Penerapan Model Project Based Learning Melalui Pembelajaran Drama Dalam Mengembangkan Kreativitas Mahasiswa
Abstract
Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model project based learning pembelajaran seni drama melalui pertunjukan dalam mengembangkan kreativitas mahasiswa selama satu semester. Pembelajaran seni drama merupakan mata kuliah Seni tari dan Drama di jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, tujuan mata kuliah ini untuk meningkatkan mahasiswa lebih kreatif serta produktif melalui penerapan project based learning, melihat dari sisi lain seni drama mengajak mahasiswa untuk lebih mengembangkan kreativitas berpikir, membentuk dan menciptakan sesuatu hal yang baru. Desain dalam tulisan ini mengunakan penelitian kualitatif, serta metode yang diambil dalam penelitian ini merupakan metode deskriptif, dimana akan mengkaji serta mendeskripsika pembelajaran seni drama melalui proses pertunjukan dalam mengembangkan kreativitas mahasiswa dibidang ilmu mata kuliah seni tari dan drama. Subjek dalam penelitian ini berfokus kepada mahasiswa semester VI yang mengambil mata kuliah seni tari dan drama di Universitas Peradabana, tahun ajaran 2016/2017. Hasil penelitian ini menujukan mahasiswa mempunyai potensi besar dalam penerapan model project based learning, mahasiswa lebih aktif, mandiri, menciptakan hal baru serta produktif terlihat dari kreativitas mahasiswa dalam berproses drama, mengurus management panggung, berlatih, beracting, dan menguasai emosi. Kesuksesan dalam menerapkan project based learning terlihat dari proses serta hasil pertunjukanya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abu, Yusuf. 2010. Kreatif atau Mati. Surakarta : Al.Jadid
Jaeni. 2012. Komunikasi Estetik, Menggagas Kajian Seni dari Peristiwa Komunikasi Pertunjukan. Bogor : ITB Press
Junianti. Lestari, Alis Trieana, dan Fuja Siti Fujiawati (2017). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa dalam Komposisi Tari. Jurnal JPKS : Untirta
Harymawan, RMA. 1986. Dramaturgi. Yogyakarta
Hasanuddin, W.S. 2009. Drama Karya dalam Dua Dimensi. (Ed ke 2) Bandung : Angkasa
Ismet, Adang. 2005. Seni Peran. Bandung : Kelir
Kemendikbud. 2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Munandar, Utami. 2004. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Muh, Rais. 2010. Project based learning :Inovasi yang berorientasi soft skills. Makalah disajikan sebagai Makalah Pendamping dalam Seminar Nasional Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya tahun 2010. Surabaya : Unesa
Rusman. 2010. Model Model Pembelajaran. Bandung: Rajawali Pers
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpks.v3i1.4064
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My StatsThis work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Copyright @Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. All right reserved p-ISSN 2503-4626 | e-ISSN 2528-2387