PERANCANGAN PEMBELAJARAN LITERASI SAINS BERBASIS INKUIRI PADA KEGIATAN LABORATORIUM
Abstract
This research aimed to prove that laboratory activity based inquiry could improve
scientific literacy skills of high school student, namely content, context, process, andscience attitude aspect in a voltaic cell lesson. The research design used in thisresearch was counterbalanced design. This research used scientific literacy based inquiry instructionfor experiment class and inquiry based instruction for control class. Scientific literacytest, enquette, observation sheet, and interview guide were used as instruments in theresearch, while student worksheet was used asguidance of instruction
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa pembelajaran literasi sains berbasis inkuiri dalam bentuk kegiatan laboratorium mampu meningkatkan literasi sains siswa SMA pada aspek konten, konteks, proses dan sikap sains siswa pada submateri pokok sel volta. Desain penelitian yang digunakan adalah desain konterbalans dengan pembelajaran eksperimen menggunakan pembelajaran literasi sains berbasis inkuiri dan pembelajaran kontrol menggunakan pembelajaran inkuiri. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda untuk mengukur kemampuan literasi sains, selain itu angket, lembar observasi, dan pedoman wawancara, serta LKS sebagai pedoman pembelajarannya.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppi.v1i1.331
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA
Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Copyright © 2024 Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA. All rights reserved.