Angklung Sebagai Bahan Pembelajaran di Sekolah dan Masyarakat
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat penggunaan dan metode dalam pembelajaran angklung di sekolah dan masyarakat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif yaitu mendeskripsikan, menguraikan, dan menggambarkan masalah yang dikaji dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data menggunakan Teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan angklung sebagai bahan pembelajaran dengan menggunakan metode hand sign Kodaly adalah pemilihan yang tepat guna, karena dalam pembelajaran angklung mengandung unsur pengembangan kemampuan dasar pada peserta didik di bidang musik yang meliputi kemampuan intelektual, emosional, sosial, perseptual, fisik dan kreativitas, serta mengandung nilai kearifan local. Data yang didapat juga menunjukkan keefektifan penggunaan metode hand sign Kodaly. Data tersebut didapat dari pengamatan secara langsung di SMPN 4 Kota Serang, SMAN 2 Krakatau Steel Cilegon, dan PKK Kota Serang.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpks.v8i2.22315
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My StatsThis work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Copyright @Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. All right reserved p-ISSN 2503-4626 | e-ISSN 2528-2387