Feasibility of Human Excretory System Module in Biology Learning

Ruqiah Ganda Putri Panjaitan, Desti Puspita Sari, Eko Sri Wahyuni, Galih Albarra Shidiq

Abstract


This study aimed to determine the feasibility of the human excretory system module. The method of this research used was a quantitative descriptive through the instrument of a validation sheet modules which validated by two expert validators. The aspects assessed include the feasibility of the content, language, presentation, and graphics. The results of this research showed the average aspects of feasibility of the content reached the value of 1.00 within the ‘very feasible’ category. The conclusion is the human excretory system module can be useful in teaching biology, especially in human excretory system materials.


Keywords


Teaching Material; Module; Human Excretory System

Full Text:

PDF

References


Amir, M, Muris & Arsyad, M 2015, ‘Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pengalaman Pada Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 9 Pinrang’, Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, vol 11, no.3, pp. 202-13.

Asfiah, N, Mosik & Purwantoyo, E 2013, ‘Pengembangan modul IPA Terpadu konstektual Pada tema bunyi’, Unnes Science Education Journal, vol 2, no 1, pp. 188-95.

Daryanto 2013, Menyusun modul: bahan ajar dalam persiapan guru dalam mengajar. Gava Media, Yogyakarta.

Daud, F & Rahmadana, A 2015, ‘Pengembangan media pembelajaran biologi berbasis e-learning pada materi ekskresi kelas XI IPA 3 SMAN 4 Makassar’, Jurnal Bionature, vol. 16, no. 1, pp. 28-36.

Fadli, R, Sartono, N & Suryanda, A 2017, ‘Pengembangan kamus berbasis sistem operasi telepon pintar pada materi biologi SMA kelas XI’, Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, vol 8, no 2, pp.10-7.

Gregory, RJ 2013, Tes psikologi sejarah, prinsip, dan aplikasi, Erlangga, Jakarta.

Hanum, U, Supriyanto & Iswari, RS 2015, ‘Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem ekskresi’, Unnes Journal of Biology Education, vol 4, no 2, pp. 173-78.

Hidayah, U, Putrayasa, IB & Martha, IN 2016, ‘Konsistensi kompetensi inti (KI), kompetensi dasar (KD), dan indikator pada evaluasi guru dalam pembelajaran eksposisi berdasarkan kurikulum 2013 siswa kelas X MAN Patas’, e-Journal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Pendidikan Ganesha, vol 5, no. 3, pp.1-12.

Jirana, Nur, S & Nurmiati 2015, ‘Faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan dan minat belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi Universitas Sulawesi Barat’, Jurnal Saintifik, vol 1, no 2, pp. 87-94.

Kristiana, I, Nurwahyunani, A & Dewi, ERS 2017, ‘Pengaruh model pembelajaran TGT menggunakan media puzzle terhadap keaktifan dan hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem ekskresi’, Bioma: Jurnal Ilmiah Biologi, vol 6, no 2, pp. 78-92.

Masrida, Hala, Y & Taiyeb, AM 2016, ‘Pengaruh model pembelajaran discovery terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar IPA kelas VIII MTSN Libureng Kabupaten Bone’, Jurnal Bionature, vol 17, no 2, pp. 81-7.

Mayangsari, PW, Suratno, S & Wahono, B 2015, ‘Pengaruh strategi pembelajaran MURDER (mood, understand, recall, digest, expand, review) berbasis media interaktif flash terhadap kemampuan berpikir kritis, metakognisi, dan pencapaian hasil belajar siswa (mata pelajaran biologi kelas XI SMA materi sistem ekskresi’, Jurnal Edukasi Universitas Jember, vol 2, no 2, pp. 7-11.

Mujakir 2015, ‘Kreativitas guru dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar’, Lantanida Journal, vol 3, no 1, pp. 82-92.

Nisa’, A, Sudarmin & Samini 2015, ‘Efktivitas penggunaan modul terintegrasi etnosains dalam pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan literasi sains siswa’, Unnes Science Education Journal, vol 4, no 3, pp. 1049-56.

Padmapriya, PV 2015, ‘Effectiveness of self learning modules on achievement in biology among secondary school students’, International Journal of Education and Psychological Research, vol 4, no 2, pp. 44-6.

Pramana, DW & Dewi, NR 2014, P;engembangan e-book IPA Terpadu tema suhu dan pengukuran untuk menumbuhkan kemandirian belajar siswa’, Unnes Science Education Journal, vol 3, no 3, pp. 602-08.

Prastowo, A 2013, Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. DIVA Press, Yogyakarta.

Qumillaila, Susanti, BH & Zulfiani 2017, ‘Pengembangan augmented reality versi android sebagai media pembelajaran sistem ekskresi manusia’, Cakrawala Pendidikan, no 1, pp. 57-69.

Setiyadi, MW, Ismail & Gani, HA 2017, ‘Pengembangan modul pembelajaran biologi berbasis pendekatan saintifik untuk meningkatkan hasil belajar siswa’, Journal of Education Science And Technology, vol 3, no 2, pp. 102-12.

Sujiono & Widiyatmoko, A 2014, ‘Pengembangan modul IPA Terpadu berbasis problem based learning tema gerak untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa’, Unnes Science Education Journal, vol 3, no 3, pp. 685-93.

Suprapti & Susanti, R 2015, ‘Pengembangan modul sistem ekskresi berbasis inkuiri, Unnes Journal of Biology Education, vol 4, no 3, pp. 237-43.

Syarifuddin, A 2011, ‘Penerapan model pembelajaran cooperative belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya’, Ta’dib, vol 16, no 1, pp. 113-36.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppi.v5i1.3894

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Copyright © 2021 Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA. All rights reserved.