BOOM TARI TRADISI MENJADI KEARIFAN LOKAL KOMUNITAS SENI TURONGGO YAKSO KRIDHO BUDHOYO KOTA BATAM

Doni Febri Hendra, Yongki Pernando

Abstract


Penelitian ini memaparkan eksistensi komunitas seni Turonggo Yakso Kridho Budhoyo melanjutkan kearifan lokal dalam pengembangan seni budaya Jawa Timur di Kota Batam Kepulauan Riau. Merupakan penelitian deskriptif kualitatif, data diperoleh dengan tehnik pengumpulan data secara observasi lansung ke lapangan dan bersentuhan lansung dengan objek penelitian, wawancara dan dokumentasi. Data di analisis dengan tehnik deskriptif kualitatif guna memperoleh keabsahan data dari sumber. Hasil penelitian ini akan menuliskan tentang: bentuk penyajian komunitas seni Turonggo Yakso Kridho Budhoyo, serta eksistensinya membawa kearifan lokal di kota Batam. Yang membedakan komunitas seni ini dengan komunitas seni Jawa lainnya yang ada di kota Batam adalah pada garapan tari diciptakan lansung oleh komunitas ini tanpa menghilangkan bentuk asli dari kebudayaan aslinya dan bentuk kepala kuda lumping mereka adalah kepala raksasa. Mengembangkan potensi dan sumber lokal baik berupa material dan nonmaterial yang dijadikan sebagai kekuatan didalam mewujudkan perubahan kearah yang lebih baik.

Kata kunci: boom tari tradisi, Turonggo Yakso Kridho Budhoyo 


Keywords


SENI TARI

Full Text:

PDF

References


Basyari, Lin Wariin. 2014. Nilai-nilai kearifan local (local wisdom) tradisi memitu pada masyarakat Cirebon (studi Masyarakat desa Setupatok kecamatan Mundu).” Edunomic. Vol. 2. No.1

C. A Van Peursen, 1992. Strategi Kebudayaan, terj Dick Hartoko. Jakarta:Kanesius

Daryusti. 2010. Lingkaran Lokal Genius dan Pemikiran Seni Budaya. Yogyakarta. Cipta Media.

Jacqueline Smith. 1985. Dance Compocition a Practical Guide For Teacher. Terjemahan Ben Soeharto: Komposisi Tari: Sebuah Petunjuk Praktis bagi guru. IKALASI. Yogyakarta.

Koentjaraningrat. 2010. Sejarah Antropologi II. Universitas Indonesia, Jakarta.

Lois Elfelt. 1977. A Primer For Choreografer. Terjemahan Sal Murgianto, Pedoman dasar penata tari. Lembaga Pendidikan dan kesenian.

Soedarsono. 1977. Tari-Tarian Indonesia I. Proyek Pengembangan media Kebudayaan. Direktorat jendral kebudayaan. Depertemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.

Soedarsono. 2010. Seni Pertunjukan Indonesia Di Era Globalisasi. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.

William. P. Malm. 1977. Musik Culture Of The Pasific: The Near East And Asia. Terj Rizaldi Siagian M.K. Medan.

wawancara: komunitas seni Turonggo Yakso Kridho Budhoyo Batam




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpks.v5i2.9110

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats
  • Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Copyright @Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. All right reserved p-ISSN 2503-4626 | e-ISSN 2528-2387