
Hamid, F. (2013). Pendekatan Fenomenologi (Suatu Ranah Penelitian Kualitatif) (No. 1; 1).
Hasibansyah, O. (2008). Pendekatan Fenomenlogi: Pengantar Praktik Penelitian dalam Ilmu Sosial dan Komunikasi. Mediator, 9(1), 163–180.
Khoerunnisa, P., & Aqwal, Syifa, M. (2020). Analisis Model-Model Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 1–27. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.441
Mukharomah, E., & Hidayat, S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Mahasiswa Terhadap Lingkungan Sekitar. Edubiotik: Jurnal Pendidikan, Biologi, dan Terapan, 2(2), 26–29. https://doi.org/https://doi.org/10.33503/ebio.v2i02.129
Nafiah, Yunin, N., & Suyanto, W. (2014). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1), 125–143.
Omeri, N. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. Manajer Pendidikan, 9(3), 464–468. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/mapen.v9i3.1145
Purnama, S. (2023). HPSN 2023 jadi babak baru pengelolaan sampah di Indonesia. Antara News. https://www.antaranews.com/berita/3375873/hpsn-2023-jadi-babak-baru-pengelolaan-sampah-di-indonesia#mobile-src
Putra, Redoin, E. (2020). PENGEMBANGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhadharah, 17(33), 81–95.
Setyawan, D. (2019). RECYCLE: DARI SAMPAH MENJADI BUNYI (KAJIAN PENCIPTAAN MUSIK KELOMPOK WAYANG SAMPAH DI SURAKARTA). Institut Seni Indonesia.
Subayil. (2020). Kebijakan Pendidikan di Era Globalisasi. Misykat Al-Anwar: Jurnal Kajian Islam dan Masyarakat, 3(2), 193–216. https://doi.org/10.24853/ma.3.2.51-74
Sugihartini, N., & Yudiana, K. (2018). ADDIE Sebagai Model Pengembangan Media Intstruksional Edukatif (MIE) Mata Kuliah Kurikulum dan Pengajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 15(2), 277–286.
Suyanto. (2019). Fenomenologi Sebagai Metode Dalam Penelitian Pertunjukan Teater Musikal. LAKON: Jurnal Pengkajian & Penciptaan Wayang, 16(1), 26–32.
Watson, E. (2016). Problem-Based Learning in Physics. Alberta Science Education Jurnal, 44(2), 34–42.
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpks.v8i1.19186
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My StatsThis work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Copyright @Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. All right reserved p-ISSN 2503-4626 | e-ISSN 2528-2387