ANALISIS KUALITAS PENGELOLAAN KELAS PEMBELAJARAN SAINS PADA SMP SSN DI KABUPATEN PATI

Prasetyaningsih Prasetyaningsih, Insih Wilujeng

Abstract


Abstract

 

This study aimed at identifying in: (1) planning the classroom management for the SSN classes and (2) managing the classroom, in the teaching and learning process of science in SSN schools.This is a evaluatif study which focuses on the classroom management of science learning in SSN junior high schools. The subjects of the research are SSN Junior High Schools of Pati Regency which focuses on the classroom management of science learning. There are six SSN schools, namely  SMP N 2 Pati, SMP N 4 Pati,  SMP N 1 Wedarijaksa, SMP N 1 Trangkil, SMP N 1 Tlogowungu, and SMP N 1 Gabus. The data were gained through observation, interview, questionnaire, and document study.The result shows that : the classroom management planning  in SSN Junior High Schools in the science learning at Pati Regency are categorizes good: the science teacher  SSN Junior High School the use of ICT in science learning was not taken into account, teaching materials (handouts, worksheets, modules and ICT-based teaching material) were not developed yet, the assessment planning did not complete. Process in the science learning at SNN junior High School are as categirizes good.

 

Keywords: Classroom Management, SSN, Science Learning.

 

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengidentifikasi perencanaan pengelolaan kelas di SMP SSN dalam pembelajaran sains; (2) mengidentifikasi proses pengelolaan kelas di SMP SSN dalam pembelajaran sains. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif, yang memfokuskan pada kualitas pengelolaan kelas pembelajaran sains pada SMP SSN. Subjek penelitian ini SMP SSN Kabupaten Pati yang difokuskan pada perencanaan dan pelaksanaan pengelolaan kelas pembelajaran sains.Data penelitian diperoleh melalui: observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Data yang diperoleh bersifat subjektif, berupa hasil observasi, wawancara, dan angket.Hasil penelitian menunjukkan: perencanaan pengelolaan kelas di SMP SSN dalam pembelajaran sains berkategori baik. Guru sains di SMP Kategori SSN belum sepenuhnya mempertimbangkan penerapan TIK dalam pembelajaran IPA,belum mengembangkan bahan ajar sendiri dalam berbagai bentuk, baik handout, LKS, modul dan bahan ajar yang lain, serta belum merencanakan penilaian dengan lengkap, baru menuliskan teknik penilaian belum menyertakan instrumen penilaian dan rubrik penilaian.Pelaksanaan pengelolaan kelas di SMP SSN dalam pembelajaran sains berkategori baik. Guru sains di SMP Kategori SSN belum sepenuhnya menerapkan pembelajaran berbasis CTL, serta pembelajaran sains yang dilakukan belum sepenuhnya memanfaatkan media ICT.Guru sains di SMP Kategori SSN belum sepenuhnya menerapkan pembelajaran berbasis CTL, serta pembelajaran sains yang dilakukan belum sepenuhnya memanfaatkan media ICT.

 

Kata Kunci: Pengelolaan Kelas, SSN, Pembelajaran Sains.


Keywords


Pengelolaan Kelas; SSN; Pembelajaran Sains.

Full Text:

PDF (INDONESIAN)

References


Depdiknas. 2003. Undang-Undang RI Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.Depdiknas. Jakarta.

Depdiknas.2009. Panduan pelaksanaan pembinaan SMP Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional. Depdiknas, Jakarta.

Depdiknas.2009. Panduan pelaksanaan pembinaan Sekolah Standar Nasional (SSN).Depdiknas. Jakarta

Depdiknas. 2011. Panduan pengembangan pembelajaran IPA secara terpadu. Depdiknas. Jakarta

Carin, A. A., &R.B.Sund,. 1989. Teaching modern science (3thed.). A Bell & Howell Company. Ohio.

Chiappetta, E. L. &T. R. Jr. Koballa,. 2010. Science instruction in the middle and secondary schoo (7thed.). Pearson Education, Inc.New York.

Miles B, N. &A. M. Huberman, 1984. Qualitative data analysis.Sage Publication, Inc.Beverly Hills.

Usman, U. M. 2009. Menjadi guru profesional.PT. Remaja Karya Rosda. Bandung.

Djamarah, S. B&A.Zain, 2006.Strategi belajar mengajar.PT. Rineka Cipta. Jakarta.

Prasetyaningsih. 2015. Pengelolaan kelas RSBI dalam pembelajaran sains di SMP Kabupaten Pati. Prosiding pada SeminarNasionalIPA VI, UniversitasNegeri Semarang, Indonesia.25April2015, Hal.583-592.

Republik Indonesia.2003. Undang-undang RI tahun 2003 tentangSistem Pendidikan Nasional. Sekretariat Negara. Jakarta.

Republik Indonesia.2005. PP No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Sekretariat Negara. Jakarta.

Sukmadinata, N. S. (2009). Metode penelitian pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Surakhmad, W. 2003.Pengantar interaksi belajar mengajar, dasar dan teknik metodologi pengajaran.Tarsito. Bandung.

Tjalla. A. 2009. Potret mutu pendidikan indonesia ditinjau dari hasil-hasil studi internasional. http://pustaka.ut.ac.id/pdfartikel/TIG601.pdf.Diakses tanggal 30 Oktober 2011.

Trianto. 2010. Model pembelajaran terpadu: konsep, strategi, dan implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Bumi Aksara. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppi.v2i2.894

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA (Journal of Research and Science Learning)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Copyright © 2021 Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA. All rights reserved.