Pembelajaran Ekstrakurikuler Tari Untuk Penanaman Karakter Bagi Siswa SD Negeri Gayamsari 02 Semarang

Prasena Arisyanto, Riris Setyo Sundari, Mei Fita Asri Untari

Abstract


Seni tari memiliki nilai-nilai dan karakter yang dapat ditanamkan kepada siswa melalui pembelajaran. Melalui pendidikan seni, berbagai kemampuan dasar manusia seperti fisik, perseptual, pikir, emosional, kreativitas, sosial, dan estetika dapat dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pembelajaran dan penanaman karakter kepada siswa melalui pembelajaran seni tari di SD N Gayamsari 02. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran tari di sekolah mampu untuk mengembangkan bakat dan minat anak dalam bidang tari. Melalui tari siswa juga diajarkan untuk mengenal dan memahami hubungan antar anggota tubuhnya. Siswa dilatih untuk dapat  menghargai orang lain, mampu bekerjasama, peduli, santun, disiplin, dan mencintai budayanya sendiri melalui proses pembelajaran tari. Ketrampilan menari dalam hal ini bukanlah tujuan utama pembelajaran tari. Pengembangan karakter, emosi, kecerdasan sosial anak menjadi tujuan utama. Ketrampilan seni adalah efek lanjutan dari proses pembelajaran seni tari.

 

 


Keywords


pembelajaran tari, karakter, siswa SD

Full Text:

PDF

References


Hartono, 2012. Pembelajaran Tari Anak Usia Dini. Semarang: Unnes Press.

Rohidi, Tjetjep Rohendi. 2011. Metodologi Penelitian Seni. Semarang: Cipta Prima Nusantara.

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sumaryanto, F. Totok. 2016. Pembelajaran Musik Tradisional Sebagai Ruang Komunikasi Budaya Dan Pembentukan Karakter Peserta Didik. Makalah Disajikan Dalam Seminar Nasional Seni Pertunjukan Dan Pendidikan Seni “Membumikan Seni Pertunjukan Tradisional Melalui Revolusi Mental Menuju Pembangunan Yang Berkepribadian Budaya”, Universitas Negeri Semarang, Semarang: 22 Oktober 2016.

Sustiawati, Ni Luh, Ni Ketut Suryantini, Anak Agung Ayu Mayun Artati. 2017. Pengembangan Desain Pembelajaran Seni Tari di Sekolah Dasar Berbasis Localgenius Knowledge Berpendekatan Integrated Learning. Jurnal Seni Budaya Mudra vol.32 no.1, Mei 2017. Hal: 197-208.

Wibowo, Mungin Eddy. 2014. Membangun Ketahanan Sistem Pendidikan Berbasis Potensi Lokal di Daerah Otonom. Makalah disajikan dalam Studium Generale Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang tanggal 12 September 2014.

Yeti, Elindra. 2011. Pembelajaran Tari Pendidikan Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Anak Usia Dini Melalui Model Pembelajaran Terpadu. Makalah Disajikan Dalam Seminar Nasional “Seni Berbasis Pluralitas Budaya Menuju Pendidikan Karakter”, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta: 11-12

Wawancara

Espiyati, S.Pd, pada tanggal 18 Desember 2017

Sri Paminto, pada tanggal 5 Januari 2018




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpks.v3i1.4062

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats
  • Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Copyright @Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. All right reserved p-ISSN 2503-4626 | e-ISSN 2528-2387